Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
214
Lapor Hansip
03-07-2020 20:17

Lakukan Ini Jika Ingin Anak Tumbuh Dewasa Dengan Pemikiran Kritis!

Lakukan Ini Jika Ingin Anak Tumbuh Dewasa Dengan Pemikiran Kritis!

Hallo Agan Sista, kali ini ane ingin membahas mengenai pentingnya menanamkan kebiasaan berpikir kritis (critical thinking) pada anak-anak sedari dini, supaya nanti kalau sudah besar tidak menjadi "Yes-Man" alias manut-manut wae. Terlebih di jaman dimana informasi sangat mudah untuk didapatkan dari sumber manapun. Baik informasi hoaxataupun informasi yang tepat. Berpikir kritis tentu membantu seseorang untuk memilah informasi yang sebenar-benarnya (tak gampang terbawa arus, maupun termakan berita hoax).


Lakukan Ini Jika Ingin Anak Tumbuh Dewasa Dengan Pemikiran Kritis!

Apa sih yang dimaksud berpikir kritis?adalah suatu proses berpikir yang mengandalkan nalar secara rasional, objektif, dan jelas tentang apa yang ingin dikerjakan dan apa yang ingin diketahui.

Secara sederhana menurut ane, orang berpemikiran kritis sangat mudah untuk dikenali. Mereka adalah orang-orang yang enggan melakukan sesuatu tanpa mereka pahami dengan betul, kenapa mereka harus melakukan aktivitas atau pekerjaan tersebut? Pemikir kritis cenderung bertanya "kenapa?" berulang kali, hingga mendapatkan "alasan" sebenarnya sesuatu terjadi atau dilakukan.

Lantas, bagaimana cara menanamkan critical thinkingterhadap anak kecil? Sangat mudah Gan Sist! 


Lakukan Ini Jika Ingin Anak Tumbuh Dewasa Dengan Pemikiran Kritis!

Sadar atau tidak, semua manusia pada dasarnya lahir dengan pemikiran yang kritis. Buktinya adalah rasa keingintahuan anak kecil terhadap segala sesuatu yang diamatinya yang ditunjukkan melalui pertanyaan-pertanyaan random atau bahkan absurd yang seringkali membuat kita--orang dewasa bahkan kewalahan untuk menjawabnya. 

"Om, bagaimana kita bisa tahu bahwa tuhan itu ada, bukan dibuat-buat?"

"Ibu, kenapa Andi punya adik sedangkan aku tidak?"

"Ayah, kenapa laki-laki dan perempuan memiliki alat kelamit yang berbeda kalo fungsinya sama-sama buat pipis?"

Pertanyaan-pertanyaan diatas merupakan pertanyaan-pertanyaan yang masih ane ingat sampai hari ini dan benar-benar pernah ane tanyakan ke orang-orang tersebut. Meski tak mendapatkan jawaban, melainkan bahan candaan. Bisa jadi karena orangtua sedang sibuk, tidak tahu, atau bahkan merasa tak perlu menjelaskan saat itu juga, toh nanti ada guru di sekolah yang akan menjawab pertanyaan si kecil.

Namun, tahukah agan sist? Bahwa menyepelekan sebuah pertanyaan anak kecil dengan menjawab sekenanya dapat berdampak akan dua hal. 

Yang pertama, sang anak enggan bertanya dikemudian hari.

Yang kedua, sang anak mendapatkan informasi yang salah. Bisa jadi setelah menerima informasi salah tersebut kemudian ia menjadi bahan bully-an di sekolah.

Seberapa sibukpun agan sist, jelaskan bahwa agan sist akan menjawabnya nanti untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan si kecil, bahkan jika agan sist tak memiliki jawabannya saat itu, cukup jawab dengan jujur bahwa agan sist belum tahu dan akan menemukan jawabannya kemudian. Dengan melakukan hal ini, agan sist telah mengajarkan sang anak untuk tidak malu bertanya, tidak malu tidak tahu sesuatu, melatih rasa pengertian, dan bersikap jujur.

Lakukan Ini Jika Ingin Anak Tumbuh Dewasa Dengan Pemikiran Kritis!


Seorang anak yang memiliki pemikiran kritis akan berpotensi menjadi seorang problem solver, cerdas, percaya diri. Bukankah ini kriteria yang sangat cocok untuk menjadi seorang yang sukses di masa depan?

Toh langkah yang perlu dilakukan sangatlah sederhana, biarkan mereka bermain sepuasnya supaya mereka dapat mengobservasi lebih banyak hal, alhasil mereka akan semakin banyak memiliki pertanyaan, dan atas pertanyaan yang mereka lontarkan, terkadang jawab saja dengan pertanyaan juga untuk memancing mereka menemukan jawabannya sendiri. Sederhana jawaban atas "kenapa manusia butuh makan?" dengan "kenapa tamiya milikmu memerlukan baterai?". Selain itu gan sist juga bisa membelikan mereka buku ensiklopedia untuk anak-anak. Simpel bukan? Yok terapin, ke keponakan, anaknya ibu kos, atau bahkan anak sendiri (bagi yang udah punya).

Sekian dulu thread ane kali ini, semoga dapat diterapkan dan bermanfaat bagi kita semua dan juga lingkungan kita (terutama anak kecil).

referensi : disini
gambar : Google
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 62 lainnya memberi reputasi
63
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Lakukan Ini Jika Ingin Anak Tumbuh Dewasa Dengan Pemikiran Kritis!
03-07-2020 21:43
akhirnya....ktemu lg sama tread nya mas agung..

Dulu seingat saya, waktu sy kcil...sy dicap sbagai anak yg nerocos trs...sy tanyakan apa saja.. Sampai slh satu bude saya sebal...ktika sy bertanya dia mlh mmberi sanggahan " bude g mau jwb pertanyaanmu, km tanya apapun tp kalau dikasih jawaban cm bilang "OW ....!emoticon-Cape d...


Baru2 ini, anak perempuan sy yg belum genap 5th dipukul adiknya...lalu dia menangis dan mengadu.."bunda..adek masukin lg aj ke perut bunda....huaaa..huaaa",. Ehm bunda, adek2 kecil itu masuk ke perut ibuk nya lewat mana sih?? .krik krik..krik krikk...sy blm bs kasih jawaban yg masuk akal itk nya sampai hr iniemoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
devarisma04 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
profile picture
KASKUS Plus
03-07-2020 21:46
iya nih gan, baru mau mulai nulis konsisten lg di kaskus hhe.

calon org2 cerdas itu anak gadisnyaa.

mungkin jawab aja jujur "yang udah keluar gk bisa lagi dimasukkin dek."

"menurut adek, telur ayam keluarnya darimana? bisa gk telur ayam kita masukkin ke ayamnya lagi?"

coba2 aja gan, tp kalo ane sih akan mengedepankan kejujuran dan berusaha untuk gk pernah capek ngeladenin mereka (anak kecil).
3
profile picture
kaskuser
03-07-2020 21:49
@agungdar2494 ow yeaaahh... mantab deh sarannya.. akan sy coba

mas Agung putra nya umur berapa?

anak saya ada 2, perempuan 4,5th dan laki 2,5th..salam kenal, dlu sy secret admirer nya mas Agung..hehehe
0
profile picture
KASKUS Plus
03-07-2020 21:52
@maknafftaf sy baru punya ponakan 4 orang.

umur 15, 11, 7, ama 1.5 hehehe

trus sering ngajar privat dan bimbel gratis pas jaman SMA s.d kuliah di panti asuhan, rumah2, dan kosan. (emg dasarnya hobi ama anak kecil sih).

kalo pengalaman sebagai orgtua kandung, blm pernah. doain biar cpet punya juga hihi.

kok bisa secret admirer?
1
profile picture
kaskuser
03-07-2020 21:58
wah sama gan, sy juga minat dg bidang anak2.. dl pas sekolah sy ambil pendidikan Luar Biasa..calon guru SLB...sy kerja di JKT 2th sbagai terapis akademik utk ABK, lalu saya pindah ke Denpasar slm 4th dan bkerja di bidang yg sama...tp 2th terakhir sy sudah resign dan balik kampung krn harus momong..hehe

sbnrnya sy udh suka bc kaskus dr th 2012 jd sillent reader aj dlu, krn akun kaskus sy bermasalah....

kl boleh tau mas agung pas kuliah di tanjung pinang kan? ambil jurusan apa?

doa selalu buat mas agung semoga segera pnya momongan..hehe
1
profile picture
KASKUS Plus
03-07-2020 22:01
@maknafftaf jurusan akuntansi mbak hhe.

skrg alhamdulillah udh kerja di perusahaan swasta (di jakarta) sesuai dgn jurusan.

awal di jkt 2016 s.d 2019 pertengahan masih sempat ngajar di panti2 tiap minggu. skrg udh semakin gk sempat. kangen sih.

aamiin, makasih mbak hhe.

salut ama mbak, sambil momong pun masih rajin membaca dan update informasi emoticon-2 Jempol

di kaskus mmg banyak emak2 keren hehehe..
1
profile picture
kaskuser
03-07-2020 22:06
@agungdar2494 eh..mas agung Jakarta nya dmn??? jd kangen nih sama jakarta..dl kantor sy di daerah ragunan sm di cipete...kl tinggalnya di cilandak...kl sy dlu kerja sosial g trll bnyk, krn terbatas waktu...dlu kami melakukan pelayanan terapi utk anak2 ABK di lereng ciseeng, Bogor pinggiran..

sukses selalu mas agung
0
profile picture
KASKUS Plus
03-07-2020 22:09
@maknafftaf aamiin terima kasih.

saya di grogol, Central Park. hihi.

di thread yg lama sy pernah bahas tntg ABK, sempat jg pernah ngelamar kerja disana (padahal jurusan akunting) tp ditolak wkwk karena si bpk yg punya yayasan blg "syg dek kalo kamu kerja disini, coba yg sesuai jurusan aja".

jd gk punya cerita pengalaman asli, kalo bicara tntg ABK.

ada kepuasan yg gk bisa dinilai dgn uang, tiap kali mengerjakan kegiatan sosial. rasanya hidup jd lbh berguna.

skrg saya udh jauh dri kegiatan2 kyk gitu, sedih kadang2. hehe jd curhat
1
profile picture
kaskuser
03-07-2020 22:12
@agungdar2494 wah..pasti main ke mall terus nih...hehe

iya saya smpat baca dl tread ABK yg itu...tp lom bs komen krn akun msh bermasalah..

iya mas, bner bgt....kl bisa,hidup cari makan buat perut jgn lupa cari mkn jg buat hati...hehe
1
profile picture
KASKUS Plus
03-07-2020 22:18
@maknafftaf "makanan buat hati" jg pernah sy tulis wkwkwk

iya kebetulan kantor emg di mall.. diapit 3 mall malah (neo soho, central park, ama taman anggrek).. awal kerja susah bgt buat gk tergiur untuk belanja... skrg alhamdulillah udh bisa lbh sabar wkwkwk
1
profile picture
kaskuser
03-07-2020 22:21
@agungdar2494 wahh hebat bgt bs sabarrr.... pdhl stressor kerj di jakarta amat ngeri...kdg2 blanja bs jd obat

hehe
1
profile picture
KASKUS Plus
03-07-2020 22:23
@maknafftaf sejak ada "target" jd bisa lebih "sabar" hehe
1
profile picture
kaskuser
03-07-2020 22:29
@agungdar2494 emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

Hebat mas
1
Memuat data ...
1 - 12 dari 12 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia