News
Batal
KATEGORI
link has been copied
201
Lapor Hansip
03-06-2020 22:42

Ustaz Tengku Zulkarnain: Wikipedia Sudah Bengkok, #BoikotWikipedia

Ustaz Tengku Zulkarnain: Wikipedia Sudah Bengkok, #BoikotWikipedia

Tagar #boikotwikipedia menggema di media sosial hari ini. Gara-garanya karena sebuah artikel yang isinya dinilai memutarbalikan fakta tentang sejarah G30S/PKI. PKI disebut sebagai korban. Hal inilah yang memancing reaksi keras dari masyarakat.

Wakil Sekretaris Jenderal MUI Ustaz Tengku Zulkarnain menyebut Wikipedia telah digunakan untuk menulis sejarah secara tidak benar alias bengkok. Pemberontakan PKI yang dinarasikan sebagai korban dan mengkambinghitamkan pihak lain merupakan penyesatan sejarah.

“Wikipedia sudah menuliskan sejarah “bengkok”? Peristiwa pemberontakan PKI justru WIKIPEDIA menuliskan PKI sebagai KORBAN, Pak Harto dkk sebagai “penjahatnya”, pelaku pembantaian,” tulisnya di akun Twitternya, Rabu(3/6).

Tengku Zulkarnain mempertanyakan, sampai kapan umat Islam dan TNI akan diam atas hal-hal semacam ini. Dirinya pun turut menyuarakan #boikotwikipedia.

“Sampai kapan Umat Islam dan TNI diam?

Sementara itu netizen lainnya menimpali bahwa ada pihak-pihak yang sengaja mengaburkan sejarah.

“Sejarah mulai diburamkan agar generasi muda kita mudah dikuasai dengan paham komunisnya. #boikotwikipedia,” tulis @fsyahudin.

Ada pula yang menyalahkan editor Wikipedia yang membuat artikel tersebut. Hal ini karena Wikipedia merupakan ensiklopedia bebas.

Namun, netizen juga mempertanyakan lemahnya pengawasan Wikipedia atas artikel yang terbit itu, terutama tentang sejarah PKI. Apalagi isu PKI dan komunis merupakan hal sensitif bagi masyarakat Indonesia, mengingat sejarah kelam puluhan tahun silam.


Ustaz Tengku Zulkarnain: Wikipedia Sudah Bengkok, #BoikotWikipedia

Barakallahu fiikum Ustadz Dr. Tengku Zulkarnain. Cuma ulama-ulama seperti antum yang ditakuti PKI dan antek.anteknya. Mari kita umat Islam memboikot Wikipedia yang secara terang benderang telah menjadi antek PKI. Rapatkan shaf, kita lawan & libas mereka.  emoticon-Marah
Diubah oleh Gemaind
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 17 lainnya memberi reputasi
10
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Ustaz Tengku Zulkarnain: Wikipedia Sudah Bengkok, #BoikotWikipedia
03-06-2020 22:44
Caper banget yaa. emoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
profile picture
kaskus addict
04-06-2020 03:55
ini menyangkut sejarah gan.,
masa bodo mau yg ngomong itu ustad/pendeta/politikus atau siapapun itu,.

ya harus dilawan.. wiki wajib revisi..,atau blokir&angkat kepengadilan
1
profile picture
kaskus maniac
04-06-2020 14:25
@redgondar trus bagus gitu ??? Wiki cuma satu artikel bermasalah dari sekian banyak artikel yang lebih berguna tuh trus loe ngeribtin sampe boikot segala ??? OTAK Mana ???? Ibarat ngeboikot perpustakaan buat satu buku dirak perpus yang loe gak suka ya bebas sih tapi loe bakalan tolol permanen.
1
profile picture
kaskus addict
04-06-2020 14:59
@namdokmai terus lu diemin gitu? otak mana?
0
profile picture
kaskus maniac
04-06-2020 15:43
@redgondar eh tolol loe tau wiki platform terbuka napa ga bikin akun trus ngedit tuh isi goblok ????????
1
profile picture
kaskus addict
04-06-2020 16:15
@namdokmai ya edit sono..katanya platform terbuka.. coba sana edit.. emang langsung disetujuin..goblok
0
profile picture
kaskus addict
04-06-2020 20:08
Sudah sudah... Kesimpulannya, jangan jadikan wikipedia sumber utama dalam suatu hal.
0
profile picture
kaskus addict
04-06-2020 20:50
@jangan.lupa lagian itu orang aneh banget,. sejarah dibelokan tapi malah bela wiki,..
orang² kayak gitu yg bikin ane terheran-heran..
jiwa nkri'nya gak ada apa?.
yg salah malah dibela..
gak habis pikir ane,
0
profile picture
kaskus maniac
04-06-2020 23:27
@redgondar ngapain gw loe aja sana yang protes nasbung aja yang protes. Gw gak ada waktu buat ngurusin pki mending gw cari artikel laen yang lebih bermanfaat nambah kualitas gw daripada mikirin pki barang usang 30an tahun lalu yang udah dibantai soeharto ngeributin barang gagal kek komunis sementara warga dunia laen sedang meningkatkan kempuan bersaing mereka nasbung cuma treak treak komunis abis itu ketika tka china datang mereka dan elo treak trwak dijajah china padahal elo terlalu tolol make waktu elo buat ngeributin halusinasi bernama komunis.
Sadar dunia sekarang tambah kapitalis siapa yang gak bisa bersaing bakal kelindas trus pertanyaannya nasbung kek elo kemampuannya apa ?
0
profile picture
kaskus addict
04-06-2020 23:57
@namdokmai coment panjang lebar,ternyata otak isinya 0
cukup tau ane emoticon-Smilie
0
profile picture
kaskus maniac
05-06-2020 00:02
@redgondar yah emang kapasitas otak elo yang terlalu tolol buat ngamahami dunia. Komunis udah mati chinapun sudah nganut kapitalis trus elo ma ulama kadroon cuma bisanya treak trak komunis?? Kemampuan kalian cuma segitunya cuma bisa tewak komunis buat eksis tapi gak bisa ngasih kontribisi positif buat negara ini mati aja kalian musnah aja kalian.
0
profile picture
kaskus addict
09-06-2020 20:52
@redgondar wikipedia bisa di edit sama siapapun, sekaligus agan jg bisa. Disitu akan terlihat siapa yg mengeditnya, atau yg menulisnya. Itu yg kita cari bukan wikipedianya yg di boikot. Konsep wikipedia mirip blogger nulis di blog. Misal si A menulis di wordpress atau di blog lain, kemudian si A melakukan kesalahan fatal, nah yg di cari itu penulisnya, bukan boikot wordpressmya, sama kayak wikipedia. Yg di cari orangnya, bukan boikot wikipedianya.
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia