News
Batal
KATEGORI
link has been copied
207
Lapor Hansip
11-06-2020 17:34

Fadli Zon Pamer Cum Laude SMA di Texas, Sekolahnya Disebut Kualitas Bawah

SuaraJogja.id - Selain presenter kondang Najwa Shihab hingga Menkopolhukan Mahfud MD, mantan wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon juga turut memeriahkan nostaliga semasa wisuda. Tapi siapa sangka netizen memberikan fakta mengejutkan terkait muasal sekolah tempat politisi Gerindra itu diwisuda.

Lewat akun Twitternya, Fadli Zon beberapa waktu lalu mengunggah foto kenangan saat wisuda. Berbeda dengan yang lain, ia mengunggah foto wisuda seusai lulus dari sebuah SMA di Texas, Amerika Serikat.

"Mengenang wisuda SMA Harlandale High School, San Antonio, Texas, Amerika Serikat class of 1990 (30 thn lalu). Lulus dengan Summa Cum Laude (GPA 4.0), National Honor Society. Nilai tertinggi Calculus Honors," tulis keterangan yang menyertai fotonya tersebut.

Fadli zon kenang masa-masa wisuda SMA (Twitter).
Fadli zon kenang masa-masa wisuda SMA (Twitter).
Tapi tak sedikit dari para netizen yang justru nyinyir melihat foto dan keterangan yang disampaikan Fadli Zon tersebut. Bahkan salah satu netizen menunjukkan fakta mengejutkan perihal reputasi sekolah yang membuat Fadli Zon lulus dengan predikan Summa Cum Laude tersebut.

"Lulusan SMA dari harlandale High School San Antonio Texas kasihan almamaternya dan nama sekolahnya jadi tercemar gara-gara orang ini," kata @WikeYanto.


"Ternyata lulus dengan nilai baik di SMA tidak menjamin jadi berguna untuk bangsa..kerjanya nyinyir mulu...memang kalau nyinyir bisa menyelesaikan masalah ya..kasihan hasil baiknya tidak berguna hanya untuk pamer doang..tidak ada gunanya pintar kalau tidak berguna," kata @Benyamin1965.

"@Lady_Zeebo @fadlizon Under average rated school," tulis @shtobing disertai bukti tangkapan layar terkait rating sekolah tersebut yang dianggap kurang bagus di Amerika.

"Haduh jangan gitulah baru juga mau sombong dah dijatuhin lagi. Gak kasihan apa kalian," kata @Malaikat_Gagal.

"kalau di Indonesia Harlandale High School setara dengan SMA KAPIN (Kapan Pinter di seberang Kalimalang. Satu kelas muridnya hanya 2 orang wkwkwkwk," tulis @Nebukadnezar.

"Standard SMA Harlandale masih di bawah rata-rata di antara semua SMA di Texas..IP 4.0 dari mana? Paling juga lu di sana jadi korban bully," kata @AnomanRadikal.


"Overall score 2020...56.59 / 100. Data ranking terlampir. Entah berapa angka-angka tersebut 30 tahun lalu. Tapi congrats Zon..harusnya lebih membumi dong karena bersekolah yang 99 perse pelajarnya dari minority/ethnic group. Pasti paling rajin dulu saat yang lain gaul dan party time," tukas @positive_values.

https://www.google.com/amp/s/jogja.s...kualitas-bawah

Keren cumlaude, tjuy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 40 lainnya memberi reputasi
41
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Fadli Zon Pamer Cum Laude SMA di Texas, Sekolahnya Disebut Kualitas Bawah
11-06-2020 19:00
RIWAYAT PENDIDIKAN FADLI ZON

# Lahir di Jakarta 1 Juni 1971

# SD Negeri Cibeureum 3, Bogor >> Tamat SD tahun 1984 usia 13 thn

asumsi aja masuk TK usia 4 thn, masuk SD usia 6 thn maka harusnya dia lulus SD usia 12 thn, berarti waktu SD dia gak naek kelas 1 thn 

# SMP Negeri Cisarua 1, Bogor >> Tamat SMP tahun 1989

Nah ini lebih bego lagi.. tamat SD thn 1984, tamat SMP tahun 1989, artinya dia 5 tahun di bangku SMP hammer

Setamat SMP tahun 1989, Fadli masuk SMA Negeri 31 Jakarta. Di masa remaja ini, ia aktif mengikuti banyak lomba karya ilmiah. Bahkan, sudah mampu menulis opini di media massa. Saat duduk di kelas 2 SMA, Fadli sudah mulai menulis di media nasional dan menjadi wartawan.

Di sisi lain, prestasi akademiknya di sekolah tetap mentereng. Ia tetaplah siswa berprestasi di mana pun menuntut ilmu. Karena prestasinya itu, Fadli mendapat beasiswa dari American Field Service (AFS) lewat program pertukaran pelajar. Kelas 3 SMA ia tamatkan di Harlandale High School, San Antonio, Texas, AS tahun 1990.

Pertukaran pelajar ini diperuntukkan bagi siswa-siswa berprestasi melalui proses seleksi yang ketat. Selama bersekolah di Amerika, Fadli aktif mengikuti berbagai ekstrakurikuler, baik koran sekolah, klub film, klub drama, klub sains, hingga klub bahasa asing. Fadli termasuk lulusan terbaik dengan predikat summa cumlaude.

Ada yang aneh disini.. perhatikan yang ane bold diatas.. lulus SMP tahun 1989, sempat masuk ke SMA 31, sekolah selama dua tahun di SMA 31 (1989-1991) tapi lulus high school (SMA) tahun 1990.. hmmmmm, apa mungkin dia beli ijazah SMA disana?

# Jurusan Sastra Rusia, Fakultas Sastra Universitas Indonesia (UI)

Tidak dijelaskan apakah selepas SMA di Amrik dia lanjut kuliah apa nggak di university disana.. tapi logika ane sih kalo memang dia siswa berprestasi di high school maka pastinya dia akan memilih lanjut kuliah di amrik aja, tapi nyatanya ia lebih memilih selepas high school balik lagi ke jakarta dan lanjut kuliah di UI.. anggaplah selama kuliah di UI dia benar2 berpestasi, jadi kuliah S1 di UI dia selesaikan hanya dalam 3 tahun... (1991 - 1994) lanjut dibawah....

Setelah menyelesaikan studi sarjananya, dia langsung mengambil Master of Science (M.Sc) Development Studies di The London School of Economics and Political Science (LSE) Inggris.

Semasa kuliahnya, ia pernah menjadi Presiden Indonesian Student Association for International Studies (ISAFIS), sebuah lembaga studi mahasiswa pengkaji masalah internasional. Dengan segudang prestasi di kampusnya, ia selalu dipercaya memimpin delegasi mahasiswa dan pemuda Indonesia ke berbagai pertemuan di Korea, Filipina, Taiwan, Jepang, Malaysia, dan Amerika Serikat.

Setelah menyelesaikan studi sastra, Mahasiswa Teladan III tingkat nasional itu, tetap berkiprah di almamaternya sebagai pembicara pada berbagai forum kajian ilmiah dan kemudian menjadi Direktur Eksekutif Center for Policy & Development Studies (CPDS) tahun 1995-1997.

# Program Master, Development Studies, London School of Economics and Political Science (LSE), London, Inggris

Master di UK dia tempuh hanya dalam setahun??
Ada yang lihat keanehan gak disini??
Bagaimana mungkin dia selesaikan S1 dan S2 hanya dalam jangka waktu 4 tahun?? (1991 - 1995) hammer

Secara keseluruhan dari analisa ane diatas ane menyimpulkan banyak ketidak jelasan dalam riwayat pendidikan ybs, banyak yang tidak sinkron, silahkan dipikirkan sendiri secara logika..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
profile picture
kaskus maniac
11-06-2020 19:48
Yg Ane tau, teman 2 Ane yg ikutan pertukaran pelajar di luar negeri, paling banter cuma setahun setelah itu balik ke Indonesia, kembali nerusin sekolah di tempat yang sama.
Jadi kalo siswa lain SMA selesai 3 tahun, yg ikutan pertukaran pelajar selesain sekolah 4 tahun(yg setahun di luar negeri nggak bisa gantiin pelajaran yang ditinggal di sekolah awal)
5
profile picture
kaskus maniac
12-06-2020 02:31
Anak Fak Sastra lulus paling cepet 4 taon om. kebanyakan krn aktivis atau santai yak 5 taon, nyang 4 taon Itu jugak musti ngoyo alias rajin n anti gaul. emoticon-Big Grin
3
profile picture
kaskus geek
12-06-2020 07:34
apa jaman dulu dah ada double degree?
0
profile picture
kaskus addict
12-06-2020 15:15
gw bukan nya belain fadli zon ya.. Tp memang ada program pertukaran pelajar utk ank SMA tp stau gw kl ikut program itu, ktika lo balik ke indo, lo harus ngulang 1 tahun lg. Gw punya temen ikut program pertukaran pelajar ke amerika pas lulus kelas 2, lalu ke amrik dengan durasi 1 tahun. Ketika pulang ke indo, dia lanjut lagi kelas 3. Jadi kalo di total2 dia menghabiskan masa sma nya ya 4 tahun.

Lalu utk master degree di UK memang kl di UK durasi nya hanya 1 tahun, ga sprti di belanda, amerika, jerman, dll. Knp gw tau? karena gw juga prnh ambil master disana dan memang durasi hanya 1 tahun. Wong Phd disana aja program nya hanya 3 taun sedangkan di negara lain nya hingga 4 tahun.
3
profile picture
kaskuser
12-06-2020 16:57
@pedaw setau ane juga gitu sih klo pertukaran pelajar program itu mah.

oiya dan program master di UK pun terbilang singkat klo dibandingkan dgn university di negara lain

emoticon-Jempol
1
profile picture
kaskus addict
12-06-2020 17:52
Di luar negeri Eropa Amerika itu sebutan nya bukan S1,S2,S3... bachelor,master,terus PhD/doktoral... graduate master 1 tahun bisa..check saja itu di kampus nya London school of economic..kalau benar mahasiswa situ pasti ada catatan alumninya di web univ nya..itu univ bergengsi..
0
profile picture
kaskus addict
12-06-2020 17:55
@pedaw benar..master itu satu tahun bisa..yang agak lama itu malah bachelor..di atas mungkin tidak paham graduate pendidikan di luar negeri...kalau yang belajar di SMA Amerika itu progam pertukaran pelajar AFS,yang nunjuk high school nya juga pemerintah Amerika..
0
profile picture
kaskus addict
12-06-2020 19:13
@pedaw
bahkan master yang ane ambil, cuman 10 bulan gan....tapi harus nulis dengan tulisan yang publishable...dan ini yang biasanya g gampang
0
Memuat data ...
1 - 8 dari 8 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia