News
Batal
KATEGORI
link has been copied
391
Lapor Hansip
02-07-2020 14:35

Musisi Cover Monetisasi Lagu di YouTube, Ariel NOAH: Enggak Bisa Gitu, Ada Aturannya

Musisi Cover Monetisasi Lagu di YouTube, Ariel NOAH: Enggak Bisa Gitu, Ada Aturannya

JAKARTA, KOMPAS.com – Musisi Anji dan Ariel NOAH turut memberikan pendapat terkait maraknya musisi cover di YouTube yang memonetisasi video covernya.

Menjadi sebuah permasalah ketika musisi cover yang beranggapan jika sudah diberi izin oleh pencipta lagu, pendapatan dalam video cover-nya hanya ingin dimiliki sendiri.

“Ya harus itu (izin), itu kan namanya hak cipta, ada yang beranggapan bahwa asal minta izin orangnya bilang boleh, berarti keuntungan semua buat dia, enggak bisa gitu, ada aturannya,” tutur Ariel dalam kanal YouTube dunia MANJI dikutip Kompas.com, Kamis (2/7/2020).

“Bukan begitu sebenarnya, boleh ya boleh, silakan, tapi nanti ada pembagian untungannya, entah itu 100 persen kalau 100 kamu enggak mau, ya sudah,” sahut Anji.

Ariel memberikan perumpamaan jika seseorang membeli kaset atau mengunduh lagu secara legal.

Orang tersebut memang berhak mendapatkan haknya.

Tetapi, hak mendengarkan lagu tersebut hanya sebatas untuk diri sendiri, bukan untuk disebarkan ke orang banyak, seperti halnya di YouTube.

“Jadi pada saat kita beli CD atau kaset, download lagu secara legal itu haknya cuma buat pribadi, jadi beli kaset gitu gue punya hak mendengarkan buat diri sendiri,” tutur Ariel.

Sebab itu, ada yang namanya hak cipta, yaitu hak eksklusif bagi pencipta lagu untuk memberikan izin memperbanyak ciptaanya.

“Pada saat kita memperdengarkan ke orang ke orang banyak, itu sudah bukan haknya, kita enggak berhak mendengarkan ke orang banyak apalagi di YouTube, itu memang harus ada izinnya,” ujar Ariel melanjutkan.

Ariel pun memberi saran pada musisi cover saat ini.

Mereka harus juga izin kepada publisher, sebagai pemegang hak cipta sebuah lagu.

“Memang harusnya ngomong dulu dan ngomongnya jangan ke penciptanya ya karena jaman sekarang itu pencipta sudah punya publisher sebagai perwakilannya,” ujar Ariel.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan 56 lainnya memberi reputasi
57
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Musisi Cover Monetisasi Lagu di YouTube, Ariel NOAH: Enggak Bisa Gitu, Ada Aturannya
02-07-2020 14:39
Nyari duit, mgkn kantongnya mulai tipis..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Howitzer. dan 26 lainnya memberi reputasi
7 20
-13
profile picture
kaskus addict
02-07-2020 16:01
yg ngecover dpt duit terus yg nyiptain lagu ga dpt duit? Ga begitu cara kerjanya gan. Ide lebih mahal gan harganya
20
profile picture
kaskuser
03-07-2020 07:56
setuju, lu bayangin bikin resep kue baru, nah ada temen lu yg numpang liat resepnya, izin buat nyoba bikin kue, tiba2 dia launching toko kue baru buat nyari keuntungan. sakit ga tuh? "resep baru, ide original".
5
profile picture
kaskus addict
03-07-2020 09:43
kan yg ciptain gak larang apalagi dimonetisasi. hanya ada "keadilan" lah. u dpt brp krn udah usaha nge cover..tapi gwe yg ciptain juga dpt dunk. gitu. itu penerapan sila "keadilan sosial bagi rakyat indonesia"
0
profile picture
03-07-2020 09:51
ini ariel gan bukan musisi abal2
2
profile picture
kaskus addict
03-07-2020 10:24
bukan masalah duit juga ang,bikin lagu itu susah eh tiba2 ada orang laen yang nikmatin
0
profile picture
kaskus addict
03-07-2020 11:19
@monosiklik ane jadi inget casenya ayam geprek gan
0
profile picture
newbie
03-07-2020 23:35
@thecure1603 terus kenapa kalo musisi abal2 gak berhak dapet hak cipta? gak berhak ngmmg bener? kok kesanya Ariel dewa bgt
-1
profile picture
kaskuser
06-07-2020 15:26
@dhofir21 @thecure1603, lu baca post diatas.
Bukan mendewakan ariel, tpi menanggapi post sebelumnya yg nganggap seolah ini cuman masalah recehan
0
profile picture
newbie
14-07-2020 05:16
@adilaziali @thecure1603 ane paham. Yg ane garis bawahi itu kata2nya aja. Kesanya kok dewa bgt si ariel
0
Memuat data ...
1 - 9 dari 9 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia