Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
101
Lapor Hansip
06-07-2020 19:45

Beberapa Jenis Bunga yang Bisa Dikonsumsi

Beberapa Jenis Bunga yang Bisa Dikonsumsi

Sumber gambar : dokpri



Jika berbicara tentang bunga, yang ada dalam benak kita mungkin warna mahkotanya yang indah, aroma yang harum dan hiasan ruangan atau taman. Tak heran jika seseorang rela mengeluarkan uang hanya untuk membeli bunga, bahkan bunga yang berharga fantastis.


Selain sebagai hiasan, ada beberapa jenis bunga yang bisa dikonsumsi. Bunga tersebut bisa menjadi bahan campuran yang semakin menambah cita rasa dalam dunia kuliner.


Berikut adalah jenis bunga yang aman untuk dikonsumsi :


1. Bunga turi

Beberapa Jenis Bunga yang Bisa Dikonsumsi

Sumber gambar : di sini


Beberapa daerah di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa, bunga turi biasa dijadikan masakan. Baik sebagai lalapan, pecel atau tumisan. Supaya rasanya tidak pahit, putik maupun benang sari pada bunga turi sebaiknya dibuang sebelum dimasak. Sudah pernah coba? Rasanya nikmat, loh!

Beberapa Jenis Bunga yang Bisa Dikonsumsi

Sumber gambar : di sini




2. Bunga rosella

Beberapa Jenis Bunga yang Bisa Dikonsumsi

Beberapa Jenis Bunga yang Bisa Dikonsumsi

Sumber gambar : di sini



Bunga rosella sudah banyak dibudidayakan di daerah tropis, seperi Indonesia. Kelopak bunga rosella, sangat baik untuk kesehatan dan biasanya dijadikan sebagai minuman teh. Kelopak bunga rosella yang sudah dipanen, dikeringkan dahulu di bawah sinar matahari. Setelah itu, bisa dijadikan minuman teh yang berwarna merah segar.


3. Bunga pepaya

Beberapa Jenis Bunga yang Bisa Dikonsumsi

Sumber gambar : di sini


Selain buahnya, masyarakat Indonesia juga memanfaatkan bunga pepaya untuk dikonsumsi, baik sebagai jamu maupun masakan. Akan tetapi, berbeda dengan buahnya yang manis, bunga pepaya memiliki rasa yang pahit. Tak heran jika ada beberapa orang yang justru menghindarinya. Padahal, bunga pepaya sangat lezat untuk dijadikan masakan, misalnya untuk urap, pecel ataupun tumisan. Untuk menghilangkan rasa pahit pada bunga pepaya, bisa ditambahkan garam saat merebusnya. Sebelum dibuat tumisan pun, bunga pepaya boleh direbus terlebih dahulu.

Beberapa Jenis Bunga yang Bisa Dikonsumsi

Sumber gambar : di sini


4. Bunga kecombrang

Beberapa Jenis Bunga yang Bisa Dikonsumsi

Beberapa Jenis Bunga yang Bisa Dikonsumsi

Sumber gambar : di sini


Tanaman kecombrang sekilas seperti pohon pisang-pisangan dengan bentuk daun yang memanjang. Bagian tanaman kecombrang yang biasa dimanfaatkan adalah bagian kuncup bunga yang berwarna merah muda.

Bunga kecombrang memiliki aroma dan rasa yang khas, yaitu rasanya asam mirip jeruk lemon dan pedas jahe dengan aroma harum serai. Bunga kecombrang bisa dijadikan sebagai lalapan, pecel, urap, tumisan bahkan sambal.


5. Bunga pisang

Beberapa Jenis Bunga yang Bisa Dikonsumsi

Sumber gambar : di sini


Bunga pisang atau biasa disebut jantung pisang ini dihasilkan oleh pokok pohon pisang dan merupakan bakal buah pisang. Pada sebagian jenis pisang, bagian ini memiliki kulit luar merah dan bagian dalam putih kekuningan. Bunga pisang bisa dikonsumsi, yaitu bisa dijadikan sebagai pecel, salad, tumisan, kari atau dimasak apapun sesuai selera. Rasanya tak kalah lezat dengan masakan modern zaman now.

Beberapa Jenis Bunga yang Bisa Dikonsumsi

Sumber gambar : dokpri


6. Bunga melati

Beberapa Jenis Bunga yang Bisa Dikonsumsi



Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Mahkota bunganya yang cantik dan aromanya yang harum, tentu orang tergoda untuk memanfaatkan selain sebagai tanaman hias. Ya, bunga melati bisa dicampur ke dalam seduhan teh untuk menambah aroma wangi. Aman kokuntuk dikonsumsi. Bahkan seorang artis senior pernah dikabarkan suka memakan bunga melati secara langsung.


7. Bunga kol

Beberapa Jenis Bunga yang Bisa Dikonsumsi

Sumber gambar : di sini


Sudah bukan rahasia lagi, jika bunga kol ini merupakan sayuran yang termasuk dalam keluarga kubis-kubisan. Bunga kol mudah ditemui dan biasa dimasak untuk dijadikan menu makanan, seperti soup, pelengkap pecel, salad, capcay atau bisa dimasak sesuai selera. Bunga kol memiliki serat yang tinggi sehingga dapat mendukung fungsi pencernaan sehat.


Beberapa Jenis Bunga yang Bisa Dikonsumsi

Sumber gambar : dokpri



Itulah beberapa jenis bunga yang aman dikonsumsi. Jika pintar mengkreasikan masakan, tentu bunga-bunga tersebut akan menjadi makanan favorit keluarga.


Beberapa Jenis Bunga yang Bisa Dikonsumsi


Referensi :
Opini Pribadi


Diubah oleh alva610
profile-picture
profile-picture
profile-picture
farinamany dan 9 lainnya memberi reputasi
8
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Beberapa Jenis Bunga yang Bisa Dikonsumsi
09-07-2020 20:52
Di depan rumah dulu ada bunga rosella sama bokap sering direbus airnya dikasih gula sama es jadi kayak minuman sirup. Enak banget apalagi diminum pas cuaca panas2 giniemoticon-Genit

Bunga pisang pernah makan rasanya ngk jauh beda sama sayur lodeh tewel (ngk tau nama indonesianya apaemoticon-Hammer)
Bunga turi ngk suka rasanya agak pait.
Bunga pepaya ngk suka baunya wangi banget jadi kayak makan bunga kanthil emoticon-Ngakak
profile-picture
alva610 memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskus addict
10-07-2020 10:29
tewel = nangka, bukan sist?

0
profile picture
kaskuser
10-07-2020 10:52
@alva610 iya tewel itu nangka tapi kalau ditempatku bukan dari nangka, ada sendiri bentuknya emang mirip nangka tapi bulat lebih kecil namanya kluwe.
1
profile picture
kaskus addict
10-07-2020 11:34
@Mawarhitam22 oh iya, tau saya kluwe. yang bunganya bisa dijadiin obat nyamuk itu kan.
0
profile picture
kaskus addict
10-07-2020 11:36
0
profile picture
kaskuser
10-07-2020 11:58
@alva610 q malah baru tau kalau bunga tewel bisa jadi obat nyamuk. bentuknya mirip bal bal yah.
itu bisa dimakan ngk sih kalau bal bal kan bisa dimakan.
1
profile picture
kaskus addict
10-07-2020 12:02
@Mawarhitam22 lain sama babal nangka. kalau babal nangka enak dimakan & lebih pendek.

kalau bunga kluwe panjang. kalau mau dijadiin obat nyamuk, dikeringkan dulu.

waktu ane sd, sering bikin gitu di luar rumah. biar gak ada nyamuk. kalau di dalam rumah kagak boleh, jadi polusi udara.
0
Memuat data ...
1 - 6 dari 6 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia