Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
42
Lapor Hansip
03-07-2020 23:04

MAN R37-MAN RR4, Bus 'Made In Germany' yang Menjadi Raja Jalanan di Indonesia

Hallo gan sist ketemu lagi dipembahasan soal dunia otomotif. Seperti judul tulisan, kali ini TS akan membahas bus yang menjadi raja jalanan di Indonesia. Karena tenaganya yang cukup besar, seperti apa kiprah Si Raja Jalanan ini ? Mari kita simak pembahasannya bersama.



Kiprah MAN R37 dan MAN RR4


MAN R37-MAN RR4, Bus 'Made In Germany' yang Menjadi Raja Jalanan di Indonesia

Kakak sebelah kiri, adik sebelah kanan.

Ilustrasi: google image



Nama busnya adalah MAN R37 dan MAN RR4, dua bus ini buatan Jerman. Bus MAN ini bisa dibilang sebagai bus kasta tertinggi didunia perbusan Indonesia, karena harganya yang gak ramah dikantong pengusaha . Bus MAN dibanderol sekitar Rp 2 miliar rupiah, belum termasuk biaya pembuatan body dan interior busnya. 2 M hanya dapat mesin dan chasis saja, MAN sebenarnya bukan pemain baru di Indonesia. Pada awal 2000-an produk MAN masuk ke Indonesia bersama dengan Scania, harga yang lebih mahal membuat produk MAN kurang diminanti. Tercatat hanya KD, OBL dan Nusantara yang pernah memakai produk MAN.


Karena sepi peminat kemudian produk bus MAN menghilang layaknya Avatar Aang, tapi tak sampai ratusan tahun. Di tahun 2013, produk MAN kembali hadir di Indonesia melalui PT Duta Putera Sumatera, yang menjadi perwakilan penjualan MAN di Indonesia. Tahun 2013 MAN mengenalkan produk bus dengan tiga sumbu roda (tronton), bus ini diberi nama R37, kemudian setahun kemudian lahir sang adik yang diberi nama RR4.


MAN R37-MAN RR4, Bus 'Made In Germany' yang Menjadi Raja Jalanan di Indonesia

Rp 2 M hanya dapat ini.

Sumber



Tahun 2013-2017 produk bus MAN mulai dijadikan armada untuk Trans Jakarta, sebagai bus wisata kalau tidak salah waktu itu. Di masa kepemimpinan Gubernur dan wakilnya, Bapak Jokowi dan Bapak Ahok BTP. Strategi mereka cukup cerdas, karena tidak mungkin Pemprov DKI membeli bus dengan harga mencapai 2 M. Maka beliau berdua mengadakan kerjasama dengan beberapa perusahaan besar, untuk pengadaan bus armada Trans Jakarta. Beberapa perusahaan yang ikut dalam pengadaan bus itu mulai dari Coca Cola, Nestle hingga CIMB Niaga.


Menurut Bapak Ahok BTP kala itu, beliau ingin agar Jakarta memiliki armada bus mewah layaknya kota besar di dunia. Maka dari itu beliau sampai mengajak beberapa perusahaan untuk pengadaan bus MAN ini, kakak-adik ini adalah warisan berharga yang ditinggalkan oleh Bapak Jokowi dan Bapak Ahok untuk warga Jakarta. Kapan lagi kita bisa tiap hari naik bus premium rasa Eropa di Indonesia ?, warga Jakarta harusnya berbangga dengan moda transportasi yang dimilikinya.

MAN R37-MAN RR4, Bus 'Made In Germany' yang Menjadi Raja Jalanan di Indonesia

MAN RR4

Sumber





Kiprah Si Kakak dan Si Adik


TS lebih dulu akan membahas sang kakak. Namanya MAN R37, MAN R37 ini dihadirkan tahun 2013 melalui PT Duta Putera Sumatera, yang menjadi perwakilan penjualan bus MAN di Indonesia. Spesifikasinya sendiri cukup gila untuk bus dengan 3 sumbu roda. Begini kira-kira spesifikasi dari sang kakak. Ditenagai oleh mesin Diesel Commonrail dengan kode D2676 LOH10 Euro III , dengan 6 silinder segaris berkapasitas 12.419 cc , mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 460 HP.


Tenaga dari mesin kemudian disalurkan via transmisi semi otomatis tipmatic 12 kecepatan. MAN R37 juga dilengkapi dengan berbagai fitur seperti Exhaust Valve Brake , Electronic Braking System termasuk Anti-lock Braking System (ABS)/Traction Control System (TCS), elektronic stability program (ESP) , tak lupa disematkan juga fitur retarder dengan lima tingkatan dibagian setirnya. Sudah air suspension dan power steering.


Bus ini bisa dibangun menjadi bus tingkat, dengan beban maksimal yang dibawa mencapai 25 ton, spesifikasi beban ini juga dimiliki sang adik yang lahir setahun kemudian. Roda bagian belakangnya juga bisa berbelok mengikuti roda depan, karena bus ini mengusung penggerek 6 x 2. Bisa dibilang ini bus yang serba canggih, karena fiturnya kebanyakan sudah otomatis. Bus R37 saat ini banyak digunakan sebagai unit Trans Jakarta sampai sekarang, menjadi salah satu bus kota termewah di Indonesia.


Disamping itu sang kakak juga bertugas di PO Nusantara sebagai bus tingkat AKAP, mengisi trayek Kudus-Semarang-Bogor. Ada orang Kudus disini ?, wajib berbangga karena punya bus yang super mewah dikelas bus AKAP-nya. Bus milik PO Nusantara ini diresmikan pada tanggal 28 April 2018 (cmiiw, agak lupa tanggal dan bulannya), untuk memperingati 50 tahun berdirinya PO Nusantara. Dengan warna dasar cokelat dan dibagian belakang, seperti ada siluet gambar burung. Gak tahu ini burung apa ?, kalau menurut TS ini burung garuda.


MAN R37-MAN RR4, Bus 'Made In Germany' yang Menjadi Raja Jalanan di Indonesia

MAN R37, PO Nusantara.

Sumber



MAN R37-MAN RR4, Bus 'Made In Germany' yang Menjadi Raja Jalanan di Indonesia

MAN R37 Trans Jakarta.

Sumber



Sukses dengan R37, MAN mengeluarkan sang penerus yang bernama MAN RR4. Sang adik juga hadir dengan tenaga diatas 400 HP, berselisih hanya sedikit saja dengan sang kakak. MAN RR4 menggunakan mesin diesel 6 silinder segaris berkode D2606 LOH Euro III, dengan kapasitas mesin 10.500 cc. Mengeluarkan tenaga maksimal hingga 430 HP dan torsi maksimal mencapai 2100 nm pada 1.000-1.400 rpm, dengan transmsi 12 kecepatan semi otomatis tipmatic. Bus ini juga mengusung triple axle, alias puya tiga sumbu roda. Air suspension dan power steering juga, dimana kakak adik ini memilili 6 balon udara, 4 dibagian poros roda belakang. Dan 2 dibagian poros roda depan, fitur ini memberi kenyamanan kepada penumpang dalam perjalanan.


Bus RR4 juga memilili fitur yang hampir sama dengan sang kakak. Perbedaan hanya pada sektor mesin saja, ada dua tipe RR4 yang dipasarkan yaitu tipe 480 HP (Euro VI) dan 430 HP yang dipakai PT Pelita Paradep. Tapi tipe yang dipasarkan di Indonesia adalah tipe RR4 dengan tenaga 430 HP. Kakak adik ini memiliki panjang total mencapai 13 meter, dan tingginya mencapai 4 meter. Sang adik juga mengikuti jejak sang kakak dengan menjadi armada bus Trans Jakarta.


Selain itu sang adik juga bertugas di Sumatera menjadi transportasi bus tingkat mewah, dengan rute dari Bandara Kualanamu-Medan-Siantar. Sang adik hadir dengan warna imut khas wanita, yaitu warna merah muda. Ada yang pernah naik si imut ini dari Kualanamau ke Medan ?, nanti bisa dishare dibawah ya.


MAN R37-MAN RR4, Bus 'Made In Germany' yang Menjadi Raja Jalanan di Indonesia

MAN RR4, PO Pelita Paradep.

Sumber



MAN R37-MAN RR4, Bus 'Made In Germany' yang Menjadi Raja Jalanan di Indonesia

MAN RR4 Trans Jakarta.

Sumber



Ts akan sajikan perbandingan dengan produk triple axle dari pabrikan lain yang laris manis dipasaran Indonesia saat ini, MAN memang lebih unggul dibidang tenaga, hal ini yang membuatnya jadi raja jalanan. Memang rata-rata produk bus triple axle memiliki tenaga mencapai 400 HP lebih. Berikut komparasi dengan merek lain yang saat ini lebih laris dipasar Indonesia, ane ambil contoh Mercedez Ben OC500RF 2542 yang sama-sama dari Jerman. Dan Scania K3410IB dari Swedia, dua merek ini lebih populer bagi pengusaha bus saat ini, dengan triple axle juga.


Quote:

MAN R37-MAN RR4, Bus 'Made In Germany' yang Menjadi Raja Jalanan di Indonesia

Sumber


Mercedes Benz OC500RF 2542:
Mesin berkapasitas 11.967 cc, 6 silinder segaris dengan kode mesin OM457LA. Commonrail engine, daya maksimal 422 HP pada 1900 rpm. Torsi 1.900 Nm di 1100 rpm. Dengan dibekali transmisi semi otomatis 12 kecepatan.
Fitur yang ditawarkan mulai dari hill hold system, anti-lock braking system, electronic braking system, electronic stability program.
Harga mulai dari Rp 1,5 M.



MAN R37-MAN RR4, Bus 'Made In Germany' yang Menjadi Raja Jalanan di Indonesia

Sumber

-Scania K410IB:
Menggunakan mesin dengan kode DC13 107 K01 Euro 3 Commonrail Engine, 6 silinder segaris. Kapasitas mesin 13.000 cc dengan enam silinder segaris. Tenaga maksimal mencapai 410 HP pada 1.900 rpm, dengan torsi 2.000 Nm di 1.000-1.350 rpm.
Fitur yang ditawarkan juga sama mulai dari hill hold system, anti-lock braking system, electronic braking system, electronic stability program.
Harganya lagi-lagi sama mencapai 1,5 M.



Dua produk ini banyak beredar di Indonesia saat ini, mengingat harganya yang gak terlalu mahal. Dan sudah digunakan banyak PO swasta di Indonesia, untuk MAN harganya memang mahal dan hanya PO tertentu saja yang bisa membeli bus ini. Jadi masih kah kalian ragu untuk naik bus di Indonesia setelah membaca artikel TS ini ?, bus disini gak hanya kebut-kebutan dijalan. Sedikit demi sedikit mereka mulai menawarkan kenyamanan dengan memberikan chasis bus premium dari benua biru.




Body Bus Yang Digunakan


Body bus ini untuk Trans Jakarta menggunakan body bus kota (Cityliner) dengan nama body Maxi Miracle, untuk bus TJ bodynya sudah didesain khusus untuk memudahkan penyandang disabilitas, agar bisa ikut menikmati bus mewah ini. Sementara PO Nusantara dan PO Pelita Paradep menggunakan body bus Maxi Miracle Conqueror. Dimana body bus untuk Trans Jakarta, Nusantara serta Pelita Paradep dibuat sendiri oleh PO asal Kudus tersebut.


Nusantara sendiri sebelumnya sudah bekerja sama dengan perusahaan perakit body asal Malaysia yang bernama Gemilang, dimana para karyawan dari Nusantara lebih dulu dikirim ke Malaysia untuk mempelajari pembuatan body bus. Setelah kembali, mereka mulai membuat desain body bus dengan peralatan canggih yang dikirim oleh pihak Gemilang ke Kota Kudus.


Nama karoseri (pembuat body bus) milik PO Nusantara ini pada perkembangannya diberi nama Nusantara Gemilang (Nusgem), hasil kerja sama Indonesia-Malaysia, mereka juga memproduksi body bus untuk PO mereka sendiri. Serta menerima pembuatan body bagi PO lain, memang body mereka kalah populer dengan body Jetbusnya karya Adiputro (Malang). Tapi setidaknya produk Nusantara Gemilang ini lebih original, karena tidak banyak mencontek desain body milik bus dari Eropa. Terutama dari lampu belakangnya yang dibuat beda dari yang lain, bus langka memang harus memakai body yang langka juga. Sejauh ini Nusantara Gemilang memegang lisensi body bus untuk produk MAN di Indonesia.



MAN R37-MAN RR4, Bus 'Made In Germany' yang Menjadi Raja Jalanan di Indonesia

Man RR4, body Maxi Miracle.

Sumber



MAN R37-MAN RR4, Bus 'Made In Germany' yang Menjadi Raja Jalanan di Indonesia

Sumber


MAN R37-MAN RR4, Bus 'Made In Germany' yang Menjadi Raja Jalanan di Indonesia

Sumber

Maxi Miracle Conqueror by Nusantara Gemilang.




Demikian sedikit ulasan mengenai kakak adik ini, semoga bisa menambah wawasan bagi kita semua. Bagi yang mau berbagi pengalaman dengan bus mewah ini, TS mengundang kalian untuk hadir dikolom komentar. Dan bagi agan yang ingin menambahkan informasi tambahan mengenai bus ini, bisa juga coret-coret dikolom komentar ya. Enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer



Referensi: 1.2.3.4
Ilustrasi: blog otomotif
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
MAN R37-MAN RR4, Bus 'Made In Germany' yang Menjadi Raja Jalanan di Indonesia
04-07-2020 08:17
kalau denger kata made in Jeman, yg ada di pikiran ane adalah mewah,canggih, luks, berkualitas banget lah pokoknya. mohon dikoreksi klw pemikiran ane salah
Diubah oleh indrag057
profile-picture
profile-picture
anggrekbulan dan si.matamalaikat memberi reputasi
2 0
2
profile picture
newbie
13-07-2020 01:29
Beda ya ama yg buatan tetangga sebelahemoticon-Wakaka
0
profile picture
newbie
13-07-2020 01:30
Keren2 gan busnya, berdo'a ah siapa tau ane bisa ke beli
Hehehe
1
Memuat data ...
1 - 2 dari 2 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia