Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
274
Lapor Hansip
09-01-2020 08:03

Apa Sih Cemilan Berat Suku Mandailing? Yuk Ah Intip, GanSis!

Makanan Daerah Suku Mandailing yang Beda di Lidah Orang Lain?

Apa Sih Cemilan Berat Suku Mandailing? Yuk Ah Intip, GanSis!


Indonesia merupakan Bhineka Tunggal Ika. Berbeda tapi tetap satu jua. Perbedaan itu bisa dari segi adat, budaya, dan juga makanan tiap masing-masing daerah.

Hai, GanSis ... Jeng Ane kali ini mengenalkan makanan cemilan berat yang mengenyangkan nih
emoticon-Pelukemoticon-Pelukemoticon-Peluk


Apa saja sih makanan berupa cemilan daerah dari Mandailing yang merupakan kampungnya Jeng Ane, yuk disimak ....

1. Kue Ombus-ombus

Apa Sih Cemilan Berat Suku Mandailing? Yuk Ah Intip, GanSis!


Kue ombus-ombus ini, dimasak dengan cara dikukus ya, GanSis. Campuran bahan terdiri tepung beras, kelapa dan gula aren ini, sangat enak dinikmati ketika hujan.

Apa Sih Cemilan Berat Suku Mandailing? Yuk Ah Intip, GanSis!


Tahu nggak kenapa namanya kue ombus-ombus. Ane juga kurang tahu nih, GanSis. Tapi sepertinya karena isi makanan ini suka dimakan sambil diembus, hahaha. Seru saja rasanya, belum pernah coba, ya? Ayo dicoba, jangan sampai nggak jadi ya.


2. Itak Pohul-pohul

Apa Sih Cemilan Berat Suku Mandailing? Yuk Ah Intip, GanSis!


Pernah dengar nggak sih, GanSis? Pastinya yang tinggal di daerah Sumatera Utara sudah nggak asing ya dengan nama cemilan ini. Makanan yang terdiri dari bahan tepung beras dan gula aren ini, bisa dimakan mentah atau dikukus ya, GanSis.

Apa Sih Cemilan Berat Suku Mandailing? Yuk Ah Intip, GanSis!


Cemilan satu ini memiliki makna dalam pernikahan suku Mandailing ya, GanSis. Dalam acara lempar santan pengantin, itak ini biasanya diberi campuran santan dan beras. Kemudian para undangan akan saling melempar, tentu saja pengantin akan menjadi sasaran empuk dijahili oleh para undangan. Biasanya pengantin lelaki melindungi sih. Emm jadi teringat masa lalu. emoticon-Kiss (S)emoticon-Kiss (S)

Itak ini terbagi menjadi dua warna ya, GanSis. Selain bisa dimakan mentah atau dikukus, juga memiliki dua warna yang menggugah selera.

Putih

Apa Sih Cemilan Berat Suku Mandailing? Yuk Ah Intip, GanSis!


Mungkin ini pakai gula pasir, ane kurang tau juga kalau yang warna putih.


Cokelat kemerahan

Apa Sih Cemilan Berat Suku Mandailing? Yuk Ah Intip, GanSis!


Atau seperti gambar sebelumnya ya, GanSis. Ane sih kalau yang putih belum pernah coba. Kalau yang ini sering, tiap acara marsantan pengantin atau pesta biasa di kampung.


3. Lampet

Apa Sih Cemilan Berat Suku Mandailing? Yuk Ah Intip, GanSis!


Lampet ini biasanya dikenal dengan lepat ya, GanSis. Bervariasi isian dalamnya, bisa pisang, ketan dengan gula aren, atau juga lampet itak.

Apa Sih Cemilan Berat Suku Mandailing? Yuk Ah Intip, GanSis!


Lampet itak ini biasanya akan dimasak beramai-ramai sehari sebelum acara pesta. Kemudian dibagikan lima lampet per orang. Lebih enak dinikmati ketika panas, akan tetapi nikmat juga ketika dingin, saat perut sudah kosong dan mulut sibuk mencari makanan. emoticon-Ngakak

4. Wajid

Apa Sih Cemilan Berat Suku Mandailing? Yuk Ah Intip, GanSis!


Pastinya tahu dong ya, GanSis ... Makanan satu ini juga menjadi makanan adat dalam acara pernikahan suku mandailing. Dimasak dalam jumlah besar, kemudian dibawa dalam acara, sebagian dibagikan dengan tetangga. Cara memasaknya mudah-mudah gampang ya, GanSis. Terkadang suka keras hasilnya, di kampung ane sih seringnya begitu. Karena gigi dan watak mereka yang keras. Jadi terbawa kali ya dalam mengolah makananemoticon-Ngakak

Cemilan satu ini berbahan ketan atau pulut ya, GanSis. Nikmat sih rasanya, tetapi bagi yang memiliki riwayat penyakit mag. Agak dibatasi ya, atau makan nasi terlebih dahulu. Untuk menghindari kambuhnya mag.


5. Ulame atau Dodol

Apa Sih Cemilan Berat Suku Mandailing? Yuk Ah Intip, GanSis!


Ulame menurut bahasa Mandailing ini, atau dikenal dengan dodol. Merupakan cemilan berat yang juga berat diongkos, berat di tenaga emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Cara membuatnya ini penuh dengan perjuangan, GanSis. Tidak seperti dodol biasanya yang dimasak dengan kuali berukuran sedang. Dodol ini dimasak dengan kuali super jumbo, berbahan gula pasir dan aren, tepung beras dan ketan, dan kelapa dalam jumlah yang sangat banyak. Dan membutuhkan kayu bakar yang berukuran jumbo. Juga tenaga yang luar biasa. Awalnya sih masih cair, kemudian menjadi bubur, lama kelamaan akan mengental. Biasanya anak muda lelaki untuk mengadon bagian akhir. Butuh otot kekar, GanSis. Untuk menggoncang isi dalam kuali.

Apa Sih Cemilan Berat Suku Mandailing? Yuk Ah Intip, GanSis!


Dodol khas Mandailing ini, tidak seperti dodol lainnya ya, GanSis. Yang dibungkus dengan plastik. Tetapi dodol ini dibungkus dengan sumpit. Rasanya aneka ragam. Ada durian, kacang, atau original. Dodol ini juga tidak lembek seperti dodol biasanya. Kadang sangat keras, lembek atau sedang. Tergantung selera sih, tinggal lama atau cepatnya dodol dimasak. Semakin lama semakin keras hasilnya, tetapi tahan lama sampai setahun. Berbeda kalau terlalu cepat, bisa berjamur dan bau tak sedap. Kurang lebih memasaknya sekitar 8 jam. Biasanya aktivitas ini sering dilakukan saat ramadhan tiba. Muda mudi akan bersemangat sehabis sahur atau pulang tarawih untuk meramaikan memasak dodol. Saling mengaco dodol sambil bercanda membenturkan sudip besar dalam kuali, akan membuat perasaan jadi gimana gitu. emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


6. Sasagun

Apa Sih Cemilan Berat Suku Mandailing? Yuk Ah Intip, GanSis!


Sesagun merupakan cemilan berat yang paling ane suka. Emak wajib nitip kalau ada yang balik dari kampung. Berbahan dari tepung beras, kelapa parut dan gula aren. Makanan ini dimasak dengan cara digongseng di kuali dengan memakai kayu bakar ya, GanSis. Bisa saja memakai gas atau kompor. Akan tetapi kita akan kewalahan karena setelan pada besar kecilnya api. Biasanya ane makan ini dicampur dengan susu. Hmm nikmat dan mengenyangkan. Ini juga merupakan makanan awet setelah dodol ya, GanSis. emoticon-Pelukemoticon-Pelukemoticon-Peluk


7. Lemang

Apa Sih Cemilan Berat Suku Mandailing? Yuk Ah Intip, GanSis!


Cemilan berat berbahan ketan atau pulut ini juga tidak asing ya, GanSis. Di daerah manapun sekarang banyak yang menjual lemang. Pecinta ketan biasanya sangat memburu makanan ini, dicampur dengan pisang goreng atau durian. Rasanya akan semakin nikmat tiada tara. Kenikmatan yang HQQemoticon-Ngakak

Apa Sih Cemilan Berat Suku Mandailing? Yuk Ah Intip, GanSis!


Cemilan ini dimasak dengan cara dibakar, setelah gulungan bahan dimasukkan ke dalam bambu. Menu cemilan ini merupakan makanan paling disukai saat bulan Ramadhan tiba.


8. Kipang

Apa Sih Cemilan Berat Suku Mandailing? Yuk Ah Intip, GanSis!


Terakhir, cemilan renyah tapi seperti melempem. Tahu kan, GanSis? Makanan satu ini, kalau dipandang sekilas tidak begitu selera, tetapi bila sudah merasakan rasanya, tidak mau berhenti untuk nambah lagi.

Kipang ini terdiri dari dua macam rasa, kacang dan original.

Kipang rasa kacang

Apa Sih Cemilan Berat Suku Mandailing? Yuk Ah Intip, GanSis!


Kipang rasa original

Apa Sih Cemilan Berat Suku Mandailing? Yuk Ah Intip, GanSis!


Ane membagikan artikel ini, bertujuan untuk mengenalkan GanSis semua tentang cemilan berat suku Mandailing. Terletak di daerah Sidempuan, Tapsel. Provinsi Sumatera Utara. Tepatnya salah satu penyedia cemilan ini berada di kampung ane, Huristak, Padang Lawas.
Ane bisa pastikan lidah kalian akan meleleh dan merasa candu bila cemilan ini sudah kena di lidah dan turun ke hati. Terbukti, setiap ane pulkam, guru, dosen, teman sejawat dan tetangga selalu menagih sebagai oleh-oleh yang paling dirindukan. Tertarik nggak sih ingin mencoba cemilan ini? Jangan malu kalau kalian kepo ya, emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Setelah membaca thread ane ini, apa sih yang terlintas dalam pikiran atau bayangan kalian, GanSis? Khususnya cara memasak dodol di atas. Penasaran nggak sih bagaimana rasanya mengaco dodol dengan berpasangan si doi yang hensem atau cantik. Hmm pasti kalian senyum-senyum kan baca thread ane ini. Terus mengkhayal ada di posisi itu.

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Ane sudah ngerasain itu, GanSis. Parahnya sebaik kenalan pertama. Si doi malah nembak ane. Dooorrr! Gitu bunyinya. Eh, bukan dong ya ... Doi bilang begini, "Ai, Uhubbuki Fillah" meleleh dong. emoticon-Pelukemoticon-Pelukemoticon-Peluk

Tapi itu semua masa lalu ya, GanSis. Di kampung ane sekarang kebanyakan emak sama anak muda saja yang berpasangan memasak dodol. Maklum, jaman now wanitanya pada cengeng, manja dan sok imut. Sebagian sih nggak merata yang seperti itu.

Oke. Sekian thread dari Jeng Ane ya, GanSis. Selera ingin mencoba rasa cemilan daerah Mandailing ini? Yuk, main ke kampung ane ya. Silahkan beri pendapat kalian ya, GanSis.

Belajar Bersama Bisa dan Terima Kasih


emoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss

Sumber
Di Sini
Di Sini
Diubah oleh embunsuci
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ismilaila dan 54 lainnya memberi reputasi
55
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Apa Sih Cemilan Berat Suku Mandailing? Yuk Ah Intip, GanSis!
04-07-2020 17:31
rata-rata camilannya manis. nanti eyke disemutin ga ya?

#eh ... 😁😁✌✌
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
profile picture
KASKUS Plus
05-07-2020 13:50
Wkkwkwk. Bisa jadi, emm soalnya udah manis, tambah makan yang manis. Jadi semut ngejar
2
profile picture
kaskus addict
06-07-2020 09:17
@embunsuci wkwkwk hu'um bener banget
2
profile picture
KASKUS Plus
06-07-2020 09:28
@081364246972 wkwkwk makasih singgahnya yaa
2
profile picture
kaskus addict
06-07-2020 18:57
@embunsuci hu'um Sami-sami
2
profile picture
kaskus addict
07-07-2020 07:17
@embunsuci nah kan, dirimu tau aja, Sis 😉😉
2
profile picture
kaskus addict
07-07-2020 07:17
2
profile picture
KASKUS Plus
08-07-2020 07:22
@rainydwi @081364246972 wkwkwk hu'um keliatan pancaran Aura nya dari kejauhan
2
profile picture
kaskus addict
14-07-2020 22:13
2
icon-hot-thread
Hot Threads
Outdoor Adventure & Nature Clubs
gunung-di-indonesia-dengan-jalur-tersulit
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia