Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
214
Lapor Hansip
03-07-2020 20:17

Lakukan Ini Jika Ingin Anak Tumbuh Dewasa Dengan Pemikiran Kritis!

Lakukan Ini Jika Ingin Anak Tumbuh Dewasa Dengan Pemikiran Kritis!

Hallo Agan Sista, kali ini ane ingin membahas mengenai pentingnya menanamkan kebiasaan berpikir kritis (critical thinking) pada anak-anak sedari dini, supaya nanti kalau sudah besar tidak menjadi "Yes-Man" alias manut-manut wae. Terlebih di jaman dimana informasi sangat mudah untuk didapatkan dari sumber manapun. Baik informasi hoaxataupun informasi yang tepat. Berpikir kritis tentu membantu seseorang untuk memilah informasi yang sebenar-benarnya (tak gampang terbawa arus, maupun termakan berita hoax).


Lakukan Ini Jika Ingin Anak Tumbuh Dewasa Dengan Pemikiran Kritis!

Apa sih yang dimaksud berpikir kritis?adalah suatu proses berpikir yang mengandalkan nalar secara rasional, objektif, dan jelas tentang apa yang ingin dikerjakan dan apa yang ingin diketahui.

Secara sederhana menurut ane, orang berpemikiran kritis sangat mudah untuk dikenali. Mereka adalah orang-orang yang enggan melakukan sesuatu tanpa mereka pahami dengan betul, kenapa mereka harus melakukan aktivitas atau pekerjaan tersebut? Pemikir kritis cenderung bertanya "kenapa?" berulang kali, hingga mendapatkan "alasan" sebenarnya sesuatu terjadi atau dilakukan.

Lantas, bagaimana cara menanamkan critical thinkingterhadap anak kecil? Sangat mudah Gan Sist! 


Lakukan Ini Jika Ingin Anak Tumbuh Dewasa Dengan Pemikiran Kritis!

Sadar atau tidak, semua manusia pada dasarnya lahir dengan pemikiran yang kritis. Buktinya adalah rasa keingintahuan anak kecil terhadap segala sesuatu yang diamatinya yang ditunjukkan melalui pertanyaan-pertanyaan random atau bahkan absurd yang seringkali membuat kita--orang dewasa bahkan kewalahan untuk menjawabnya. 

"Om, bagaimana kita bisa tahu bahwa tuhan itu ada, bukan dibuat-buat?"

"Ibu, kenapa Andi punya adik sedangkan aku tidak?"

"Ayah, kenapa laki-laki dan perempuan memiliki alat kelamit yang berbeda kalo fungsinya sama-sama buat pipis?"

Pertanyaan-pertanyaan diatas merupakan pertanyaan-pertanyaan yang masih ane ingat sampai hari ini dan benar-benar pernah ane tanyakan ke orang-orang tersebut. Meski tak mendapatkan jawaban, melainkan bahan candaan. Bisa jadi karena orangtua sedang sibuk, tidak tahu, atau bahkan merasa tak perlu menjelaskan saat itu juga, toh nanti ada guru di sekolah yang akan menjawab pertanyaan si kecil.

Namun, tahukah agan sist? Bahwa menyepelekan sebuah pertanyaan anak kecil dengan menjawab sekenanya dapat berdampak akan dua hal. 

Yang pertama, sang anak enggan bertanya dikemudian hari.

Yang kedua, sang anak mendapatkan informasi yang salah. Bisa jadi setelah menerima informasi salah tersebut kemudian ia menjadi bahan bully-an di sekolah.

Seberapa sibukpun agan sist, jelaskan bahwa agan sist akan menjawabnya nanti untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan si kecil, bahkan jika agan sist tak memiliki jawabannya saat itu, cukup jawab dengan jujur bahwa agan sist belum tahu dan akan menemukan jawabannya kemudian. Dengan melakukan hal ini, agan sist telah mengajarkan sang anak untuk tidak malu bertanya, tidak malu tidak tahu sesuatu, melatih rasa pengertian, dan bersikap jujur.

Lakukan Ini Jika Ingin Anak Tumbuh Dewasa Dengan Pemikiran Kritis!


Seorang anak yang memiliki pemikiran kritis akan berpotensi menjadi seorang problem solver, cerdas, percaya diri. Bukankah ini kriteria yang sangat cocok untuk menjadi seorang yang sukses di masa depan?

Toh langkah yang perlu dilakukan sangatlah sederhana, biarkan mereka bermain sepuasnya supaya mereka dapat mengobservasi lebih banyak hal, alhasil mereka akan semakin banyak memiliki pertanyaan, dan atas pertanyaan yang mereka lontarkan, terkadang jawab saja dengan pertanyaan juga untuk memancing mereka menemukan jawabannya sendiri. Sederhana jawaban atas "kenapa manusia butuh makan?" dengan "kenapa tamiya milikmu memerlukan baterai?". Selain itu gan sist juga bisa membelikan mereka buku ensiklopedia untuk anak-anak. Simpel bukan? Yok terapin, ke keponakan, anaknya ibu kos, atau bahkan anak sendiri (bagi yang udah punya).

Sekian dulu thread ane kali ini, semoga dapat diterapkan dan bermanfaat bagi kita semua dan juga lingkungan kita (terutama anak kecil).

referensi : disini
gambar : Google
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 62 lainnya memberi reputasi
63
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Lakukan Ini Jika Ingin Anak Tumbuh Dewasa Dengan Pemikiran Kritis!
03-07-2020 21:33
ensiklopedia sihhh bikin penasaran bgt buat anak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TaraAnggara dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
profile picture
KASKUS Plus
03-07-2020 21:36
siap2 ditanya pertanyaan yg bahkan kita pun gk tau jawbannya wkwk
0
profile picture
kaskus geek
03-07-2020 21:40
@agungdar2494 itu dia wkwkwkwkw jd bingung jg ga sih jwbnya apa
1
profile picture
kaskus maniac
03-07-2020 21:42
@kudanil.la @agungdar2494

Jawab aja, "Bapak ga tau jg nak. Makanya bapak sekolahin kamu, biar kamu belajar yg pinter, biar jd lebih pinter dr bapak."
emoticon-Leh Uga
0
profile picture
KASKUS Plus
03-07-2020 21:42
@kudanil.la kalo ane sih, kalo gk tau ya jujur aja "belum tahu, oom googling bentar" kwwkwkwkk
0
profile picture
KASKUS Plus
03-07-2020 21:42
@lonelylontong @kudanil.la diplomatis bgt wkwkwk.. tp bisa juga, anaknya terharu trus makin semangat buat belajar
0
profile picture
kaskus geek
03-07-2020 21:44
@lonelylontong @agungdar2494 wkwkwkwk jawaban paling jujur dr ortu yakkk
1
profile picture
kaskus geek
03-07-2020 21:44
@agungdar2494 @lonelylontong tp bisa jg ga si nyari tau bareng si anak? jd anak jg ada motivasi gt nyari tau bedua bapak kan seru yeee
2
profile picture
kaskus maniac
03-07-2020 21:47
@agungdar2494 @kudanil.la yg susah tuh kadang kita ngerti jawabannya.

Tp buat nyederhanain jawaban-nya itu susah. Trs ngeselin banget pas serius mau jelasin, anaknya dah ga minat dengerin gara2 jawabannya bertele-tele.

Masalah terbesar ane di kesabaran kayaknya. Pengalaman di tempat kerja gitu sih, gampang emosi kl yg dijelasin susah ngertinya.

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Kemungkinan besar kl ditanya bakalan ane jawab, "Ntar gede kan ngerti, skrg kamu masih terlalu kecil."
2
profile picture
KASKUS Plus
03-07-2020 21:47
@kudanil.la @lonelylontong

sangat bisa.. itung2 Qtime dan bonding wkwkwk.. duh jd pengen praktek (nanti)
0
profile picture
KASKUS Plus
03-07-2020 21:50
@lonelylontong @kudanil.la memang jd orangtua yg baik itu juga perlu belajar ya Gan.

gak serta merta tiba2 jd Ayah yang paling baik, meski dgn segala teori yg berseliweran di google.

praktik dan usaha untuk memperbaiki diri, ane yakin kuncinya.

nah tntg penyederhanaan materi, bukankah itu juga tergantung dgn pemahaman yg penjawab ya gan?

semakin dia paham, semakin mudah dia menyederhanakan jawaban.

setuju gk?
1
profile picture
kaskus maniac
03-07-2020 21:53
@agungdar2494 @kudanil.la

Betul gan, semakin paham, biasanya semakin bisa menyederhanakan. Dan setuju jg, ga ada salahnya jg nyari jawabannya bareng2.
1
profile picture
kaskus geek
04-07-2020 11:46
@lonelylontong @agungdar2494 asikkk bgt ane dpt insight dr para bapak bapak ini wkwkkkw. semangat terus bapak bapak hebattt semoga bisa terus belajar jd bapak yg baik buat anak anakkkk
1
profile picture
kaskus geek
04-07-2020 11:47
@lonelylontong @agungdar2494 intinya mahh wajar aja kalo ortu gatau dan nyari tau bareng2 tu gaada salahnya yaaa,
2
profile picture
KASKUS Plus
04-07-2020 11:48
@lonelylontong @kudanil.la iya malah makin asik dong, quality time sambel nge-googling bareng anak. hihihi
2
Memuat data ...
1 - 14 dari 14 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia