Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
328
Lapor Hansip
06-06-2020 10:33

Terjerat Utang Pinjaman Online Sampai Puluhan Juta? Ini Yang Harus Kamu Lakukan.

Pinjol atau pinjaman online saat ini sangat marak, banyak sekali perusahaan Fintech (Financial Technology) berlomba-lomba mengeluarkan aplikasi uang pinjaman dengan slogan syarat mudah, cair cepat dan bunga rendah. Tapi apakah benar?

Terjerat Utang Pinjaman Online Sampai Puluhan Juta? Ini Yang Harus Kamu Lakukan.


Ane merasa simpati kepada mereka yang mempunyai pinjaman online sampai nominal puluhan juta rupiah, ane tahu hutang awal mereka pasti tidak sebanyak itu, karena kesalahan pengelolaan, bunga yang semakin menumpuk makanya hutang mereka bisa sampai puluhan juta rupiah. Lebih mirisnya itu, beberapa waktu yang lalu ane baca artikel tentang mereka yang bunuh diri karena dililit hutang pinjaman online.

Quote:Seorang karyawan Indomaret bernama Slamet Khudori ditemukan mengakhiri hidupnya di kontrakan yang berada di Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat pada tanggal 26/11/2019 diketahui motifnya dari secarik kertas yang dia tinggalkan, bahwa dia terlilit hutang pinjaman online dalam jumlah besar. sumber

Quote:Pada Februari 2019 lalu, seorang supir taksi bernama Zulfadli yang baru berumur 35 tahun, juga ditemukan gantung diri di dalam kosan yang ia sewa, motif nya sama yaitu karena tidak kuat dengan tekanan psikis yang dilakukan oleh debcolector dari aplikasi pinjaman online ilegal. sumber

Terjerat Utang Pinjaman Online Sampai Puluhan Juta? Ini Yang Harus Kamu Lakukan.


Inget untuk kalian yang sekarang sedang mempunyai tanggungan hutang online, bunuh diri itu bukan solusi, ingat keluarga! Semua masalah ada jalan keluarnya, asal kalian berusaha dan kuat untuk menjalani nya. Inget bunuh diri bukan solusi!

Resiko Selama Belum Bisa Membayar Tagihan Pinjaman Online.
Banyak orang tergiur melakukan pinjaman online di aplikasi, karena persyaratan meminjam ga ribet serta pencairan cepat cukup dalam hitungan menit. Memang persyaratanya sangat mudah cukup mengisi data diri, foto ktp, dan swafoto memegang ktp, masukan nomor rekening, setelah itu dalam hitungan menit uang cair.

Tapi ingat, saat kalian pertama kali membuka aplikasi pinjaman online tersebut pasti ada notifikasi berupa 'izinkan aplikasi melihat no kontak' dan kalian pasti pencet 'yes' iya kan? Ini lah yang akan jadi boomerang ketika kalian tidak mampu bayar nantinya. Semua nomor yang ada di kontak HP anda akan mendapatkan sms blast, berisi bahwa anda memiliki hutang nominal sekian dan memberikan informasi lainnya.
Terjerat Utang Pinjaman Online Sampai Puluhan Juta? Ini Yang Harus Kamu Lakukan.


Malu nya bukan main kan? Jika hutang kalian diketahui banyak orang, itu masih skala ramah. Skala lebih parahnya lagi, nomor kontak kalian akan di telpon dan akan dimaki-maki oleh si perusahaan pemberi pinjaman. Bahkan kondisi extremnya orang-orang yang ada di kontak anda akan diancam.

Selain itu, selama kalian belum bisa membayar tagihan tersebut, bunga dihitung per hari. Dan bunga dari pinjaman online itu gila-gilaan bisa sampai 10% dari pokok pinjaman, bisa dibayangkan pinjaman 1 juta kalau nunggak sebulan jadi berapa? Gila kan. Gimana ga makin kelilit bunga orang yang ngutang, lama-lama lebih gede bunga nya ketimbang pokoknya. Makanya sebelum kalian memutuskan meminjam pinjaman online, harap pikirkan kemampuan bayar nya juga.

Cara Memilih Aplikasi Pinjaman Online Yang Terpercaya Dan Legal.
Ingat! Tidak semua aplikasi pinjaman online itu amanah, tidak! Yang nipu juga banyak. Temen ane pernah jadi korbannya, jadi dia dulu mau pinjem uang di aplikasi Dana** , ini adalah aplikasi yang dulunya bernama Tangb** tapi sudah berganti nama, nah temen ane ini pinjem 1 juta status si aplikasinya dana sudah ditransfer ke rekening, namun di cek direkening saldonya masih 0 . Temen ane ini udah nyoba komplain ke CS nya, tapi ya gitu tanggepanya belibet, uang tetep belum masuk. Dan  konyolnya temen ane tetep ditagih padahal terima uang aja engga.
Terjerat Utang Pinjaman Online Sampai Puluhan Juta? Ini Yang Harus Kamu Lakukan.

Nah oleh karena itu untuk menghindari kenakalan aplikasi serupa ane sarankan pilihlah aplikasi pinjaman online yang :
- Terdaftar di OJK
Ini penting sekali, karena Fintech yang sudah terdaftar di OJK lebih mempunyai etika dalam menagih hutang, mereka tidak akan berani mengancam kalian apalagi nomor dikontak kalian, karena mereka diawasi oleh OJK. Untuk melihatnya gampang sekali, dihalaman home aplikasi pasti ada lambang OJK jika memang mereka Fintech legal.
- Bunga Rendah
Ini akan meringankan beban kaliann ketika kalian belum bisa melunasi tagihan tepat di tanggal jatuh tempo. Jadi pintar-pintar memilih ya, jangan sampai terjerat bunga yang mencekik.
- Lihat History Aplikasi Pinjaman
Ini untuk memastikan apakah aplikasi pinjaman online tersebut aman atau tidak, karena kadang selain ditipu, mereka mengambil data-data yang ada di kontak HP kalian juga, double rugi dong kita. 

Bagaimana Cara Menyelesaikan Hutang Yang Sudah Terlanjur Menumpuk?
Kebanyakan mereka yang sampai punya hutang puluhan juta di pinjaman online pasti karena mereka gali lubang tutup lobang, dan seperti itu terus. Karena hutang puluhan juta tidak mungkin berasal dari 1 aplikasi pinjol saja, pasti dari minimal 10 aplikasi pinjol. 1 pinjol biasanya memberikan limit pinjaman untuk pengguna awal biasanya hanya sekitar 500 rb - 1 jt dengan tempo sekitar 7-14 hari. 

-Jangan Pernah Percaya Pada Komplotan Yang Menawarkan Menghapus Data di Pinjol. Ini 100% bohong, ane punya temen yang kerja di salah satu aplikasi pinjol, tidak ada yang namanya hapus data pinjaman online itu tidak ada sama sekali! Kalo kalian tergiur bukanya utang lunas, malah utang makin banyak ketipu pula, karena komplotan penghapus data pinjol pasti meminta uang untuk biaya administrasinya.

-Nego Dengan Pihak Fintech Legal, Bayar Pokok Pinjaman Saja. Ini tergantung seberapa pintar negosiasi kalian, setiap Fintech legal mempunyai program keringanan pinjaman untuk mengurangi bunga, jadi kalo kalian pintar-pintar bernegosiasi kalian akan diizinkan untuk membayar pokok nya saja, tentu setelah tunggakan berbulan-bulan baru program keringanan ini bisa dipakai. Yang penting kebal kuping aja kalo dapet telepon dari mereka.

-Minta Tenggang Waktu Pada PinJol, dan Selesaikan Satu Per Satu. Pinjal mana dulu yang akan kalian bayar itu terserah kalian, pinjol legal lebih jinak dan pinjol ilegal lebih buas dalam penagihan, pilihan ada ditangan kalian mau pinjol mana dulu yang dilunasi.

-Bergabung Dengan Komunitas Yang Sama Untuk Saling Berbagi Trik Dan Tips. Jangan salah orang-orang yang mempunyai pinjaman online juga mempunyai komunitasnya lho, setidaknya dengan sharing kalian bisa menemukan tips dan trik dalam menghadapi debcolector pinjol. Sharing is Caring ya.

sumber : opini dan pengalaman pribadi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 35 lainnya memberi reputasi
32
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Terjerat Utang Pinjaman Online Sampai Puluhan Juta? Ini Yang Harus Kamu Lakukan.
06-06-2020 11:06
pernah punya niatan minjem pinjol terus kabur hahaha tapi inget Tuhan kagak jadi
profile-picture
profile-picture
wanita.tulen dan sinsin2806 memberi reputasi
2 0
2
profile picture
kaskus maniac
06-06-2020 11:07
jangan gan, inget semua perilaku baik buruk kan bakal kembali ke diri sendiri . eiyaaa lagi bener anee haha
1
profile picture
kaskus maniac
06-06-2020 16:50
tp nama ente tercemar, mereka nagih ke seluruh kontak hp ente...
1
profile picture
kaskus addict
07-06-2020 15:32
wkwkwk masyallah tabarakallah nih si agann, mantap
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia