News
Batal
KATEGORI
link has been copied
60
Lapor Hansip
06-06-2020 14:25

Apa yang Terjadi Pada Otak Kita Saat Membaca

Apa yang Terjadi Pada Otak Kita Saat Membaca


Hai teman-teman, apakah kalian tahu aktivitas yang dapat membuat otak kita bekerja? Yap membaca, membaca dapat membuat kita berpikir.

Hal ini memberikan kita kebebasan untuk menjelajahi ruang waktu, sejarah, dan memberi pandangan yang jauh lebih luas dalam ide, konsep, emosi, dan kumpulan pengetahuan.

Membaca itu seperti berpikir, seperti berdo'a, seperti bicara dengan dengan seorang teman, seperti mengekpresikan ide-ide apa yang ada dikepala kita, seperti mendengarkan musik, seperti melihat pemandangan.

Dengan membca akan mengubah, membuat koneksi baru, dan pola yang berbeda, tergantung pada jenis bahan bacaan yang anda baca.


1. Membaca Mempertinggi Konektivtas Otak

Apa yang Terjadi Pada Otak Kita Saat Membaca


Ketika kita membaca, otak kita sedang mengkodekan sarangakaian simbol abstrak dan mensistesis hasilnya menjadi ide-ide yang kompleks.

Kita membaca otak kita seperti kolaborasi orkestras simfoni secara real-time. Bagian otak kita saling bekerja sama seperti bagian-bangian instrumen musik, untuk memaksimalkan kemampuan kita dalam memecahkan teks yang tertulis didepan kita.

Ketika membaca, semua fungsi otak terlibat, seperti proses visual, mendengar, kesadaran fonemik, kelancaran, pemahaman, dan masih banyak lagi.

Oh iya, dengan memcara setiap hari dapat memperlambat penurunan kognitif di hari tua, dan aktivitas ini jauh membuat otak kita lebih sehat.

2. Ini Dapat Meningkatkan Dalam Penalaran

Apa yang Terjadi Pada Otak Kita Saat Membaca


Dalam sebuah penelitian mmenunjukkan, kalau membaca tidak hanya membantu kecerdasan menjadi lancar, tetapi juga meningkatkan pemahaman dalam berbagai hal, dan meningkatkan kecerdasan emosionsal.

Apa kalian tahu kalau darah akan mengalir ke berbagai area saraf, tergantung bagaimana cara kalian membacanya.

3. Membaca membuat Kita Cerdas Secara Emosional

Apa yang Terjadi Pada Otak Kita Saat Membaca

Proses memainkan fungsi sosial yang sangat penting.

Saat membaca fiksi, kita secara mental membayangkan peristiwa, situasi, karakter, dan detail yang dijelaskan oleh penulis.

Dengan membaca fiksi, meningkatkan kemampuan kita untuk memahami dan mendeteksi emosi orang lain untuk menavigasi hubungan sosial yang sangat kompleks.

4. Meningkstkan Konsentrasi

Apa yang Terjadi Pada Otak Kita Saat Membaca


Membaca tidak hanya meningkatkan kognitif otak kita, tetapi juga minigkatkan perhatian, fokus, dan kosentras.

Jika kalian kesulitan untuk fokus, meningkatkan perhatian kita.

Ketika kita membaca buku, semua perhatian kita akan terfokus pada cerita atau mendapat pemahaman jauh lebih baik tentang topik tertentu. Seluruh dunia akan terasa lenyap dan kamu akan membenamkan pikiranmu dalam setiap detail cerita yang kamu serap.

Semakin banyak kita membaca, maka otak kita akan semakin banyak menghubungan sebab-akibat.

Source:
www.bustle.co


Diubah oleh trikunprayoga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ariebetadine dan 39 lainnya memberi reputasi
40
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Apa yang Terjadi Pada Otak Kita Saat Membaca
06-06-2020 21:25
kalo dengan visual dan pendengaran.. gmana
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan riezazura memberi reputasi
2 0
2
profile picture
newbie
07-06-2020 13:31


Sebenarnya sama saja.
Kita awali dengan visual, dari mata lalu disalurkan kedalam otak kemudian diproses yang nanti akan diterjemahkan oleh otak misalnya tulisan ataupun gambar yang mata lihat.

Lalu, pendengaran dimulai dari telinga menangkap gelombang suara yang kemudian gelombang suara tersebut diterjemahkan oleh otak, misalnya kita tahu judul lagu hanya mendengar lagunya, atau ketika orang memanggil namamu. Otak menerjemahkan lalu dilanjutkan dengan reaksimu ketika seseorang memanggilmu, menoleh ke arah sumber suara.

-Visual dan Pendengaran dalam Proses Belajar-

Keadaan otak kita saat belajar anggep aja melalui video, saat ini metode belajar dengan audio visual jauh lebih menyenangkan. Melalui animasi dan pembawaan yang sangat ringan.

Quote:Belajar melalui membaca dengan belajar melalui video menurut saya pribadi itu sama. Tergantung apa yang ditonton.


Misalnya nonton Channel Kok Bisa?
Yang membahas tentang ruang angkasa, keadaan otak sama seperti membaca buku. Melihat, mengamati, dan menganalisa.

Atau nonton film dokumenter tentang hubungan manusia. Kemudian hasil yang kamu lihat kamu pelajari, yang akhirnya memunculkan sikap kecerdasan emosional mu terhadap lingkungan sekitar.

Saya pribadi akui sih, metode belajar dengan audio visual lebih menyenangkan karena ketika kita berada dalam keadaan happy secara emosional. Penyaluran oksigen ke otak lebih banyak.

Semakin banyak oksigen ke otak maka semakin sehat dan semakin bagus dia dalam menyerap semua informasi. Makanya kita lebih condong ingat hal yang membuat kita senang secara emosional seperti mendengarkan lagu atau nonton film.

aku tarik garis bawahi, terlalu panjang kayanya
3
profile picture
kaskus maniac
07-06-2020 21:25
ok thanks gan
0
Memuat data ...
1 - 2 dari 2 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia