News
Batal
KATEGORI
link has been copied
325
Lapor Hansip
26-07-2020 20:09

Kondisi Timor Leste setelah Lepas dari Indonesia, Jadi Negara Paling Miskin di Dunia

Kondisi Timor Leste setelah Lepas dari Indonesia, Jadi Negara Paling Miskin di Dunia

Timor Leste yang dahulunya pernah bernama Timor-Timur ketika menjadi bagian dari NKRI sampai saat ini terus terbelenggu dalam kemiskinan yang akut.

Setelah 18 tahun merdeka, tepatnya pada 20 Mei 2002, Timor Leste malah terancam bangkrut. pasalnya, negara yang sangat bergantung pada hasil minyak bumi itu tidak lagi sanggup membayar hutang ketika cadangan minyak bumi sudah habis.

Ketika menjadi bagian dari NKRI, Timor Leste menjadi provinsi ke-27 sebelum akhirnya mereka melakukan referendum dan secara resmi berstatus sebagai negara berdaulat. hasil referendum tersebut menunjukkan bahwa 3/ 4 penduduk Timor timur untuk menjadi negara berdaulat dan lepas dari NKRI

Saat ini, pertumbuhan ekonomi Timor Leste terbilang masih lambat dibandingkan negara-negara Asia Tenggara sebagaimana dikutip dari laporan resmi Bank Dunia tahun 2020, sebagaimana dikutip dari Pos-Kupang.com, Minggu (5/7/2020).

Timor Leste dengan nama panjang Republica Democratica de Timor Leste ini masih jadi salah satu negara paling miskin di dunia.

Sampai saat ini, Timor Leste berada di peringkat 152 negara sebagai negara termiskin di dunia dari 162 negara sebagaimana dikutip dari laporan United Nations Development Programme (UNDP).

PDB per kapita Timor Leste diperkirakan akan mencapai US$ 2.356 atau sekitar Rp 34,23 juta (kurs Rp 14.532) pada Desember 2020. Hampir setengah di bawah pendapatan per kapita Indonesia pada tahun 2019 lalu sebesar US$ 4.174,9 atau sekitar Rp 60 juta.

Sektor ekonomi Timor Leste masih sangat bergantung pada Australia dan Indonesia, terlebih barang-barang impor.
peringkat 152 sebagai daerah termiskin di dunia dari 162 negara.
Kondisi Timor Leste setelah Lepas dari Indonesia, Jadi Negara Paling Miskin di Dunia

Berikut kondisi Timor Leste usai lepas dari Indonesia :

1. Peringkat 152 sebagai negara termiskin di dunia
Lambatnya pertumbuhan ekonomi negara dengan nama resmi Republica Democratica de Timor Leste ini, menjadi salah satu penyebab kemiskinan di wilayahnya. Dikutip dari laporan United Nations Development Programme (UNDP), Timor Leste berada di peringkat 152 sebagai daerah termiskin di dunia dari 162 negara.

2. Barang impor yang masih bergantung pada Indonesia

Meskipun sudah bukan jadi bagian dari Indonesia, nampaknya Timor Leste masih cukup bergantung kepada NKRI. Salah satunya bisa dilihat dari bagaimana negara ini bergantung kepada Indonesia untuk barang-barang pokok.Diketahui, Indonesia menyalurkan beberapa macam barang seperti pakaian, elektronik, dan kebutuhan penting lain.

3. Mengandalkan pemasukan dari minyak yang bekerjasama dengan Australia


Sebagai negara yang memiliki cadangan minyak bumi dan gas alam (migas), Timor Leste amat bergantung pada komoditas tersebut untuk menghidupi rakyatnya. Tak sendiri, pengelolaan potensi tersebut juga dikerjasamakan dengan Australia. Seperti di ladang minyak Greater Sunrise misalnya, Timor Leste harus berbagi hasil dengan Australia selaku pengelola dan penyedia teknologi. Terlebih, posisi ladang migas itu juga berada di antara kedua negara.


4. Bekerjasama dengan Tiongkok untuk membangun infrastruktur

Bergabungnya Kementerian Keuangan Timor Leste dengan Asian Infrastructure Investment Bank, menjadi jalan bagi Tiongkok untuk masuk ke Timor Leste. Selain memperkuat hubungan diplomatik, negeri Tirai Bambu juga diketahui banyak membangun gedung pemerintahan, berbagi teknologi pertanian, pariwisata, hingga perencanaan kota. Dilansir dari The Diplomat (19/11/2016), Tiongkok mengucurkan dana sebesar $50 juta sebagai pinjaman lunak.

pandemi covid 19 membuat sektor ekonomi Timor Leste kian terpuruk. Pasalnya, terjadi penurunan signifikan dari kunjungan turis asing, perdagangan ekspor impor memperlambat, cerita membengkaknya pengeluaran pemerintah dalam penanggulangan covid 19.[Pos-Kupang/brz/nu]

Sumber

Negara Raul Lemos

Dulu digadang2 akan menyaingi Brunei, akan menjadi negara kecil yg kaya raya dengan minyak...

Ternyata Hasil minyak diembat australia...

Sekarang diberi hutang sama china untuk infrastruktur...bentar lagi jadi jajahan ekonominya china seperti beberapa negara2 bodoh di Afrika.

Masih tergantung Indonesia untuk stok papan, pangan, sandang.

Makanya liat mukanya Raul Termos gue eneek banget, sok2an pamer harta di Indo padahal rakyatnya miskin.

Mahasiswa2 timor leste udah miskin kurang ajar pula, mereka sering propaganda mendukung papua merdeka.

Buat kita stay alert untuk masalah Papua .. negara mana sihh yg gk ngiler sama gunung2 emas di Papua?? Issue rasial dan pelanggaran Ham adalah gorengan basi yg terus diaduk2 oleh negara persemakmuran Inggris...

Buat info..udah ada kecurigaan China pun mulai mengusik masalah Papua lewat perpanjangan tangan negara2 kecil seperti vanuatu,Nauru dll
Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kesegaranjsmn dan 87 lainnya memberi reputasi
84
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kondisi Timor Leste setelah Lepas dari Indonesia, Jadi Negara Paling Miskin di Dunia
26-07-2020 20:18
Yg lg menikmati berkah skrg ya NTT
PARIWISatanya menjadi boomingemoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yanka555 dan 32 lainnya memberi reputasi
33 0
33
profile picture
kaskus addict
27-07-2020 12:57
Mau jalan2 ke TimLes mampir NTT malah betah di NTT
1
profile picture
27-07-2020 14:38
TETAP SOLID NKRI 75 TAHUN SUDAH SEJAHTERA JADI NEGARA MAJU TINGGAL TUNGGU WAKTU SAJA ASAL TETAP SOLID👍
3
profile picture
newbie
27-07-2020 15:53
1
profile picture
aktivis kaskus
04-08-2020 02:06
yoi gan
0
Memuat data ...
1 - 4 dari 4 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia