Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
141
Lapor Hansip
16-06-2020 23:53

Mengenang Kiprah Dongfeng, Bus Buatan China Yang Dipakai Sumber Kencono Pada Masanya

Bagi kalian yang tinggal di wilayah Jatim-Jateng-Jogja, pasti sudah tidak asing dengan nama Sumber Kencono bukan ?. Bus ini menjadi yang paling diingat dijalur Surabaya-Jogja, bus ini juga dikenal sebagai pelari dijalurnya. Julukan kencang sekaligus ugal-ugalan melekat pada Sumber, bus yang bermarkas di Krian (Sidoarjo) menjadi primadona dijalurnya.


Meski ada Eka Mira yang mencoba bersaing dijalurnya, nama Sumber Kencono tetap yang paling dikenal. Bus yang kini berubah nama menjadi Sugeng Rahayu dan Sumber Selamat, dulu pernah disegani dengan kecepatannya. Dibenci karena ugal-ugalan, tapi juga selalu dinanti karena memang masih dibutuhkan. Itulah Sumber Kencono.


Tahukah gan sist, spesifikasi mesin bus yang digunakan Sumber Kencono pada masanya yang dikenal kencang ini ?. Tahun 2008 sampai 2011 menjadi masa kejayaan serta masa suram Sumber Kencono. Kali ini akan ane ulas mesin legendaris yang dikenal ngacir dijalur Surabaya-Jogja pada masanya, langsung kita mulai saja pembahasannya.




Dongfeng


Bagi agan sista yang pernah diantar merantau atau kuliah dengan Sumber Kencono, ternyata bus yang kalian naiki dulu menggunakan merek bus asal Negeri Tirai Bambu (China). Nama bus tersebut adalah Dongfeng EQ6120KSD, chasis dan mesin bus ini memakai front engine (mesin depan). Produk buatan Dongfeng ini mempunyai panjang 12 meter. Produk bus bermesin depan ini mulai dikenalkan pada tahun 2008, melalui PT Indo Dongfeng Motor.


Produk Dongfeng sendiri tergolong baru kala itu disegmen big bus, tercatat hanya Sumber Kencono yang memakai produk ini gan sist. Tahun 2008 Sumber Group mengambil banyak sekali produk mesin dari Dongfeng, dan digunakan untuk bus kelas ekonomi dijalur Surabaya-Jogja dan Surabaya-Semarang via Madiun. Entah kenapa Sumber membeli banyak produk Dongfeng pada masanya, mungkin masalah harga menjadi alasannya ya. CMIIW


Mengenang Kiprah Dongfeng, Bus Buatan China Yang Dipakai Sumber Kencono Pada Masanya

Sumber


Selain mengenalkna produk chasis big bus dengan nama Dongfeng EQ6120KSD, mereka juga mengenalkan chasis medium bus dengan nama Dongfeng EQ6841KR. Namun chasis big busnya lebih laris daripada chasis medium busnya. Dan Sumber Kencono menjadi pemilik terbanyak Dongfeng kala itu.


Quote:
Spesifikasi Mesin


Dapur pacu dari Dongfeng EQ6120KSD yang dipakai Sumber Kencono, menggunakan mesin diesel Yuchai dengan kode YC6G270-20. Dengan 6 silinder inline , berkapasitas 7800 cc, sudah dilengkapi dengan turbocharger keluaran honeywheel + intercooler. Tenaga maksimal yang mampu dihasilkan oleh mesin Yuchai ini adalah 270 tenaga kuda, dilengkapi kopling manual 6 percepatan, dan juga sudah power steering pada masanya. Mesin Dongfeng ini mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar dari bus milik Hino saat ini, tenaganya sendiri berselisih sekitar 55 PS (tenaga kuda). Tenaganya lebih besar dibanding Hino AK215 yang dipakai Sugeng Rahayu dan Mira, serta kebanyakan bus ekonomi saat ini di Jawa Timur.


Istimewanya lagi dari mesin ini adalah torsi raksasanya, torsi ( gaya dorong yang diproduksi mesin) mencapai 1080 nm di 1500 rpm. Yang mengejutkan lagi torsi Dongfeng jauh lebih besar, dibanding Hino RK 260 (bus tipe baru milik Hino) yang hanya menghasilkan bertorsi 750 nm. Torsi besar itu membuat Dongfeng mempunyai performa ganas di jalanan, baik urusan tarikan maupun kecepatannya. Tak heran jika Sumber Kencono mulai tenar dijalurnya, dengan menggunakan produk Dongfeng ini.



Mengenang Kiprah Dongfeng, Bus Buatan China Yang Dipakai Sumber Kencono Pada Masanya


Lampu kotak dan wiper gantung jadi ciri khas kala itu.

Sumber



Untuk urusan kecepatan, produk bus ini adalah andalan dimasanya. Dari eksteriornya Dongfeng dikenali dengan 10 baut yang dipasang pada rodanya, selain itu bus ini identik dengan wiper gantung dan lampu kotaknya. Untuk mesinnya sendiri ukurannya memang tergolong besar, untuk bus front engine. Bahkan lebih besar dari milik Hino AK215 yang sama-sama bermesin depan. Mesin milik Dongfeng juga biasa disebut sebagai peti mati berjalan, karena ukurannya yang besar.


Ciri lainnya dari produk Dongfeng ini adalah ditempatkannya kursi tunggal untuk penumpang pada baris paling depan, karena memang ukuran mesinnya yang besar. Membuat pihak karoseri Laksana mengurangi jumlah bangku dibaris depan, bisa dilihat pada foto dibawah nanti. Suara mesinnya juga lebih keras dibanding mesin dari merk lain, apalagi ketika knalpotnya sudah dimodifikasi, suaranya makin gahar gan sist. Dari jauh pasti sudah kedengaran kalau Si Dongfeng ini akan lewat


Mengenang Kiprah Dongfeng, Bus Buatan China Yang Dipakai Sumber Kencono Pada Masanya

Mesin Dongfeng yang ane maksud, lihat ada kotak besar disamping sopir. Dibawahnya tertanam mesin bus ini.

Sumber






Mesin Ganas Yang Mematikan


Mesin yang dimiliki Dongfeng ini memang cukup ganas, karena mampu dipacu mencapai kecepatan maksimal 140 km/jam menurut penuturan sopir kala itu. Sebuah rekor untuk bus bermesin depan, tak heran banyak yang dibuat deg-degan dan dibuat merasakan naik roller coaster saat naik Sumber Kencono. Kecepatannya memang lumayan kencang pada masanya gan sist, tapi mesin kencang ini mempunyai satu kelemahan. Kelemahan itu terletak pada remnya, kita tahu rem sangat diperlukan saat berkaselerasi dikecepatan tinggi.


Namun nyatanya rem milik Dongfeng ini kurang menggigit, alias tidak pakem gan sist. Tentu ini menjadi kelemahan yang besar dan merugikan, kita tahu sendiri bus Jawa Timuran sering dipacu dengam kecepatan tinggi. Kelemahan ini makin terlihat saat musim hujan, dimana bus sering mengalami selip.


Mengenang Kiprah Dongfeng, Bus Buatan China Yang Dipakai Sumber Kencono Pada Masanya


Mengenang Kiprah Dongfeng, Bus Buatan China Yang Dipakai Sumber Kencono Pada Masanya


Mesin dan rangka body milik Dongfeng.

Sumber Foto



Padahal pihak Dongfeng sendiri sudah mengaplikasikan sistem rem full air brake, selain itu mereka juga menggunakan ukuran teromol yang lebih besar dibanding milik Hino. Nmaun nyatanya hal itu belum cukup untuk membuat remnya pakem. Pihak mekanik Sumber sebenarnya sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasi masalah ini, mulai dari penambahan retarder, serta penggantian tromol rem versi pabrik.


Mereka juga sempat menambah karung pasir di bagian bagasi bus agar rem lebih menggigit, namun semua itu belum cukup untuk mengatasi masalah rem milik Dongfeng. Masalah lain dari Dongfeng adalah chasis (rangka) yang terlalu kaku dan juga pernya terlalu keras, dimana hal ini turut berpengaruh pada kenyamanan penumpang. Dua hal itu juga berpengaruh besar pada daya cengkeraman ban ke aspal, apalagi ketika bus dalam keadaan menikung.


Mengenang Kiprah Dongfeng, Bus Buatan China Yang Dipakai Sumber Kencono Pada Masanya

Interior Dongfeng gan sist


Sumber





Tragedi Ngawi Membara


Ada yang masih ingat rentetan kejadian laka Sumber Kencono ditahun 2010 ?, penyebab dari kejadian itu salah satunya adalah kurang pakemnya rem yang dimiliki Dongfeng. Apalagi bus dipacu dalam kecepatan tinggi, ditahun itu banyak bus milik Sumber yang mengalami kecelakaan, terhitung sebulan sekali bus ini mengalami kecelakaan. Bahkan pada dekade 2011, kecelakaan yang terjadi terkadang hanya berselang satu minggu dari kejadian kecelakaan sebelumnya, membuat masyarakat mulai menjulukinya sebagai Sumber Bencono (Bencana).


Puncak tak terkendalinya rem milik Dongfeng terjadi tahun 2010, saat bus Sumber Kencono dengan nopol W 7113 UY hendak menuju Yogyakarta. Bus tersebut menabrak 2 pengendara motor didaerah Geneng, Ngawi, Jawa Timur. Dalam peristiwa kala itu, satu korban tewas di TKP dan satu orang kritis, warga yang emosi pun merusak bahkan membakar bus tersebut gan sist. Satu orang kritis itu pun pada akhirnya meninggal dunia juga, dalam kasus ini dua korban tersebut adalah perempuan.


Anarkisme massa juga dilampiaskan pada busSumber Kencono dengan nopol W 7108 UR, yang kebetulan melintas disana. Ngawi menjadi kota yang tidak ramah bagi Sumber Kencono pada masanya, karena kebanyakan kecelakaan melibatkan bus ini di Kota Ngawi, padahal kota ini sebenarnya memiliki slogan ramah. Setelah rentetan kecelakaan ini, bus ini mulai mengganti namanya menjadi Sumber Selamat dan Sugeng Rahayu pada tahun 2011.


Mengenang Kiprah Dongfeng, Bus Buatan China Yang Dipakai Sumber Kencono Pada Masanya

Tragedi Ngawi Membara.

Sumber



Semenjak peristiwa itu, pihak Sumber Kencono mulai menjual seluruh armada busnya yang bermerek Dongfeng. Mereka kembali menggunakan Hino AK215 (bus mesin depan juga) dan bertahan sampai sekarang, untuk kelas patasanya saat ini memakai Hino RK8 (bus bermesin belakang). Dan mereka dikenal sebagai PO yang setia dengan produk Hino sampai saat ini.


Sebagian besar bus Dongfeng milik Sumber Kencono dijual kepada Po Parahyangan dari Jawa Barat, dan dioperasikan hingga kini sebagai bus antar jemput karyawan, sebagian lagi jatuh ke tangan Po Ladju (trayek Surabaya-Jember). Ada juga beberapa PO lokal di Jawa Tengah bagian selatan yang memakai bus bekas Sumber Kencono untuk armada bus ekonomi non AC, beberapa diantaranya mengisi trayek Magelang-Wonosobo seingat TS. CMIIW


Mengenang Kiprah Dongfeng, Bus Buatan China Yang Dipakai Sumber Kencono Pada Masanya

Ex Dongfeng Dipakai PO Pahrayangan

Sumber Foto



Mengenang Kiprah Dongfeng, Bus Buatan China Yang Dipakai Sumber Kencono Pada Masanya
Ex Dongfeng Sumber Kencono dipakai PO Ladju.

Sumber



Itu tadi sekilas ulasan bus Dongfeng yang pernah viral dan dikenang para masyarakat dan penumpang setianya, mulai dari kenangan meyenangkan sampai kenangan yang kurang menyenangkan. Tapi kini mereka mulai berevolusi menjadi PO yang lebih baik dalam soal kenyamanan dan keamanan. Sumber Group tetap dijadikan favorit para masyarakat hingga kini, dengan jangkauan trayek terjauhnya sampai ke Bandung. Dibenci tapi juga selalu dinanti, itulah Sumber Group.





Referensi: sini dan sini sini juga
Ilustrasi: google image
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekyhard29 dan 55 lainnya memberi reputasi
56
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Mengenang Kiprah Dongfeng, Bus Buatan China Yang Dipakai Sumber Kencono Pada Masanya
20-06-2020 11:36
Quote:Original Posted By andora11
bismania 👏


cuma sebatas penglaju gan emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By misteryap
Hoo.. pernah pake yg buatan cina ya ternyata hmmmm baru tau


pada masa jayanya pernah gan emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By navicchan
Tragedi ngawi membara hahahaha,jan jane ngawi kui ramah,tapi yo ngepasi sering crash e yo nang ngawi,jalur tengkorak ngawi solo,


arek ngawi iki koyone emoticon-Big Grin


jalur tengkorak: mantingan, lepas ponpes masuk hutan, daerah geneng-maospati




Quote:Original Posted By ojo.kondor
memang ganas mesin si dongfeng. next ulas golden dragon bre. produk sesama negeri tirai bambu


wahh lama gak muncul om, sungkem dulu sama sepuhnya forum otomotif emoticon-Nyepi

ane udah ada wacana bahas itu om, ditunggu saja emoticon-Toast



Quote:Original Posted By minhakim20
oalah ini toh merk bus yg udah makan banyak korban.. pantesan dr pabrikan china ternyata.. ane sendiri dulu sering naik ini bus skitar taun 2008-2009 dr solo ke surabaya.. dan gegara ini bus, waktu itu yg ane masih bocah jd takut naik bus.. tiap naik bus mesti mual mulu.. asem emang nih bus wkwk


wkwkwk goncangannya agak bernahaya buat anak kecil gan.

sering ane naik sumber, banyak amak kecil yang mual2 emoticon-Hammer2
profile-picture
ojo.kondor memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskuser
24-06-2020 01:53
Njeh Leres Arek Ngawi Ramah,Nek leeat dalan e dewe kudu ngalah kro mas Sugeng,
Lueh ngerune jalur Alas Banjarjo pas letter S niku emoticon-Ngakak
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia