Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
8
Lapor Hansip
09-07-2020 15:35

Kecanggihan Orang Tua dalam Mengontrol Otak Anak

DI USIA DINI, ORANG TUA SELALU MEMAHAMI PERKEMBANGAN OTAK ANAK Sumber Gambar


Anak balita yang masih kecil sangatlah mengemaskan, dari tingkah laku dan disaat tersenyum. Anak adalah kebanggaan dari orang tua maupun keluarga, pelengkap dan penghibur dalam rumah. Anak yang sudah berusia 3 tahun, sudah memasuki periode yang pertama dalam fase pertumbuhan dan perkembangan pada anak. Anak yang baru lahir, juga memiliki berat pada otaknya sebesar 25% dalam daya ingat. Mulai berkembang maupun memproduksi sel yang berjuta-juta maupun milyar otak dalam merangsang dalam membentuk koneksi sel-sel otak.


Koneksi otak membutuhkan jembatan yang saling berhubungan satu sama lain. Disaat anak belajar, maka otak anak akan menerima stimulus yang akan memperkuat daya ingat yang selalu di latih terus menerus. Kinerja otak yang baik dalam berproses, maka akan memperoleh hasil yang memuaskan secara maksimal mungkin.


Orang tua juga bisa melakukan beberapa cara untuk memahami perkembangan otak anak dan membantu sel-sel otak anak, dalam Memaksimalkan dalam proses kerja otak.
Hal yang perlu diperhatikan dalam memahami koneksi sel otak, seperti:
Quote:1. Membacakan dongeng kepada anak-anaknya sebelum tidur
2. Menyanyikan lagu atau nyanyi bersama
3. Bermain bersama-sama dengan anak, yang akan membantu pemikiran anak untuk selalu berkembang, yang lebih cepat, efisien.

Anak akan cerdas bila orang tua selalu melakukan kegiatan-kegiatan bersama anaknya. Yang akan membentuk keharmonisan dalam keluarga terutama orang tua dengan anak.

Anak akan sangat penasaran bila mendengar pertanyaan "Mengapa" yang membuat anak semakin penasaran yang lebih besar lagi. Ketika anak bertanya atau mengucapkan satu kalimat "mengapa", anak memiliki rasa ingin tahu. Disanalah yang akan memproses pembelajaran kognitif. Yang selalu menyaksikan dengan cara melihat dan mengamatinya, yang akan diserap melalui apa yang dilihat maupun dari ucapan yang ia dengarkan. Setelah anak menerima hal-hal yang baru, proses sel otak sangatlah cepat dalam pembentukan ingatan, di saat melakukan kegiatan yang selalu anak hadapi.


Perkembangan kognitif yang sering terjadi tanpa disadari oleh orang tua. Disaat anak berusia 3 tahun, otak anak sangatlah cerdas dalam menerima sebuah informasi untuk menyimpan di dalam memori anak, penyimpanannya sangatlah luas tanpa adanya batasan. Otak pun semakin berkembang secara cepat.


Pada perkembangan kognitif lebih fokus dalam pemikiran dan kemampuan daya tangkap belajar, kemampuan merancang strategi dan meningkatkan kompetensi memori.


Perkembangan Anak di saat Usia 1-2 Tahun
Quote:1. Tahap perkembangan terhadap fisiknya
2m tahap perkembangan terhadap kognitif
3. Tahap perkembangan terhadap pertumbuhan komunikasi
4. Tahap perkembangan terhadap emosional dan sosial


Perkembangan Anak di Saat Usia 2-3
Quote:1. Tahap perkembangan pada fisik
2. Tahap perkembangan pada kognitif
3. Tahap perkembangan pada komunikasi
4. Tahap perkembangan pada emosional dan sosial anak


Asal Sumber : https://www.anmum.com/id/id/parentin...sia-1-3-tahun. 09.07.2020.

Rizqy Imanudin
Diubah oleh Rizqyimanudin8
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cattleyaonly dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
DI USIA DINI, ORANG TUA SELALU MEMAHAMI PERKEMBANGAN OTAK ANAK
16-07-2020 19:32
Threadnya kayak lagi belajar lagi

Ilmu nya mirip sama psikologi anak yang dulu pernah ane ikuti ehehehe

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia