Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
199
Lapor Hansip
09-07-2020 17:20

Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!

Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!



Hallo Agan Sista, belum lama ini ane membaca cerpen-cerpen dari seorang penulis facebook.



intro




Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!




Kebayang gak sih, Gan Sist? Seandainya semua manusia di dunia ini baik. Tidak mengganggu orang lain, tidak menyakiti orang lain, tidak merugikan orang lain, saling menolong, saling men-support. Begitu indah untuk di-halu-kan, bukan?

Meski Agan-Sista mungkinakan menganggap kondisi dimana semua orang adalah orang baik sangatlah tidak mungkin terjadi. Bukankah kebaikan sejatinya bisa kita mulai dari diri sendiri? Lalu apa hubungannya, Gung? Antara jadi orang baik dan buang sampah? Coba baca ampe akhir ya, Gan. emoticon-Keep Posting Gan


Pengelolaan Sampah di IndonesiaVs Negara Maju, Miris!





Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!

Membuang sampah pada tempatnya tentu merupakan sesuatu yang sejatinya sangat mudah dilakukan, namun realitanya sangat susah untuk dibudayakan khususnya bagi (maaf) kaum non-intelek. Kaum non-intelek yang ane maksud adalah kaum yang hidupnya gak mikirin orang lain dan mikirnya pendek (Tak peduli latar belakang pendidikannya).Termasuk agan sista yang suka merokok, dan buang abu, bahkan puntungnya sembarangan.

Kenapa membuang sampah sesuai tempat dan jenisnya menjadi penting? karena setiap sampah memiliki cara pengolahan yang berbeda. Memisahkan jenis-jenis sampah tentu sangat membantu pemulung dan petugas kebersihan mengelola sampah, tahukah berapa banyak sampah yang manusia produksi dalam sehari? Di Jakarta saja bisa produksi hingga 7000 Ton sampah setiap hari! Pengolahan sampah yang tepat dapat meminimalisir pencemaran lingkungan.

Di Indonesia sendiri tempat sampah biasanya dibagi menjadi tiga warna, hijau untuk sampah yang mudah terurai, kuning untuk sampah yang bisa didaur ulang, dan merah untuk sampah yang tidak bisa di daur ulang.



Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!


Meski sayangnya warna-warna tersebut masih begitu sering diabaikan. Bukan karena buta warna, hanya saja masih banyak oknum yang kurang peduli pentingnya membedakan sampah.



Berkaca dari negara maju dengan pengelolaan sampah terbaik,

1. Jepang

Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!




Di Jepang secara umum terdapat tiga pembagian sampah, sampah yang dibakar dan bisa diolah secara alami, sampah yang tidak bisa dibakar, dan sampah barang bekas yang tidak dapat dimasukkan ke dalam plastik (seperti televisi, sofa, kulkas, dan semacamnya).

Selain itu, di Jepang setiap rumah tangga diwajibkan untuk memisahkan setiap sampah sesuai jenisnya ke dalam plastik yang berbeda-beda, bahkan ada tempat yang mengharuskan kantong transparan (agar sampah bisa kelihatan dipisah atau tidak).




Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!



2. Jerman


Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!




Di "Negara Hitler" ini, pemilahan sampah jauh lebih kompleks dari Indonesia. Bahkan kertas, sisa makanan pun memiliki wadah sampah yang berbeda. Dan tahu kah apa yang terjadi jika warga salah atau tidak memasukkan sampah sesuai wadah? Maka sampah tersebut tak akan diambil oleh petugas!

3. Korea Selatan

Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!

Di Korea Selatan tak kalah unik, mereka memiliki kantong kresek yang memang dikhususkan untuk sampah, bahkan setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing untuk kantong plastiknya. Sehingga jika ada seseorang dari daerah A membuang sampah secara sembarangan, maka akan dengan mudah dapat di lacak.


Berkaca dari negara-negara di atas, kira-kira apa yang kurang dalam pengelolaan sampah di indonesia?

Menurut ane adalah kedisiplinan, ketegasan, dan keseriusan. Baik dari masyarakat dan tentunya pemerintah (yang memberikan regulasi).


Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!


Sumber tulisan : Opini Pribadi, dan darisini
Gambar : Google

Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!


Quote:Original Posted By yp9nn
njir di Jerman ampe 6 biji emoticon-Wakaka

1. Hitam untuk sampah umum (macem bungkus makanan/minuman/jajanan, kayu, taplak, makanan sisa)
2. Biru untuk kertas
3. Kuning untuk plastik
4. Putih untuk kaca bening (macem gelas kaca tanpa warna/bening)
5. Hijau untuk kaca berwarna (macem botol minuman mabok yang biasanya warna ijo)
6. Coklat untuk kompos (kompos alami, ga usah tanya macemnya emoticon-Ngakak (S))
Diubah oleh agungdar2494
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vondrow dan 32 lainnya memberi reputasi
31
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!
09-07-2020 17:21
Sepakat gak, bahwa ada kaitan erat antara jadi orang baik, dan buang sampah pada tempat dan sesuai wadahnya berdasarkan jenis?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antialayers00 dan 14 lainnya memberi reputasi
15 0
15
profile picture
kaskus addict
09-07-2020 17:25
kalau aku sepakat.
1
profile picture
KASKUS Plus
09-07-2020 17:27
@nofivinovie alhamdulillah,, semoga yang lain juga sepakat dan menerapkan, aamiin.
1
profile picture
kaskus addict
09-07-2020 17:28
0
profile picture
Aktivis Reg. Lampung
09-07-2020 17:28
sepakat dah sepakat 😆 ane jengkel soalnya kalau ada orang buang sampah sembarangan
1
profile picture
KASKUS Plus
09-07-2020 18:04
@masnukho terutama rokok, ane benci bgt tuh
2
profile picture
Aktivis Reg. Lampung
09-07-2020 20:22
@agungdar2494 asepnya bikin sesak napas
0
profile picture
kaskus addict
09-07-2020 23:19
@masnukho @agungdar2494

plis...ane ga bisa berenti ngerokok , bisa bantu ancurin pabriknya gak bre? biar ane lebih sehat emoticon-Frown
2
profile picture
KASKUS Plus
09-07-2020 23:39
@leh..uga @masnukho bisa gan, coba aja.

tp andaipun kepaksa banget nih ngerokok, jauh2 dari anak kecil aja gan. ama puntungnya dibuang di tmpt sampah stlh dimatiin bener2 apinya. itu aja sih kalo boleh titip pesen mah emoticon-Mewek
3
profile picture
kaskus addict
10-07-2020 00:11
Gimana bisa? nanti sama tukang sampah disatukan kembali mau pemerintah mau swasta ya sama begitu kg usah sok peduli lah ente juga kg ngerti inti masalahnya cuman membuang sampah pada tempatnya gak membuat sampah terurai
0
profile picture
kaskuser
10-07-2020 00:55
sy pernah tertib begini mas..waktu tinggal di denpasar..memisahkan jenis sampah pas mau dibuang .pas di jawa, haduh kok kumay lagi arogan nya emoticon-Cape d...
1
profile picture
aktivis kaskus
10-07-2020 02:02
elu di indonesia celingak celinguk cari tempat sampah aja uda dianggep orang gila, makanya banyak yang menjadikan tempat tinggalnya tempat sampah belum lagi pengepul sampah alias pemulung bongkar sampah bisa tapi rapikan kaga bisa.
2
profile picture
Aktivis Reg. Lampung
10-07-2020 04:19
@leh..uga masa gak bisa berhenti gan?
temen ane udah parah tapi bisa
2
profile picture
KASKUS Plus
10-07-2020 08:39
@maknafftaf relate sih gan, kalo gue malah gue pegangin tuh sampah sampe ketemu tempatnya wkwkwk, lebih kayak org gila lagi gak daripada sekedar celingak celinguk? tapi bodo amat ama penilaian mereka mah.

1
profile picture
KASKUS Plus
10-07-2020 08:41
@amispelem maksudnya gimana gan? membuang sampah pada tempatnya emg gak langsung membuat sampah terurai. namun itu tahapan awalnya, agan nh yg suka buang sampah sembarangan ya?
0
profile picture
kaskus addict
13-07-2020 14:47
@maknafftaf @agungdar2494 Sama nih kita, bahkan ane ajarin juga ke anak2 ane. Biarpun kecil dan mungkin gak dianggap tapi tetap kami jalanin itu.
0
profile picture
KASKUS Plus
13-07-2020 16:44
Sepakat gan
emoticon-Toast
0
Memuat data ...
1 - 16 dari 16 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia