News
Batal
KATEGORI
link has been copied
391
Lapor Hansip
02-07-2020 14:35

Musisi Cover Monetisasi Lagu di YouTube, Ariel NOAH: Enggak Bisa Gitu, Ada Aturannya

Musisi Cover Monetisasi Lagu di YouTube, Ariel NOAH: Enggak Bisa Gitu, Ada Aturannya

JAKARTA, KOMPAS.com – Musisi Anji dan Ariel NOAH turut memberikan pendapat terkait maraknya musisi cover di YouTube yang memonetisasi video covernya.

Menjadi sebuah permasalah ketika musisi cover yang beranggapan jika sudah diberi izin oleh pencipta lagu, pendapatan dalam video cover-nya hanya ingin dimiliki sendiri.

“Ya harus itu (izin), itu kan namanya hak cipta, ada yang beranggapan bahwa asal minta izin orangnya bilang boleh, berarti keuntungan semua buat dia, enggak bisa gitu, ada aturannya,” tutur Ariel dalam kanal YouTube dunia MANJI dikutip Kompas.com, Kamis (2/7/2020).

“Bukan begitu sebenarnya, boleh ya boleh, silakan, tapi nanti ada pembagian untungannya, entah itu 100 persen kalau 100 kamu enggak mau, ya sudah,” sahut Anji.

Ariel memberikan perumpamaan jika seseorang membeli kaset atau mengunduh lagu secara legal.

Orang tersebut memang berhak mendapatkan haknya.

Tetapi, hak mendengarkan lagu tersebut hanya sebatas untuk diri sendiri, bukan untuk disebarkan ke orang banyak, seperti halnya di YouTube.

“Jadi pada saat kita beli CD atau kaset, download lagu secara legal itu haknya cuma buat pribadi, jadi beli kaset gitu gue punya hak mendengarkan buat diri sendiri,” tutur Ariel.

Sebab itu, ada yang namanya hak cipta, yaitu hak eksklusif bagi pencipta lagu untuk memberikan izin memperbanyak ciptaanya.

“Pada saat kita memperdengarkan ke orang ke orang banyak, itu sudah bukan haknya, kita enggak berhak mendengarkan ke orang banyak apalagi di YouTube, itu memang harus ada izinnya,” ujar Ariel melanjutkan.

Ariel pun memberi saran pada musisi cover saat ini.

Mereka harus juga izin kepada publisher, sebagai pemegang hak cipta sebuah lagu.

“Memang harusnya ngomong dulu dan ngomongnya jangan ke penciptanya ya karena jaman sekarang itu pencipta sudah punya publisher sebagai perwakilannya,” ujar Ariel.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan 56 lainnya memberi reputasi
57
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Musisi Cover Monetisasi Lagu di YouTube, Ariel NOAH: Enggak Bisa Gitu, Ada Aturannya
02-07-2020 14:42
Youtube jg banyak yg nge-take down cover2 lagu yg dimonetisasi (asal label/publishernya rajin lapor).

Alip Ba Ta sama Sungha Jung aja yg cover juga pernah kena take down Youtube videonya yg di monetisasi, padahal covernya pakai gitar bukan bernyanyi pakai vokalis.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ndakmalaikat dan 23 lainnya memberi reputasi
24 0
24
profile picture
kaskus addict
02-07-2020 15:00
Ya lagu itu kan kalau di sampul CD barat tulisannya song writer dan word writer/lirik.. pencipta lagu itu pencipta notasi nada dan cord progresi,juga ada word writer nya... walaupun itu cuma cover notasi dan progesi chord atau instrumental itu termasuk memakai lagu pencipta nya,harus ijin label produksi rekaman nya juga pencipta nya, kalau label nya sdh bubar tak perlu ijin,kalau pencipta nya sdh meninggal ijin ke ahli warisnya...kalau sungha Jung cover lagu Canon in D itu tak ijin tak apa2 itu lagu sdh ber abad lalu dan tidak di rekam label..

15
profile picture
kaskus addict
02-07-2020 15:42
@Nibrashilmy2 ane pikir itu udah diurusin ama yutubnya.
Trus kalau yg punya hak cipta gak terima, ya tinggal minta takedown..
Yg musisi2 barat ada yg koar2 soal ginian kagak sih?
Kok ane taunya yg ribut ginian musisi lokal aje..
1
profile picture
kaskus addict
02-07-2020 16:13
@biglingz Seperti nya belum pernah dengar musisi barat ribut begini..kan itu di barat juga banyak cover suatu lagu,ada reaction dll..tak lihat di YouTube nya itu di deskripsi ada tulisan oleh YouTube di lisensi kan ke label ini itu,berarti sdh ijin dan share royalty,tapi ada juga yang tidak ada tulisan di lisensi kan berarti juga ilegal..iya benar jarang dengar ada komplain..ini coba di Googling..
2
profile picture
kaskus addict
02-07-2020 16:18
@biglingz yang ini orang Indonesia cover guitar Metallica di deskripsi sdh ada ijin lisensi dari label ke YouTube https://youtu.be/ing0onZfpig
2
profile picture
aktivis kaskus
02-07-2020 16:23
@Nibrashilmy2 kalo ga salah, peraturan internasional kapan lagu itu bisa bebas lisensi, 50 tahun setelah kematian si penulis lagu ya? Atau 100 tahun? Lupa gw~
7
profile picture
kaskus maniac
02-07-2020 16:25
izin cover musik indo lebi ribet daripada lagu luar...
mndinh cover lagu luar aja
-2
profile picture
kaskus addict
02-07-2020 16:28
@Nibrashilmy2 nah iya.. Ane mikirnya udah di urus ama yutub masalah royalti2 itu..
Dan kalau misal gak terima, bisa di take down..
Biasanya jepun yg paling demen takedown2..
3
profile picture
kaskus addict
02-07-2020 16:38
cover lagu keplok juga kena perduitan juga walaupun yang ngover orang yg terlibat ama keplok juga, dan bodo amat mau antum presiden juga. nih salah contohnye
1
profile picture
kaskus addict
02-07-2020 16:59
@autumnfairy kalau di Amerika itu setelah 70 tahun rilis itu jadi punya publik tak perlu lisensi..ini dari Googling..

Ono tidak mungkin melihat ini sebagai rezeki nomplok di masa depan karena sebelum ini pun ia diketahui sudah menjadi pewaris harta Lennon.

Tapi perubahan itu bisa memiliki efek praktis karena di bawah hukum AS, lagu-lagu masuk ke ranah publik, yang berarti penulis tidak lagi menerima royalti, 70 tahun setelah publikasi, dengan tambahan Ono berpotensi memperpanjang periode tersebut.
1
profile picture
kaskus maniac
02-07-2020 17:11
Kesukaan ane j-fla tapi doi ngecover lagu barat aja
5
profile picture
aktivis kaskus
03-07-2020 08:00
@biglingz @Nibrashilmy2 disana juga sama, malah lebih gencar
1
profile picture
kaskuser
03-07-2020 08:51
@Nibrashilmy2 @biglingz mugkin label2 lokal masih blm kuat buat ngaduin ke youtube terkecuali kalau label international, tinggal lapor juga bakal kena takedown, mungkin youtuber lokal juga masih diluar dari pantauan label2 international jadi cover lagu mereka diduitin juga masih aman2 aja selama masih blm ada yang mantau, kalau udah nyampe ke sini juga udah pada ditakedown videonya.

itu kan hak cipta, masih mending kalau untuk didengarkan banyak orang, tapi lagu orang trus diduitin apalagi kalau ternyata yang di dapet dari yang nge covernya lebih gede dari musisi aslinya bisa gawat.

ngomong2 hak cipta, intelektual sama kreatifitas masa punya orang dijual juga kan lucu, youtuber2 aja vidoenya dicolong sama orang udah ngedumel2 sampe bikin drama tapi mereka sendiri ga jauh beda
1
profile picture
kaskus maniac
03-07-2020 09:58
@Nibrashilmy2 @biglingz ada kok penyanyi barat kena kasus gini .pernah diungkap si anji .sampe harus bayar milyaran malah bwt ganti rugi.diluat negri lebih sadis .
2
profile picture
kaskus maniac
03-07-2020 11:52
Hotel California nya si alip ya yah yg kena take down, btw minta ijin ke publisher nya gmn caranya gan ?
1
profile picture
kaskus addict
03-07-2020 11:54
@Gentayaumal banyak gan ga cuma hotel california si alip mah sudah ada 3-4 lagu. tapi beberapa ada yg akhirnya dilepas, asal tidak dimonetisasi.
0
profile picture
kaskus maniac
03-07-2020 11:54
@Gentayaumal bikin bisnis minta izin kayaknya cuan bener. Jadi kalau ada yutuber mo minta izin. bisnis itu yg ngurusin nego ke pencipta lagunya
0
profile picture
kaskus addict
05-07-2020 11:41
@biglingz @jaxuar

Setel Lagu The Beatles Tak Bayar Royalti, Bar di Aussie Didenda Rp2 M

MELBOURNE, iNews.id - Pemilik dua bar di Melbourne diperintahkan membayar sekitar 200 ribu dolar Australia atau lebih dari Rp2 miliar karena memainkan lagu-lagu pop tanpa izin yang benar.

Setiap bisnis di seluruh dunia mulai dari cafe, klub, ataupun gym harus membayar royalti atas semua lagu yang mereka mainkan di tempat tersebut.

Inilah cara agar para seniman mendapat penghasilan tambahan, walau dalam kernyataannya hal ini susah untuk dicek apakah semua membayar atau tidak.

Dalam keputusan yang dikeluarkan Pengadilan Federal Australia pada September, Hakim Julia Baird mengatakan, Becker sebagai pemilik bar tidak menghormati hak para musisi, dan sudah berulang kali mengabaikan permintaan dari PP...

Memang kalau di luar negeri itu hak intelektual,hak cipta, sangat di hargai..membuat kesadaran pada masyarakat,memainkan karya orang tanpa ijin itu sama dengan mencuri..kasihan juga musisi 2 Indonesia di masa tua nya banyak yang miskin, sementara karya lagunya masih di putar,di mainkan di acara komersial..
0
profile picture
kaskuser
09-07-2020 10:13
@Gentayaumal kirim pesan langsung (privat) ke akun YT nya
0
profile picture
kaskus geek
07-08-2020 08:18
@Gentayaumal
kalau ga salah lagu Hotel California termasuk yg pelit urusan cover. kalau ketahuan langsung di-take down. pernah denger dr salah satu yutuber bule. kyknya mereka maunya denger 1 versi aja.

tp ntah itu khusus lagu itu aja atau keseluruhan lagu band eagles.
1
Memuat data ...
1 - 19 dari 19 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia