Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
327
Lapor Hansip
06-06-2020 10:33

Terjerat Utang Pinjaman Online Sampai Puluhan Juta? Ini Yang Harus Kamu Lakukan.

Pinjol atau pinjaman online saat ini sangat marak, banyak sekali perusahaan Fintech (Financial Technology) berlomba-lomba mengeluarkan aplikasi uang pinjaman dengan slogan syarat mudah, cair cepat dan bunga rendah. Tapi apakah benar?

Terjerat Utang Pinjaman Online Sampai Puluhan Juta? Ini Yang Harus Kamu Lakukan.


Ane merasa simpati kepada mereka yang mempunyai pinjaman online sampai nominal puluhan juta rupiah, ane tahu hutang awal mereka pasti tidak sebanyak itu, karena kesalahan pengelolaan, bunga yang semakin menumpuk makanya hutang mereka bisa sampai puluhan juta rupiah. Lebih mirisnya itu, beberapa waktu yang lalu ane baca artikel tentang mereka yang bunuh diri karena dililit hutang pinjaman online.

Quote:Seorang karyawan Indomaret bernama Slamet Khudori ditemukan mengakhiri hidupnya di kontrakan yang berada di Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat pada tanggal 26/11/2019 diketahui motifnya dari secarik kertas yang dia tinggalkan, bahwa dia terlilit hutang pinjaman online dalam jumlah besar. sumber

Quote:Pada Februari 2019 lalu, seorang supir taksi bernama Zulfadli yang baru berumur 35 tahun, juga ditemukan gantung diri di dalam kosan yang ia sewa, motif nya sama yaitu karena tidak kuat dengan tekanan psikis yang dilakukan oleh debcolector dari aplikasi pinjaman online ilegal. sumber

Terjerat Utang Pinjaman Online Sampai Puluhan Juta? Ini Yang Harus Kamu Lakukan.


Inget untuk kalian yang sekarang sedang mempunyai tanggungan hutang online, bunuh diri itu bukan solusi, ingat keluarga! Semua masalah ada jalan keluarnya, asal kalian berusaha dan kuat untuk menjalani nya. Inget bunuh diri bukan solusi!

Resiko Selama Belum Bisa Membayar Tagihan Pinjaman Online.
Banyak orang tergiur melakukan pinjaman online di aplikasi, karena persyaratan meminjam ga ribet serta pencairan cepat cukup dalam hitungan menit. Memang persyaratanya sangat mudah cukup mengisi data diri, foto ktp, dan swafoto memegang ktp, masukan nomor rekening, setelah itu dalam hitungan menit uang cair.

Tapi ingat, saat kalian pertama kali membuka aplikasi pinjaman online tersebut pasti ada notifikasi berupa 'izinkan aplikasi melihat no kontak' dan kalian pasti pencet 'yes' iya kan? Ini lah yang akan jadi boomerang ketika kalian tidak mampu bayar nantinya. Semua nomor yang ada di kontak HP anda akan mendapatkan sms blast, berisi bahwa anda memiliki hutang nominal sekian dan memberikan informasi lainnya.
Terjerat Utang Pinjaman Online Sampai Puluhan Juta? Ini Yang Harus Kamu Lakukan.


Malu nya bukan main kan? Jika hutang kalian diketahui banyak orang, itu masih skala ramah. Skala lebih parahnya lagi, nomor kontak kalian akan di telpon dan akan dimaki-maki oleh si perusahaan pemberi pinjaman. Bahkan kondisi extremnya orang-orang yang ada di kontak anda akan diancam.

Selain itu, selama kalian belum bisa membayar tagihan tersebut, bunga dihitung per hari. Dan bunga dari pinjaman online itu gila-gilaan bisa sampai 10% dari pokok pinjaman, bisa dibayangkan pinjaman 1 juta kalau nunggak sebulan jadi berapa? Gila kan. Gimana ga makin kelilit bunga orang yang ngutang, lama-lama lebih gede bunga nya ketimbang pokoknya. Makanya sebelum kalian memutuskan meminjam pinjaman online, harap pikirkan kemampuan bayar nya juga.

Cara Memilih Aplikasi Pinjaman Online Yang Terpercaya Dan Legal.
Ingat! Tidak semua aplikasi pinjaman online itu amanah, tidak! Yang nipu juga banyak. Temen ane pernah jadi korbannya, jadi dia dulu mau pinjem uang di aplikasi Dana** , ini adalah aplikasi yang dulunya bernama Tangb** tapi sudah berganti nama, nah temen ane ini pinjem 1 juta status si aplikasinya dana sudah ditransfer ke rekening, namun di cek direkening saldonya masih 0 . Temen ane ini udah nyoba komplain ke CS nya, tapi ya gitu tanggepanya belibet, uang tetep belum masuk. Dan  konyolnya temen ane tetep ditagih padahal terima uang aja engga.
Terjerat Utang Pinjaman Online Sampai Puluhan Juta? Ini Yang Harus Kamu Lakukan.

Nah oleh karena itu untuk menghindari kenakalan aplikasi serupa ane sarankan pilihlah aplikasi pinjaman online yang :
- Terdaftar di OJK
Ini penting sekali, karena Fintech yang sudah terdaftar di OJK lebih mempunyai etika dalam menagih hutang, mereka tidak akan berani mengancam kalian apalagi nomor dikontak kalian, karena mereka diawasi oleh OJK. Untuk melihatnya gampang sekali, dihalaman home aplikasi pasti ada lambang OJK jika memang mereka Fintech legal.
- Bunga Rendah
Ini akan meringankan beban kaliann ketika kalian belum bisa melunasi tagihan tepat di tanggal jatuh tempo. Jadi pintar-pintar memilih ya, jangan sampai terjerat bunga yang mencekik.
- Lihat History Aplikasi Pinjaman
Ini untuk memastikan apakah aplikasi pinjaman online tersebut aman atau tidak, karena kadang selain ditipu, mereka mengambil data-data yang ada di kontak HP kalian juga, double rugi dong kita. 

Bagaimana Cara Menyelesaikan Hutang Yang Sudah Terlanjur Menumpuk?
Kebanyakan mereka yang sampai punya hutang puluhan juta di pinjaman online pasti karena mereka gali lubang tutup lobang, dan seperti itu terus. Karena hutang puluhan juta tidak mungkin berasal dari 1 aplikasi pinjol saja, pasti dari minimal 10 aplikasi pinjol. 1 pinjol biasanya memberikan limit pinjaman untuk pengguna awal biasanya hanya sekitar 500 rb - 1 jt dengan tempo sekitar 7-14 hari. 

-Jangan Pernah Percaya Pada Komplotan Yang Menawarkan Menghapus Data di Pinjol. Ini 100% bohong, ane punya temen yang kerja di salah satu aplikasi pinjol, tidak ada yang namanya hapus data pinjaman online itu tidak ada sama sekali! Kalo kalian tergiur bukanya utang lunas, malah utang makin banyak ketipu pula, karena komplotan penghapus data pinjol pasti meminta uang untuk biaya administrasinya.

-Nego Dengan Pihak Fintech Legal, Bayar Pokok Pinjaman Saja. Ini tergantung seberapa pintar negosiasi kalian, setiap Fintech legal mempunyai program keringanan pinjaman untuk mengurangi bunga, jadi kalo kalian pintar-pintar bernegosiasi kalian akan diizinkan untuk membayar pokok nya saja, tentu setelah tunggakan berbulan-bulan baru program keringanan ini bisa dipakai. Yang penting kebal kuping aja kalo dapet telepon dari mereka.

-Minta Tenggang Waktu Pada PinJol, dan Selesaikan Satu Per Satu. Pinjal mana dulu yang akan kalian bayar itu terserah kalian, pinjol legal lebih jinak dan pinjol ilegal lebih buas dalam penagihan, pilihan ada ditangan kalian mau pinjol mana dulu yang dilunasi.

-Bergabung Dengan Komunitas Yang Sama Untuk Saling Berbagi Trik Dan Tips. Jangan salah orang-orang yang mempunyai pinjaman online juga mempunyai komunitasnya lho, setidaknya dengan sharing kalian bisa menemukan tips dan trik dalam menghadapi debcolector pinjol. Sharing is Caring ya.

sumber : opini dan pengalaman pribadi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 35 lainnya memberi reputasi
32
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Terjerat Utang Pinjaman Online Sampai Puluhan Juta? Ini Yang Harus Kamu Lakukan.
06-06-2020 10:40
solusinya kalo dah terjerat, coba masuk grup pinjol entah FB ato WA, minta saran terbaik, ato cari informasi, tp kalo berdasarkan pengalaman ane pas search info soal permasalahan temen ane, kebanyakan mereka akan nyaranin gagal bayar aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
profile picture
kaskus maniac
06-06-2020 10:42
nah grup nya itu apakah mereka yg senasib ? kalo gagal bayar bakal selama idup ditagih gtu gak sih?
capek juga dong kalo dtlpin terus
0
profile picture
06-06-2020 10:48
@sinsin2806 macem2 gan, ada yg gagal bayar, ada yg ampe puluhan juta gak lunas2, bahkan yg nipu pinjol ampe berjuta-juta pun ada, malah lebih gilanya ada yg jual data palsu buat nipu pinjol, kebanyakan mereka sebelum minjem, mereka tanya dlu, pinjol mana yg gak ngedatengin nasabah kerumah, abis gitu mereka hapus semua sosmed, dan kontak mereka juga isinya cmn orang yg digrup2 itu juga, jadi si dc gak bakal nyebar data ke orang dekat, abis utang banyak mereka gagal bayar in, selesai masalah. Itu kata mereka
2
profile picture
kaskus maniac
06-06-2020 11:04
@keraskepala13 ane juga pernah baca pengalaman orang yg nipu pinjol terus bagi2an tips n trik nipunya gitu, dia pilih pinjol yg ilegal.
gila tapi yaa
berani bangettt
1
profile picture
06-06-2020 11:13
@sinsin2806 ane salah satunya yg pernah nipu pinjol ilegalemoticon-Ngakak ane beli data F (fake), ntar ama yg jual data F dikasih link pinjol ilegal, alhasil ane pinjem 1 jt dan ane kaburemoticon-Ngakak
2
profile picture
kaskus maniac
06-06-2020 11:23
@keraskepala13 gila juga ente hahahahha
berani bangett
0
profile picture
kaskus geek
06-06-2020 12:18
Gagal bayar? emoticon-Ngakak mental inlander tdk menyelesaikan masalah emoticon-Ngakak
1
profile picture
kaskus geek
06-06-2020 12:31
emoticon-Matabelo

pinjol bener ga
no. ktp aja bisa gt
lihat grup efbe ada yg blg gt
1
profile picture
kaskus addict
06-06-2020 13:02
pake akun fake semua, minimal punya 1 unit smartphone dengan data kontak fake, bener kata agan diatas..hapus data sosmed, bikin akun email fake, trs edit pas foto ktp yg di edit kepalanya aja emoticon-Leh Uga

Ane pernah dpt bbrpa jt dr pinjol ilegal, abis cair semua kartu, data kontak, akun email yg fake ane hapus semua..kaboorr emoticon-Leh Uga
3
profile picture
aktivis kaskus
06-06-2020 14:18
Itu pinjol emang minjemin duwit, via transfer apa gimana gan?
1
profile picture
kaskus addict
06-06-2020 14:18
@Cucigosok

wkwkwkkw sama2 ilegal....tmn gw jg ada gt gan....pinijam ampe 9 jt kabur
..katanya ga ada yg dijadikan agunan jg
1
profile picture
kaskus maniac
06-06-2020 15:20
Kalo nipu pinjol itu sama aja salah. yg ane takutnya itu uang jd ga berkah... entah keluarga sakit ga sembuh2, entah kendaraan rusak ga beres2 atw nasib sial yg terus menerus
3
profile picture
kaskus geek
06-06-2020 15:43
@luluvi cuma demi duit 9jt masa depan ancur
1
profile picture
kaskus holic
06-06-2020 19:39
@batmanluck99 @luluvi yoi bre. kalo 9 milyar mah gapapa kali yakemoticon-Leh Uga
1
profile picture
newbie
06-06-2020 20:23
[MENTION]keraskepala13 . anjir good job gan. biar tau rasa tuh pinjol abal". tpi kok nanggung amat 1 jt doang gan? hehe
1
profile picture
newbie
06-06-2020 20:25
@Cucigosok good job gan haha
1
profile picture
kaskus geek
06-06-2020 20:49
@mendew @luluvi dia pikir dia udah lolos dng menghilangkan jejak. Dia gak tau, catatan utang itu tdk akan pernah hilang, dan pinjol itu akan tetap nagih klo bisa di masa depan. Yg lebih buruk, si pinjol di daftarkan jadi pinjol resmi, dan data pengutang diberikan ke BI. Kelar idup loh, gabakal bisa minjem duit lagi, di bank resmi sekalipun.

Rentenir itu selalu mendapatkan uangnya kembali
1
profile picture
kaskuser
06-06-2020 21:02
@wiskey31 klo emang dapetnya ga berkah, biasanya ga berkah juga hasilnya
2
profile picture
06-06-2020 21:55
@emesen19 ane ngasih pelajaran ama pinjol ilegal, mereka asal sebar data, H-7 pembayaran ngotot2 harus segera bayar, bunga melampau tinggi, kan kasian kalo kena orang yg butuh banget, ane dapet sejuta, 500rb nya ane sumbangin, biar bingung malaikat pencatat amal 😂😂
0
profile picture
06-06-2020 21:55
@batmanluck99 @mendew @luluvi bedanya ini pinjol ilegal gan, yg kecatet cmn imei doang, ente ngutang lagi dgn hp yg beda bakal ttp dikasih, beda cerita kalo yg legal, bakal ngecap di BI
0
profile picture
kaskus addict
06-06-2020 22:19
Emang grupnya apa gan?
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia