Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
158
Lapor Hansip
07-07-2020 23:24

Katanya Bukan Kalung Anti Virus Corona, Kok Pak Menteri Tetap Memakainya?

Mulai tanggal 15 Juni 2020 beberapa daerah di Indonesia telah menerapkan kebijakan new normal atau normal baru. Tetapi bukan berarti penambahan kasus baru telah melandai. Penambahan-penambahan yang signifikan terus terjadi setiap hari.

Katanya Bukan Kalung Anti Virus Corona, Kok Pak Menteri Tetap Memakainya?
Mentan dengan Kalung bertuliskan 'Anti Virus Corona' (Sumber: republika.co.id)


Situs Worldometers.info, diakses 7 Juli 2020, mencatat mulai tanggal 23 Juni 2020 sampai hari ini 7 Juli 2020, penambahan kasus baru di Indonesia selalu di atas seribu per hari. Dengan tambahan kasus baru tersebut kini total infeksi Corona di Indonesia yang terkonfirmasi berjumlah 66.226 kasus. Dengan angka itu kita mencatatkan diri sebagai negara dengan total kasus dan kematian akibat Corona tertinggi di Asia Tenggara.

Katanya Bukan Kalung Anti Virus Corona, Kok Pak Menteri Tetap Memakainya?
Beberapa Orang di Samping Mentan juga Memakai Kalung Serupa (Sumber: republika.co.id)


Di tengah kasus Corona yang terus bertambah tersebut, Kementrian Pertanian sempat menghebohkan tanah air dengan peluncuran produk berupa kalung yang awalnya disebut sebagai anti virus Corona. Beberapa pihak dan warganet pun sempat mempertanyakan keampuhan produk tersebut. 

Katanya Bukan Kalung Anti Virus Corona, Kok Pak Menteri Tetap Memakainya?
Kalung yang Dipakai Mentan (Sumber: republika.co.id)


Namun akhirnya pihak Kementerian Pertanian pun mengklarifikasi. Dilansir Sindonews.com, 6 Juli 2020, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Fadjry Djufry menegaskan bahwa produk yang dibuat dari eucalyptus atau kayu putih oleh pihaknya bukan merupakan anti virus. 

Produk yang dimaksud termasuk roll on, inhaler dan kalung eucalyptus. Fadjry Djufry menyatakan belum ada uji pra klinis dan klinis terhadap produk tersebut. Ia menegaskan bahwa tidak ada klaim anti virus disitu.

Lalu bagaimana dengan kalung dengan tulisan 'anti virus Corona' yang sempat menghebohkan?

Menurut Fadjry Djufry hal itu hanya prototype yang digunakan oleh pegawai Kementrian Pertanian saja. Menurutnya, ketika nanti diproduksi masal tulisannya bukan lagi anti virus Corona, tetapi aroma teraphy eucalyptus.

Tetapi meski diakui bukan anti virus Corona dan hanya untuk kalangan Kementan sendiri, tetapi kalung itu tetap dipakai Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam rapat kerja dengan Komisi IV DPR RI hari ini, 7 Juli 2020. Dilansir Tagar.id, 7 Juli 2020, pada kalung yang dikenakan Sang Mentan tersebut juga tetap bertuliskan anti virus Corona. Dan bukan hanya Mentan, beberapa jajarannya dalam rapat itu juga terlihat memakai kalung bertuliskan 'Anti Virus Corona' yang serupa.

Anggota rapat dari Fraksi PDIP, Mindo Sianipar mengusulkan agar Mentan tidak memakai kalung tersebut, karena belum teruji klinis. Ia khawatir masyarakat akan berlomba-lomba memakai karena menterinya memakai itu.

Apa yang dilakukan oleh Mentan dalam rapat tersebut seperti bertentangan dengan yang disampaikan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Fadjry Djufry, sebelumnya bahwa kalung tersebut bukanlah anti virus. Jika dipakai di dalam kementrian pertanian mungkin tidak seberapa, tetapi jika dipakai di luar seperti rapat dengan instansi yang lain sebaiknya tulisan 'anti virus Corona' lebih tepat tidak dimunculkan.

Inovasi untuk membuat obat, jamu, anti virus atau apapun bentuknya layak untuk diapresiasi. Tetapi semuanya tetap harus di letakkan pada tempat yang semestinya. Jangan sampai masyarakat awam akan terus rancu oleh sesuatu yang masih abu-abu dan bertentangan satu sama lainnya dalam satu lembaga....I]




Referensi:

1. Worldometers.info, diakses 7 Juli 2020

2. https://www.tagar.id/pakai-kalung-an...-diolok-di-dpr

3. https://autotekno.sindonews.com/read...ona-1594033666
Diubah oleh widoko
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 27 lainnya memberi reputasi
28
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Katanya Bukan Kalung Anti Virus Corona, Kok Pak Menteri Tetap Memakainya?
08-07-2020 07:12
Emosi gw liatnya emoticon-Najis

Pake logika aja lah bentuk virus corona itu seperti apa penyebaran nya via udara dll

Lebih masuk akal pake masker, face shield, jaga jarak, cuci tangan, makan bergizi minum vitamin.

Bukan pake kalung tahayul ini emoticon-Cape d...

Dan seharusnya ini ranahnya menkes bukan asal srobot si mentan ini mentang2 dpt endorse biar bisa dapat asupan Apbn kan?? emoticon-Najis

profile-picture
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
profile picture
kaskus maniac
08-07-2020 09:22
Agan dapat aja gambarnya....
1
profile picture
kaskus addict
09-07-2020 12:53
Lo emosi liatnya, gw pengen ketawa gan liatnya. Kayak ngelawak. Entah memang di waktu yang akan datang bener2 ampuh atau enggak. Cuma ya, qo ga diuji dulu gitu loh. Apa udah ga ada tenaga ahli lagi seIndonesia ini? atau perlu import lagi TKA caina buat jd tenaga ahli.

Betul kata ente gan, masih masuk akal orang yang pake masker, face shield, sarung tangan, cuci tangan, dan menjaga sosial distancing dibanding pake kalung ajaib itu.

Kalo untuk mencegah dimakan sama beruang laut mungkin bisa.
1
Memuat data ...
1 - 2 dari 2 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia