Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
744
Lapor Hansip
24-07-2020 10:28

Inilah Si Jenius yang Mengubah Peradaban Dari Sebuah Karya, Salah Satunya Angka nol!

Khawarizmi, Si Jenius yang Luar Biasa


Inilah Si Jenius yang Mengubah Peradaban Dari Sebuah Karya, Salah Satunya Angka nol!


Hai, Sahabat Kaskus ... Semoga selalu sehat dan sukses, ya. Aamiin. Kali ini ane ingin berbagi informasi tentang salah satu ilmuwan dan bagaimana pengaruhnya terhadap kemajuan peradaban dunia, termasuk ilmu matematika dan pengenalan angka nol dalam perhitungan.


Quote:
Lika-liku Pengenalan Angka Nol


Bangsa Babilonia, Nol Sebagai Pembatas

Meski telah mengenal dan menggunakan angka nol, sayangnya mereka masih belum mempelajari sifat-sifatnya. Sehingga angka nol masih belum mempunyai nilai numerik yang berdiri sendiri.

Bangsa Maya, Nol Sebagai Perhitungan Kalender

Menariknya, meski mereka juga terkenal sangat pandai dalam bidang matematika, mereka tidak menggunakan angka nol ini untuk menghitung persamaan. Mungkin memang angka nol ini belum dianggap sesuatu yang penting kali, ya.


India, Nol Mulai Memiliki Nilai Tersendiri

Orang-orang India menulis angka nol dengan simbol sebuah titik. Pada masa ini, untuk pertama kalinya dalam sejarah dunia, angka nol telah memiliki nilai yang berdiri sendiri. Akan tetapi masih dikenalkan dengan simbol titik. Sampai di sini nol masih dikenal sebagai konsep, bukan angka.


Diperkenalkan Secara Luas Dalam Perhitungan Oleh Intelektual Persia, Al Khawarizmi

Salah seorang ahli matematika dari Persia, bernama Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizm, menyarankan bahwa lingkaran kecil (titik) harus digunakan dalam perhitungan jika tidak terdapat suatu nomor di tempat puluhan. Nol menjadi semakin terkenal dan penting, berkat matematikawan yang bekerja di Bayt al Hikmah ini.

Al-Khawarizmi pun menggunakannya untuk menciptakan teori aljabar pada abad ke-9. Selain itu, ia juga mengembangkan metode untuk mengalikan dan membagikan angka yang disebut algoritma.


Dikenal di Eropa Pada Abad ke - 12

Angka nol baru sampai ke Eropa sekitar abad ke-12. Dibawa oleh Bangsa Moor yang muslim (seperti itu kata sumbernya) 😊 dari Maroko ketika menaklukan Andalusia. Namun, di kalangan orang-orang Eropa terjadi pertentangan. Sebagian beranggapan bahwa nol atau "sifr" adalah angka setan atau kode yang membahayakan negara. Bahkan, Pemerintah Italia pun sempat melarang angka yang berasal dari India-Arab ini digunakan, lho. 


Angka nol yang berupa angka Arab dilarang digunakan, kerana menganggapnya angka syaithan yang berbahaya. Akan tetapi Leonardo Fenobicci memberi pencerahan, termasuk dalam urusan pembukuan pedagang.


Baru pada tahun 1600-an, angka nol bebas digunakan secara luas di seluruh Eropa. Para ilmuwan Eropa seperti Rene Descartes menciptakan sistem koordinat kartesian. Serta Isaac Newton, dan Gottfried Wilhem Leibniz berhasil mengembangkan kalkulus. Pada gilirannya, kalkulus membukakan jalan bagi perkembangan ilmu fisika, teknik, komputer, serta teori keuangan dan ekonomi dan melekat hingga kini.




Imuwan dari Inggris, Eropa seperti Leonardo Fibonacci memang sangat terkenal sepanjang sejarah dan seluruh penjuru dunia. Sebagai ahli matematika yang cukup dikenang, dirinya tidak akan dikenal jika tidak mempelajari angka nol sebelumnya. Dan tidak akan menjadi ahli matematika. Begitu banyak orang yang berjasa dalam menyimpulkan adanya angka nol.


Kita tidak akan mengetahui sebuah jumlah berapa ikat, berapa buah dan berapa banyak bila tidak diawali angka. Dan angka yang pertama diawali angka nol. Akan tetapi tahu kah GanSis siapa yang berjasa dalam hal ini? Salah satunya adalah Muhammad bin Musa Al Khawarizmi. Dialah orang yang berjasa besar dalam mengenalkan angka nol dalam bentuk jumlah. Jika tidak maka selamanya kita tidak akan tahu berhitung, tidak ada namanya pelajaran matematika, dan tak ada istilah "Mumet ndasku keriting otakku gegara pelajaran matematika. Mana killer lagi gurunya."
😂😂😂


Bicara soal matematika, merupakan jurusan atau pelajaran paling sedikit diminati banyak orang. Kok bisa? Kerana rumusnya yang ribet dan bikin pusing kepala. Di mana kalkulus bikin kurus dan algoritma bikin dilema.


Inilah Si Jenius yang Mengubah Peradaban Dari Sebuah Karya, Salah Satunya Angka nol!


Berbicara soal Kalkulus, Khawarizmi juga termasuk memiliki jasa dalam memberikan motode tabel ukur Kalkulus Integral. Masih ingat gak sih sewaktu sekolah belajar sinus tangen? Deuh serasa pengin cabut saat jam pelajaran matematika ajah, ya.
Bapak yang dikenal Bapak Aljabr ini, selalu mengemukakan ide-ide brilian yang luar biasa. Sampai terkadang namanya menjadi contoh dalam pemberian nama beberapa anak.
😂😂😂


Inilah Si Jenius yang Mengubah Peradaban Dari Sebuah Karya, Salah Satunya Angka nol!


Khawarizmi seorang jenius asal Timur Tengah ini, tak hanya mengenalkan angka Nol dalam perhitungan, dirinya juga menyukai bidang sejarah, geografi dan seni. Dalam bidang geografi, dirinya dan beberapa ilmuwan lainnya di bawah koordinasi Khawarizmi juga berhasil melahirkan peta bumi bernama "Globe" ❤️❤️❤️ entah benar atau tidak, ya ane kurang tau. Menurut beberapa sumber seperti itu. Kalau benar adanya, keren banget, ya.


Inilah Si Jenius yang Mengubah Peradaban Dari Sebuah Karya, Salah Satunya Angka nol!


Khawarizmi ini seorang seniman lho❤️❤️ terbukti dari hasil Lukisan
Monalisa
di mana Leonardo da Vinci memakai pemikiran hasil gagasan brilian dari Khawarizmi dalam lukisannya yang fenomenal ini. Uwuuww Khawarizmi benar-benar mengubah peradaban dunia melalui sebuah karya. Luar biasa, ya. Lagi dan lagi dalam hal ini ane juga tidak bisa memastikan, kalau benar adanya, keren banget, ya.
❤️❤️


Bagaimana, Sahabat Kaskus ... Keren, ya, Khawarizmi .... Silahkan berdiskusi dengan santun dan santuy, ya. Yuk Belajar Bersama Bisa dan Terima kasih.

😊😊😊


Sumber :
Di sini
Di sini
Pict By Pinterest
Diubah oleh embunsuci
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jancuk056 dan 71 lainnya memberi reputasi
38
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Inilah Si Jenius yang Mengubah Peradaban Dari Sebuah Karya, Salah Satunya Angka nol!
24-07-2020 14:04
belum paham apa hubungannya lukisan dengan angka nol emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
profile picture
kaskus maniac
24-07-2020 16:18
cara menulis angka nol, pertama lukis lah sebuah wajah dengan pencil, kemudian hapus, hapus, hapus, jadi angka nol.
3
profile picture
kaskus maniac
24-07-2020 19:33
Tdk ada hubungan, lebih ke cucokmologi...
Seperti angka nol itu sistem numerik india n digunakan oleh beliau tuk nyusun teori aritmatika, n pemecahan persamaan kuadratik...
2
profile picture
kaskus addict
25-07-2020 17:35
Ada gan ! Lukisan tok*d emoticon-Ngakak
1
profile picture
KASKUS Plus
25-07-2020 18:11
No koment, ya. Silahkan berpendapat sesuai keinginan masing-masing ✌️
(no SARA) 😊🙏 tengkyu singgahnya dan sharingnya yaa ❤️

CEO Mark Zuckerberg mengagumi ilmuwan Islam, salah satunya Khawarizmi.


Inilah Si Jenius yang Mengubah Peradaban Dari Sebuah Karya, Salah Satunya Angka nol!
-1
profile picture
kaskus addict
25-07-2020 21:16
Bangke dari tadi kalo ada yang nyanggah balesanya cuma klipingan si zuckerberg, emang kapasitas otaknya TS meragukan
3
profile picture
KASKUS Plus
25-07-2020 21:33
@gendhu89 hehe hu'um bisa jadi 😊😊
0
profile picture
26-07-2020 01:12
Emg ts tolol
0
profile picture
kaskus holic
26-07-2020 05:25
@terakhirx anjir jadi di inget episode spongebob.

pas doi masuk kelas belajar seni gurunya squidward, terus doi di marahin terus ampe keluar akwkakwkka
emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0
profile picture
KASKUS Plus
26-07-2020 07:51
Waaah buanyak orang orang pinter di mari. Asiiik
0
profile picture
27-07-2020 00:51
@embunsuci iya banyak yg pinter tpi lu doang yg goblox wahai TS..
1
profile picture
KASKUS Plus
27-07-2020 17:24
@carboxymethyl emm gitu ya, bisa jadi sih. Hehe
0
Memuat data ...
1 - 11 dari 11 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia