Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
214
Lapor Hansip
03-07-2020 20:17

Lakukan Ini Jika Ingin Anak Tumbuh Dewasa Dengan Pemikiran Kritis!

Lakukan Ini Jika Ingin Anak Tumbuh Dewasa Dengan Pemikiran Kritis!

Hallo Agan Sista, kali ini ane ingin membahas mengenai pentingnya menanamkan kebiasaan berpikir kritis (critical thinking) pada anak-anak sedari dini, supaya nanti kalau sudah besar tidak menjadi "Yes-Man" alias manut-manut wae. Terlebih di jaman dimana informasi sangat mudah untuk didapatkan dari sumber manapun. Baik informasi hoaxataupun informasi yang tepat. Berpikir kritis tentu membantu seseorang untuk memilah informasi yang sebenar-benarnya (tak gampang terbawa arus, maupun termakan berita hoax).


Lakukan Ini Jika Ingin Anak Tumbuh Dewasa Dengan Pemikiran Kritis!

Apa sih yang dimaksud berpikir kritis?adalah suatu proses berpikir yang mengandalkan nalar secara rasional, objektif, dan jelas tentang apa yang ingin dikerjakan dan apa yang ingin diketahui.

Secara sederhana menurut ane, orang berpemikiran kritis sangat mudah untuk dikenali. Mereka adalah orang-orang yang enggan melakukan sesuatu tanpa mereka pahami dengan betul, kenapa mereka harus melakukan aktivitas atau pekerjaan tersebut? Pemikir kritis cenderung bertanya "kenapa?" berulang kali, hingga mendapatkan "alasan" sebenarnya sesuatu terjadi atau dilakukan.

Lantas, bagaimana cara menanamkan critical thinkingterhadap anak kecil? Sangat mudah Gan Sist! 


Lakukan Ini Jika Ingin Anak Tumbuh Dewasa Dengan Pemikiran Kritis!

Sadar atau tidak, semua manusia pada dasarnya lahir dengan pemikiran yang kritis. Buktinya adalah rasa keingintahuan anak kecil terhadap segala sesuatu yang diamatinya yang ditunjukkan melalui pertanyaan-pertanyaan random atau bahkan absurd yang seringkali membuat kita--orang dewasa bahkan kewalahan untuk menjawabnya. 

"Om, bagaimana kita bisa tahu bahwa tuhan itu ada, bukan dibuat-buat?"

"Ibu, kenapa Andi punya adik sedangkan aku tidak?"

"Ayah, kenapa laki-laki dan perempuan memiliki alat kelamit yang berbeda kalo fungsinya sama-sama buat pipis?"

Pertanyaan-pertanyaan diatas merupakan pertanyaan-pertanyaan yang masih ane ingat sampai hari ini dan benar-benar pernah ane tanyakan ke orang-orang tersebut. Meski tak mendapatkan jawaban, melainkan bahan candaan. Bisa jadi karena orangtua sedang sibuk, tidak tahu, atau bahkan merasa tak perlu menjelaskan saat itu juga, toh nanti ada guru di sekolah yang akan menjawab pertanyaan si kecil.

Namun, tahukah agan sist? Bahwa menyepelekan sebuah pertanyaan anak kecil dengan menjawab sekenanya dapat berdampak akan dua hal. 

Yang pertama, sang anak enggan bertanya dikemudian hari.

Yang kedua, sang anak mendapatkan informasi yang salah. Bisa jadi setelah menerima informasi salah tersebut kemudian ia menjadi bahan bully-an di sekolah.

Seberapa sibukpun agan sist, jelaskan bahwa agan sist akan menjawabnya nanti untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan si kecil, bahkan jika agan sist tak memiliki jawabannya saat itu, cukup jawab dengan jujur bahwa agan sist belum tahu dan akan menemukan jawabannya kemudian. Dengan melakukan hal ini, agan sist telah mengajarkan sang anak untuk tidak malu bertanya, tidak malu tidak tahu sesuatu, melatih rasa pengertian, dan bersikap jujur.

Lakukan Ini Jika Ingin Anak Tumbuh Dewasa Dengan Pemikiran Kritis!


Seorang anak yang memiliki pemikiran kritis akan berpotensi menjadi seorang problem solver, cerdas, percaya diri. Bukankah ini kriteria yang sangat cocok untuk menjadi seorang yang sukses di masa depan?

Toh langkah yang perlu dilakukan sangatlah sederhana, biarkan mereka bermain sepuasnya supaya mereka dapat mengobservasi lebih banyak hal, alhasil mereka akan semakin banyak memiliki pertanyaan, dan atas pertanyaan yang mereka lontarkan, terkadang jawab saja dengan pertanyaan juga untuk memancing mereka menemukan jawabannya sendiri. Sederhana jawaban atas "kenapa manusia butuh makan?" dengan "kenapa tamiya milikmu memerlukan baterai?". Selain itu gan sist juga bisa membelikan mereka buku ensiklopedia untuk anak-anak. Simpel bukan? Yok terapin, ke keponakan, anaknya ibu kos, atau bahkan anak sendiri (bagi yang udah punya).

Sekian dulu thread ane kali ini, semoga dapat diterapkan dan bermanfaat bagi kita semua dan juga lingkungan kita (terutama anak kecil).

referensi : disini
gambar : Google
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 62 lainnya memberi reputasi
63
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Lakukan Ini Jika Ingin Anak Tumbuh Dewasa Dengan Pemikiran Kritis!
Lapor Hansip
03-07-2020 22:36
Balasan post nibrasulhaq
master apa ini? kwkwkwwkwkk masterchef bukan, masterpiece apalagi emoticon-Ngakak
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia