News
Batal
KATEGORI
link has been copied
242
Lapor Hansip
06-06-2020 16:49

Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?

'Kelak 50 tahun lagi negeri ini akan punya masalah besar,' kata Soekarno. 
ketika ia dipaksa memasukkan agama dalam kurikulum pendidikan. Sejarah ini diceritakan seseorang yang sangat mengerti awal mula bagaimana pelajaran agama masuk kurikulum di sekolah negeri. Masuknya pelajaran agama pada waktu itu untuk melawan paham komunis yang berkembang semakin besar.

Apa yang dikhawatirkan Soekarno, Presiden pertama Indonesia terbukti. Pada masa sekarang, sekolah-sekolah lebih banyak berbicara agama daripada melahirkan para ilmuwan hebat. Bahkan banyak di sekolah negeri, sudah memaksakan identitas agama sebagai penanda keimanan seseorang.

Singapura sudah mengetahui masalah ini sejak lama.
Tahun 1984, waktu itu sekolah di Singapura memasukkan pelajaran agama di sekolah. Lima tahun kemudian, PM Lee Kuan Yew mencabut kebijakan itu. Ketika ditanya kenapa ia melakukan itu, Lee Kuan Yew menjawab, "Agama merupakan suatu hal yang sebaiknya dibiarkan berada dalam kawasan pribadi."

Meski melarang pelajaran agama di sekolah, nilai-nilai agama seperti budi pekerti, adab dan akhlak dimasukkan dalam pelajaran.
Guru-guru agama pun disertifikasi dan didaftar di lembaga pendidikan guru agama. Mereka terus dites supaya memenuhi kriteria oleh MUI nya Singapura. Kalau gagal, mereka tidak boleh mengajarkan agama di mana pun juga di Singapura.

Dan sekarang, kita melihat Singapura adalah negara hebat yang fokus pada ekonomi.

Malaysia juga sudah mulai khawatir dengan situasi "mabuk agama" di negaranya. Mahathir Mohammad, PM Malaysia, mengumumkan akan mengurangi secara bertahap silabus agama di sekolah negeri.
Lalu, bagaimana Indonesia?

Membahas masalah penghapusan mata pelajaran agama di Indonesia ini bisa jadi sangat sensitif. Bisa habis dituding kafir, anti Islam, PKI dan segala macam tuduhan negatif tanpa mau melihat gambaran besarnya. Dan belum ada satu pun pemimpin yang berani membahas masalah ini secara terbuka apalagi mengambil kebijakan.
Padahal mereka tahu akar masalahnya di mana dan bagaimana cara mengatasinya dengan belajar pada negara tetangga. Tapi untuk melangkah ke arah sana, berat sangat. Takut ini, takut itu dan rasa takut itu semakin besar sehingga kebijakan yang diambil selama ini tidak menyentuh akar masalah.

Seorang tokoh intelijen, AM Hendropriyono, dalam sebuah diskusi mengatakan bahwa permasalahan pendidikan kita selama ini bahwa kebijakannya tidak terpusat. Kebijakan di pusat, belum tentu dipatuhi daerah. Celah inilah yang dimasuki kelompok radikalis sehingga mereka bisa berkembang cepat dan membesar tanpa kita mampu mencegahnya.
Situasi ini sama seperti ketika kita tahu bahwa tubuh kita terkena kanker, tapi takut mengobatinya. Akhirnya kanker itu berkembang dan kelak akan memakan seluruh tubuh kita.
Beranikah kita bertindak seperti Malaysia, atau malah seekstrem Singapura?
https://www.tagar.id/pelajaran-agama...lukah-dihapus

emoticon-Matabelo 






profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 24 lainnya memberi reputasi
23
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 17:37
Agama itu pomdasi, saya pikir tidak patut pelajaran Agama dihapus dengab alasan apapun juga....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nohopemiracle dan 6 lainnya memberi reputasi
1 6
-5
profile picture
kaskus addict
06-06-2020 19:42
Benar agama itu pondasi
Pondasi buat isis, al qaeda, fpi, dan radikalis lainnya
Radikalisme ga boleh dihapus dengan alasan apapun juga ya bray? emoticon-Leh Uga
2
profile picture
aktivis kaskus
06-06-2020 20:49
apa hubungannya ISIS dan Al Qaedah dengan Agama....?

Agama tidak hanya radikalisme, ada Kristiani, ada Hindu, Budha, Konghucu. Jika tidak ada agama, manusia kesulitan menentukan batasan kebaikan, sebab hanya di agama (manapun) diajarkan moral.

jika hanya bersandarkan pada Etika (tatanan budaya), maka standar kebaikan antar umat di dunia berbeda....
0
profile picture
kaskus maniac
06-06-2020 20:56
@riendzy92 ga susah bray,, kita punya pikiran untuk menentukan bener salah
2
profile picture
aktivis kaskus
06-06-2020 21:07
@berylucu jika menentukan benar/ salah itu gampang, maka para ilmuwan tidak akan mendebatkan permasalahan Kloning gan
0
profile picture
kaskus maniac
06-06-2020 21:08
@riendzy92
jika menentukan benar salah dari agama maka kita masih melihat perbudakan dimana mana gan.. karena ga ada agama yang melarang perbudakan
0
profile picture
aktivis kaskus
06-06-2020 21:16
@berylucu bahas satu dulu gan masalah kloning, nanti kita bahas bareng masalah yang lain......
Sebab Budak itu dilarang dalam salah satu ajaran agama yg ada di dunia...
0
profile picture
kaskus maniac
06-06-2020 21:18
ilmuwan mau kloning kok gan,, yang ga mau kan golongan orang2 yang beragama aja..
1
profile picture
kaskus addict
06-06-2020 21:42
@riendzy92 tau dan bisa pake fitur mention kan? Pakailah
Ga usah cuci tangan soal isis dan alqeda lah, cuma jadi bahan ketawaan kaskus aja lu emoticon-Leh Uga
Bendera isis tulisannya apa? Ideologinya apa? Waktu beraksi teriaknya apa? "Berjuang" dalam istilah mereka disebutnya apa?
Ga usah sok polos sok bego demi cuci tangan agama emoticon-Betty
Agama apa yg melarang perbudakan? Kalo islam jelas tahu muhammad punya mariyah budak seks sampai beranak emoticon-Leh Uga
1
profile picture
aktivis kaskus
06-06-2020 23:26
@aloha.duarr @riendzy92
Al Mu'Minun ayat 5-6

Kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak-budak perempuan yang mereka miliki. Maka tidak ada celaan dan tidak ada dosa atas mereka untuk menggauli wanita-wanita itu dan bersenang-senang dengan mereka; sebab sesungguhnya Allah telah menghalalkan wanita-wanita itu.

emoticon-Leh Uga

emoticon-Ngakak KALO SAMPE DIAJARIN DI SEKOLAH, BAGAIMANA TUH ??? emoticon-Ngakak
4
profile picture
kaskus maniac
06-06-2020 23:32
@evildankside @aloha.duarr
slow gays..
emang banyak orang beragama yang ga pernah baca lengkap isi ajarannya..
dikasih tau sih emang harus.. emoticon-Malu (S)
tapi kalo langsungan begini ya kabur langsung nanti.. emoticon-Ngacir
1
profile picture
aktivis kaskus
06-06-2020 23:41
Bole ngeue sama budak wanita
Bole punya bini 4
Grandprize 72 perawan

Crot mantep e Crot CROT AAHHuwoo emoticon-Ngakak

emoticon-Leh Uga
0
profile picture
07-06-2020 01:07
Enak kali ngomong tanpa Alasan apapun!!!

Kalau berargumen tentu harus ada alasannya. Masalah disini Agama telah dijadikan "Identitas" dimana anda bukan islam anda bukan golonganku anda bukan kristen anda bukan golonganku.....

Agama merupakan suatu bahan pelajaran menurutku, tidak terbatas agama tertentu. menurutku, tiap agama ada bagusnya ada jeleknya. Saya mencoba belajar semuanya karena bagiku hanya ilmu bukan "identitas". Dengab demikian, anda menemukan agama yang cocok denganmu. Dengan begitu, kita menghargai agama kita dan agama orang lain.
SARA fixed
1
profile picture
07-06-2020 01:10
saya setuju pelajaran agama di sekolah dicabut saja. Cukup dipelajari dilingkungan keluarga dan masyarakat.
tetapi perlu adanya diskusi interaktif antar agama seperti ini agar mereka juga dapat memiliki pemikiran dari sudut pandabf berbeda...
1
profile picture
kaskus addict
07-06-2020 11:58
@riendzy92 alih2 balas komen lagi, kenapa lu cuma lempar bata? emoticon-Betty
Terguncang? Malu? Terbongkar agamanya? Mentok? Atau semuanya digabung jadi 1? emoticon-Leh Uga
1
profile picture
aktivis kaskus
07-06-2020 12:28
apakah lg eue sama pembokat wanita ?
emoticon-Shakehand2
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia