Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
33
Lapor Hansip
01-07-2020 11:25

Review Novel | AFTER MARRIAGE | Suliana Eki Lara

GIF

Pagi, GanSist. Salam sehat selalu. Kali ini ane mau mereview sebuah novel yang baru selesai ane baca semalam.


Judul : After Marriage
Karya : Suliana Eki Lara
Penerbit : Wadah Baca Masyarakat Sanggar Caraka
Jumlah Halaman : 257
ISBN : 978-623-92548-0-3
Harga :
Genre : Romance

Review Novel | AFTER MARRIAGE | Suliana Eki Lara
Keterangan foto : dokumen pribadi

Review novel ini murni pendapat pribadi, sebagai bentuk apresiasi karya. Semoga bisa menjadi penyemangat bagi si penulis untuk membuat karya lebih baik lagi. Terlebih sebagai pemicu semangat bagi saya sendiri, untuk terus berkarya dan bermanfaat bagi orang lain.


Review ini juga bisa dijadikan rujukan buat para sahabat pecinta buku, terlebih novel. Silakan baca review ini sebelum kalian membeli novelnya. Semoga bermanfaat.

Review Novel | AFTER MARRIAGE | Suliana Eki Lara
Keterangan foto : dokumen pribadi

Pertama saya ingin membahas cover. Buku ini mengusung tema pernikahan. Desain cover cukup simple, gambar bunga-bunga yang minimalis dengan tulisan judul yang mencolok.

"After Marriage adalah sekelumit kisah yang terjadi antara Mika Nakamura dengan Shota Kazehaya. Mereka miliki alasan yang berbeda ketika menyetujui pernikahan yang diajukan oleh orang tua masing-masing."

Di bagian sampul belakang, ada sedikit ulasan tentang isi dalam novel. Ini bisa menjadi nilai lebih, karena menjadi daya tarik calon pembeli.

Judul. AFTER MARRIAGE. Judul sudah pas, dengan apa yang ingin disampaikan penulis. Menggambarkan tentang kisah percintaan dalam pernikahan yang dilatari perjodohan.

Lalu, tulisan yang disematkan di bagian atas. Karena menikah bukan hanya bicara cinta. Saya tidak tahu apakah itu sebuah sub judul. Akan tetapi, jika disesuaikan dengan isi cerita, maka itu menjadi sub judul yang pas.

Selanjutnya, ketebalan kertas. Kwalitas bagus tidak mudah sobek.

Tentang penulis. Jujur saya belum begitu kenal sama beliau. Ketemu di WAG antologi yang saat ini kami garap bersama. Beliau Sepertinya jarang aktif di komentar, atau justru saya yang kurang perhatian. Apa pun itu, saya salut sama beliau yang sudah berbagi tentang sebuah novel yang luar biasa ini. Anyway ini adalah give away dari beliau. Jazakallah khair, MbakSay.

Review Novel | AFTER MARRIAGE | Suliana Eki Lara
Keterangan foto : dokumen pribadi

Review Novel | AFTER MARRIAGE | Suliana Eki Lara
Keterangan foto : dokumen pribadi

Kaidah kepenulisan
Ada kata yang harusnya diawali huruf besar, yakni kata Anda. Menurut KBBI, Anda adalah sapaan kepada seseorang yang diajak bicara secara langsung. Penulisan kata Anda baik di awal, di tengah, maupun di akhir tetap diawali dengan huruf kapital. Contohnya pada halaman 19, 165, dan 166.

Kedua, saya memerhatikan dalam penyebutan tokoh utama wanitanya. Dari awal hingga akhir, penulis menyebut kata 'gadis' pada tokoh utama tersebut, padahal si tokoh sudah menikah. Menurut KBBI, gadis berarti perempuan yang belum menikah.
Saran saya, untuk keperluan cetak berikutnya, sebaiknya penulis memperbaiki sapaan tersebut, dari kata gadis menjadi 'wanita.'

Lalu, saya menemukan masih ada beberapa elipsis di akhir dialog dengan tiga titik. Menurut PUEBI bahwa elipsis yang terletak di akhir harus terdiri dari empat titik, di mana titik ke empat sebagai penanda akhir dialog. Sama seperti penanda akhir kalimat.

Misalnya pada halaman 214.

“Bukan begitu. Hanya saja ...“

Jika seperti itu, harusnya jumlah titik adalah empat. Bukan hanya tiga. Kecuali jika elipsis berada di tengah, maka sudah tepat menggunakan tiga titik.

Karakter. Setiap karakter sudah tergambar jelas. Saya bisa merasakan kisah fiksi yang terkesan nyata.

Logika cerita. Sudah bagus.

Konflik. Penulis sudah baik dalam meramu konflik.

Page turner. Saya membaca 3 bab saat jam makan siang. Di awal, saya seolah-olah dibawa kembali pada cerita drama Korea Vagabond. Kemudian, di sela-sela menyelesaikan naskah saya sendiri, ada semacam godaan untuk melanjutkan bab berikutnya, karena sangat menikmati ceritanya.

Favorit. Saya paling suka pada penokohan Toru. Sahabat tokoh utama itu yang menjaganya secara diam-diam.
Hal yang paling saya suka dari Toru adalah, saat pria itu melepaskan Mika untuk bahagia dengan Shota, pria pilihan orang tuanya.
Setelah ini, saya harap ada kelanjutan dari kisah Toru tersebut.

Kelebihan. After Marriage adalah novel karya perdana penulis. Sungguh ini adalah pencapaian sangat luar biasa, langsung best seller. Penulis berhasil membawa pembaca serasa berlibur ke negeri sakura, walaupun dalam angan-angan. Novel ini kaya kosa kata bahasa Jepang, jadi bagi penyuka cerita berlatar negara samurai tersebut, saya sangat menyarankan untuk membeli novel ini.

Kekurangan. Pada ending, jujur saya kurang menikmati. Karena saya sangat mengharapkan ada sesuatu yang lebih. Seperti saat masa-masa kehamilan Mika misalnya, atau saat pertumbuhan putri mereka.

Kesimpulan. Ada pesan moral yang saya rasa tidak terkesan menggurui. Novel ini cocok & rekomendasi banget untuk pecinta romance.

Saran.
Untuk penulis. Karena saya menemukan kata tidak baku, seperti kata 'nafas', maka sebaiknya untuk novel berikutnya hindari pemakaian kata tidak baku.
Untuk pembaca. Sangat menyarankan untuk memiliki novel ini, untuk kamu yang sudah berkeluarga maupun sedang mempersiapkan sebuah pernikahan, tetapi yang singel juga boleh, harus malah.

Rating : 8,5 dari 10.

Review ini tentu masih banyak kekurangan. Kerena tidak ada karya yang benar-benar sempurna kecuali kitab suci, begitu pula manusia. Untuk itu saya mohon maaf apabila ada kesalahan dan atas kesempatan yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Sragen, 01 Juli 2020


Sekian, GanSist. Semoga bermanfaat.

emoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss

Review Novel | AFTER MARRIAGE | Suliana Eki Lara
Diubah oleh Susilowatijihan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zukii.vixii dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Review Novel | AFTER MARRIAGE | Suliana Eki Lara
01-07-2020 13:09
buku yg keren, jd pingin bukunya
profile-picture
profile-picture
Susilowatijihan dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
profile picture
kaskuser
01-07-2020 16:24
sangat sangat keren, Kak
kita seakan-akan dibawa ke Jepang oleh penulisnya
0
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia