News
Batal
KATEGORI
link has been copied
175
Lapor Hansip
18-06-2020 13:33

Selain 'Hanya Ada 3 Polisi Jujur', Ini 15 Quote Gus Dur Paling Bikin Senyum

Selain 'Hanya Ada 3 Polisi Jujur', Ini 15 Quote Gus Dur Paling Bikin Senyum

Suara.com - Baru-baru ini salah seorang warga di Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara diperiksa oleh aparat kepolisian hanya karena mengutip lelucon yang pernah dilontarkan oleh mantan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Lelucon tersebut menyinggung seorang tokoh bernama Hoegeng yang dikenal karena kredibilitasnya semasa menjabat sebagai polisi.

"Hanya ada tiga polisi jujur di Indonesia: patung polisi, polisi tidur, dan Hoegeng," demikian kutipan Gus Dur yang terkenal.

Kutipan ini kerap dipakai oleh masyarakat untuk menyindir kinerja kepolisian. Namun, naas, warga Kepulauan Sula yang bernama Ismail Ahmad justru digelandang ke kepolisian karena mengutip perkataan Gus Dur tersebut.

Selain soal polisi Hoegeng, Gus Dur juga kerap melontarkan berbagai pernyataan menarik yang sering dijadikan kutipan oleh masyarakat. Berikut adalah daftar 15 kutipan menarik dari Gus Dur yang dihimpun oleh Suara.com dari berbagai sumber:

1. Tidak penting apapun agama atau sukumu, kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang, orang tidak pernah tanya agamamu.

2. Sabar itu gak ada batasnya, kalau ada batasnya berarti gak sabar.

3. Memuliakan manusia berarti memuliakan penciptanya, merendahkan dan menistakan manusia berarti merendahkan dan menistakan penciptanya.

4. Guru spiritual saya adalah realitas. Dan guru realitas saya adalah spiritualitas.

5. Al-Qur'an sudah menetapkan agama yang benar di sisi Allah adalah Islam. Namun tidak berarti negara tidak boleh memberikan perlakuan yang sama kepada semua agama.

6. Apakah yang akan dikenakan nabi Muhammad, "Seandainya beliau hidup di masa kini? Tetap berjubah sajakah, seperti orang arab dari pedalaman semenanjung bergurun luas itu, ataukah mengenakan pakaian "lebih universal", seperti celana, dasi, dan jas?

7. Tujuh puluh persen wilayah Indonesia adalah air asin, karena itu mengapa kita mengimpor garam? Okelah kalau bodoh, tapi mengapa sengaja bodoh?

8. Indonesia bukan negara agama tapi negara beragama. Ada enam agama yang diakui di Indonesia, jadi akui agama yang lain.

9. Agama jangan jauh dari kemanusiaan.

10. Kalau Anda tidak ingin dibatasi, janganlah Anda membatasi. Kita sendirilah yang harusnya tahu batas kita masing – masing.

11. Negara ini paling kaya di dunia, tetapi sekarang jadi paling melarat, karena koruptor tidak ditindak.

12. Islam datang bukan untuk mengubah budaya leluhur kita jadi budaya arab, bukan untuk "aku" jadi "ana" bukan "sampean" jadi "antum", "sedulur" jadi "akhi". Pertahankan apa yang jadi milik kita, kita harus serap ajarannya bukan budaya Arabnya.

13. Kita butuh Islam yang ramah bukan Islam yang Marah.

14. Islam itu tidak perlu dikerek jadi bendera.

15. Gitu aja kok repot.


https://www.suara.com/news/2020/06/1...g-bikin-senyum

Banyak kata2 bijak beliau yg harusnya jadi tamparan keras bagi pemerintah dan kaum kadal gurun.
Buat apa impor garam kalo negara sendiri di kelilingi laut.
Agama Islam tidak pernah menyarankan umatnya tuk menjadi orang arab,mengapa kita harus kearab2an.
Manknya orang arab bener semua kelakuaannya.
Bisa jadi orang Indonesia lebih baik kelakuaannya di banding orang arab.
Setiap rezim pasti bilang anti koruptor tapi mengapa tidak ada satupun koruptor yang di hukum berat.
Menghina dan merendahkan derajat orang lain atau agama orang lain bukanlah ajaran islam.
Karena yang suka menghina dan membangkang perintah Tuhan hanyalah golongan Iblis dan syaitan.emoticon-Ngakak
Diubah oleh gabener.edan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 71 lainnya memberi reputasi
72
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Selain 'Hanya Ada 3 Polisi Jujur', Ini 15 Quote Gus Dur Paling Bikin Senyum
18-06-2020 14:35
Kalau gak karena dpr2 keparat dan mega yg sudah memakzulkan beliau, ane yakin negara indo bakal maju mulai saat pemerintahan gusdur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
profile picture
kaskus addict
18-06-2020 20:09
Indo belun siap utk maju pada saat itu
0
profile picture
kaskus addict
18-06-2020 20:13
liburan full di bulan puasa..
0
profile picture
kaskuser
18-06-2020 21:44
Gus Dur terlalu jenius buat indonesia.....
4
profile picture
kaskus addict
18-06-2020 21:53
Jgn lupa juga pak amien yg 'berjasa' menurunkan beliau
4
profile picture
kaskuser
18-06-2020 21:55
fu*k Amin Rais
4
profile picture
kaskus maniac
19-06-2020 03:45
@ijomentol mantrp gan....
2
profile picture
kaskus geek
19-06-2020 05:53
Bisa jadi.
paling tidak ada pondasi dasar stlah reformasi era itu salah satunya pentingnya toleransi, kgk bkl lahir itu PKShit.
1
Memuat data ...
1 - 7 dari 7 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia