News
Batal
KATEGORI
link has been copied
370
Lapor Hansip
19-06-2020 13:44

Bak Sultan, Pengusaha Asal Kalimantan Diisukan Beli Pulau Malamber Rp 2 Miliar

Bak Sultan, Pengusaha Asal Kalimantan Diisukan Beli Pulau Malamber Rp 2 Miliar


Seorang pengusaha asal Kalimantan diisukan baru saja membeli Pulau Malamber yang terletak di Kecamatan Bala-Balakang, Sulawesi Barat (Sulbar) dengan harga Rp 2 miliar.

Camat Balak-balakang Juara lewat keterangan yang Presisi kutip melalui Detik.com membenarkan hal tersebut. Ia menyebut, penjualan pulau tersebut dilakukan tanpa sepengetahuannya.

“Ada, Malamber, tidak tahu ukurannya. Harganya Rp 2 miliar, DPnya 200 juta sudah diambil oleh warga di Sumere, namanya Rajab,” ungkap Juara, Jumat (19/6/2020)

Juara yang mengaku heran tak menduga penjualan tak berpenghuni itu baru ia ketahui baru-baru ini. Dia menduga, selain Pulau Malamber, ada lagi pulau lain yang turut dijual oleh oknum yang saat ini masih ditelusuri oleh pihak kepolisian.

“yang dijual ini bukan permeter, tapi pulaunya langsung, dan dua pulau, kenapa langsung ada dua sertifikat,” ungkapnya.

Sejak isu penjualan pulau di daerahnya tersebar, Juara menyebut pihaknya telah mengambil Surat Pernyataan Penguasaan Fisik Bidang Tanah (Sporadik) pulau yang terjual. Termasuk Malamber kecil yang dipersiapkan sebagai lokasi penangakaran kayu .

Kasat Reskrim Polresta Mamuju AKP Syamsuriansyah mengatakan pihaknya telah memanggil sejumlah pihak yang diduga terlibat masalah ini. Diantaranya, kepala dusun dan kepala desa setempat.

“Kami juga sudah mengirim undangan klarifikasi kepada Pemerintah Kabupaten Mamuju, yang diutus Kabag Hukumnya datang ke sini untuk memberi keterangan,” kata Syamsuriansyah, Jumat (19/6/2020).

Mulanya, Pulau Malamber ini dikabarkan dijual oleh salah seorang pria warga Sumare, Kecamatan Simboro kepada pengusaha asal Kalimantan.

Bahkan, dari sumber yang berbeda yakni Liputan6.com menyebut bahwa proses jual beli Pulau Malamber yang berada di gugusan Kepulauan Bala-Balakang ini diduga melibatkan salah seorang kepala daerah asal Kaltim.

“Camat yang telah dimintai keterangan membenarkan kejadian pembelian pulau itu memang ada, dan DP-nya disebutkan sebesar Rp 200 juta, cuma kita sampai sekarang ini untuk meng-clear-kan permasalahan ini, apakah memang ini pembelian pulau, karena ada juga yang mengatakan ini bukan pembelian pulau tapi sebidang tanah, tapi kita harus lihat kesepakatan Rp 2 miliar dan telah dibayarkan sebesar 200 juta, apakah memang cocok untuk pembelian sebidang tanah di Pulau Malamber itu, nanti kita lihat seperti apa," paparnya.

Hingga saat ini kepolisian Polresta Mamuju diakui Syamsuriansyah masih mempelajari beberapa literature perundang-undangan untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut guna mengungkap ada atau tidaknya unsur pidana dalam proses jual beli ini.


SUMUR:
https://presisi.co/read/2020/06/19/1...er-rp-2-miliar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anon009 dan 35 lainnya memberi reputasi
32
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Bak Sultan, Pengusaha Asal Kalimantan Diisukan Beli Pulau Malamber Rp 2 Miliar
19-06-2020 14:25
gw nyicil rumah standard 20x20 aja 5M lebih. Ada pulau 2M mau dunk....dimana lagi yang dijual?
profile-picture
profile-picture
juman dan entop memberi reputasi
2 0
2
profile picture
kaskus holic
19-06-2020 17:42
tkp mana gan sampe 5M segonoh? apa tempatnya dekat jalan pantura kah? emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
0
profile picture
kaskus addict
20-06-2020 01:47
mahal amat gan 20x20 ampe 5m. 🤔
0
profile picture
kaskus holic
21-06-2020 08:05
@yp9nn di kelapa Gading rumah 6x20 saja pasaran 3.5m gan. Jadi
Di daerah perumahan Senayan Residence saja 1m2 udah 100jt
20x20 5m sudah lumrah kalau daerah Jakarta. Cuma mesti liat daerahnya.
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia