News
Batal
KATEGORI
link has been copied
173
Lapor Hansip
31-05-2020 17:59

Korupsi dalam Berbagai Pandangan

Korupsi, kalimat yang tidak asing lagi di Indonesia, seolah sudah menjadi budaya. Istilah korupsi juga merupakan kalimat yang paling dibenci oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia, bagaimana tidak, banyak pihak yang dirugikan dalam hal ini terutama masyarakatnya.
Korupsi itu sendiri berasal dari kata latin corupption, korruptie, bahasa Belanda yang berarti kebusukan, keburukan, kebejatan, ketidakjujuran, penyuapan, penggelapan, kerakusan, amoralitas, dan segala penyimpangan dari kesucian.*(referensi : Adi Hamzah, Pemberantasan Kosupsi melalui Hukum Nasional dan Internasional, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005, hal. 4.)

Dalam Ensiklopedia Hukum Islam disebutkan bahwa korupsi merupakan perbuatan buruk atau penyelewengan dana, wewenang, dan waktu untuk kepentingan pribadi sehingga menyebabkan kerugian bagi orang lain.*(referensi : Muhammad Nurul Irfan, Tindak Pidana Korupsi di Indonesia: dalam Persepektif Fikih Jinayah, Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Departemen Agama RI, 2009, hal. 36.)

Dalam konteks politik, korupsi berarti setiap tindakan penyelewengan dan penyalahgunaan wewenang seperti penyalahgunaan anggaran pembangunan dan penyalahgunaan jabatan.

Pandangan dan sikap agama Islam dan agama lainnya terhadap korupsi sangat tegas: haram dan melarang. Banyak argumen mengapa korupsi dilarang keras dalam Islam. Selain karena secara prinsip bertentangan dengan misi sosial Islam yang ingin menegakkan keadilan sosial dan Kemaslahatan semesta iqamat al-'adalah al-ijtima'iyyah wa al-mashlahat al-'ammah, korupsi juga dinilai sebagai tindakan pengkhianatan dari amanat yang diterima dan perusakan yang serius terhadap bangunan sistem akuntabel. Oleh karena itu, baik Al-Quran, hadits, maupun ijma ulama menunjukkan pelarangannya secara tegas.

Dalam agama Kristen sendiri tertulis dalam Al-Kitab mereka bahwa korupsi adalah mencuri. Sebagaimana yang sudah dijelaskan dalam keluaran 20:15, Allah berfirman: Jangan mencuri, demikian jelasnya larangan Tuhan untuk tidak mencuri. Karena itu, korupsi jelas merupakan pengingkaran terhadap keberadaan Tuhan dan jaminannya

Dalam agama Buddha dasar seseorang melakukan korupsi adalah keserakahan (lobha) dan berakar pada kebodohan-batin (moha). Jika seseorang memiliki pandangan yang benar, niscaya ia tidak akan bertindak bodoh.

Korupsi dalam kacamata agama Hindu, korupsi dalam dunia pemerintahan yaitu sebuah tindak pidana yang menggunakan uang rakyat untuk kepentingan pribadi tanpa sepengetahuan siapapun.

Lihat, betapa ngerinya balasan korupsi itu, semua agama mengecam dengan tegas dan terukur. Saya juga seringkali berpikir kenapa bisa orang-orang melakukan korupsi demi kepentingan pribadi, apa mereka tidak berpikir ada banyak orang yang rugi, apa mereka tidak berpikir balasan ketika dia mati? Itulah dunia, membutakan mata, siapa yang tidak kuat akan godaan setan di setiap penjuru tubuhnya, maka kegelapan dunia akan menyelimutinya.

Baik, sekian thread ini saya buat, semoga bermanfaat emoticon-Smilie.

Referensi keseluruhan : Das'ad Latif, Islam yang Diperdebatkan.

Korupsi dalam Berbagai Pandangan

Referensi gambar : https://m.radarnonstop.co/read/4272/...-Tikus-Berdasi


Diubah oleh DikiRamadhan14
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 28 lainnya memberi reputasi
27
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Korupsi dalam Berbagai Pandangan
02-06-2020 16:40
dalam suatu pandangan yang hqq
terdapat kalimat demikian jika melihat korupsi

"tutuplah aib saudaramu maka allah akan menutup aibmu"


pantes aja korupsi ga beres2
profile-picture
DikiRamadhan14 memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskuser
02-06-2020 16:54
So ya, apakah kasus korupsi seharusnya tidak dipublikasikan? Mks ud baca :')
0
profile picture
kaskus addict
02-06-2020 16:58
@DikiRamadhan14 kalo pengen masuk syurga ya ga usah dipublikasikan gan


sekedar mengingatkan
1
profile picture
kaskuser
02-06-2020 17:02
Up, ini bisa jadi diskusi menarik, :')
0
profile picture
kaskus addict
02-06-2020 17:31
@DikiRamadhan14 ini bukan diskusi sih, ujung nya pasti keributan

percayalah
1
profile picture
kaskuser
02-06-2020 17:38
yasudah hentikan sampai di sini wkwk, mksh lagi gan
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia