Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
9
Lapor Hansip
01-06-2020 11:38

Khasiat Daun Kelor, Si Pohon Ajaib!

Khasiat Daun Kelor, Si Pohon Ajaib!


Di sebagian kalangan masyarakat kita tumbuhan satu ini sering dikaitkan dengan hal mistis, tapi di balik itu semua tumbuhan kelor mempunyai manfaat yang beragam. Bahkan organisasi kesehatan dunia (WHO) menyebutnya sebagai Pohon ajaib, karena selain daunnya yang berkhasiat bagi kesehatan, pohonnya pun memiiki manfaat tidak kalah penting. 

Kelor memiliki nama latin Moringa Oleifera, jenis tumbuhan yang bisa tumbuh dengan cepat, berumur panjang, serta berbunga sepanjang tahun. 
Di Indonesia tanaman ini sering dijadikan bahan pangan ataupun obat, biji kelor juga digunakan sebagai penjernih air dalam skala kecil.  

Selain sebagai bahan pangan dan obat, pohon kelor juga dapat dimanfaatkan untuk penahan longsor. konservasi tanah, dan terasering. Pohon kelor memiliki sistem akar yang kuat, sehingga dapat menahan jatuhnya air, dan saat musim kemarau datang tabungan air sekitar akar kelor dapat menjadi sumber air bagi tumbuhan lain. 

Tumbuhan kelor berasal dari daerah tropis dan subtropis di Asia Selatan, pohon ini juga tahan dari kondisi panas ekstrim, sehingga tidak memerlukan perawatan khusus. 
Dikutip dari Wikipedia, sejak tahun 1980 telah dilakukan sebuah penelitian dan kajian terkait pemanfaatan tumbuhan kelor untuk penghijauan  serta penahan penggurunan di Etiopia, Somalia, dan Kenya oleh tim Jerman, di dalam berkala Institute for Scientific Cooperation, Tubingen, 1993. 

Laporan tersebut dikhususkan terhadap kawasan yang termasuk Etiopia, Somalia, dan Sudan, karena sejak lama sudah menjadi tradisi penduduknya untuk menanam pohon kelor, mengingat pohon tersebut dapat menjadi bagian di dalam kehidupan sehari-hari sebagai bahan sayuran, bahan baku obat-obatan, juga untuk diperdagangkan.

Bukan hanya bermanfaat bagi penahan longsor dan penghijauan, daun kelor juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja khasiatnya? 


Manfaat Daun Kelor Bagi Tubuh

Sifat antioksidan pada daun kelor mampu melindungi tubuh dari radikal bebas, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang bisa mencegah dari berbagai macam penyakit. Seperti mengatasi penyakit yang berhubungan dengan masalah pencernaan, misalnya luka usus dan luka lambung.

Dilansir dari WHO, dun kelor kaya akan vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B6, serta vitamin C, mineral, dan senyawa tanaman bermanfaat lainnya. Selain itu, kandungan polifenol dalam daun kelor memiliki sifat melawan kanker dan dapat mengurangi risiko seperti penyakit jantung dan diabetes.
Minumlah air rebusan daun kelor selagi masih hangat, dikarenakan efek antioksidan masih kuat dalam keadaan hangat.

Daun kelor dinobatkan sebagai pohon ajaib oleh organisasi kesehatan dunia (WHO),  setelah melakukan studi dan menemukan bahwa tumbuhan ini berjasa sebagai penambah kesehatan berharga murah selama 40 tahun ini di negara-negara termiskin di dunia. Pohon kelor memang tersebar luas di padang-padang Afrika, Amerika Latin, dan Asia. 


National Institute of Health (NIH) pada 21 Maret 2008 mengatakan, bahwa pohon kelor “Telah digunakan sebagai obat oleh berbagai kelompok etnis asli untuk mencegah atau mengobati lebih dari 300 jenis penyakit. Tradisi pengobatan ayurveda India kuno menunjukkan bahwa 300 jenis penyakit dapat diobati dengan daun moringa oleifera.

Dari hasil analisis kandungan nutrisi dapat diketahui bahwa daun kelor memiliki potensi yang sangat baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Dengan mengonsumsi daun kelor maka keseimbangan nutrisi dalam tubuh akan terpenuhi sehingga orang yang mengonsumsi daun kelor akan terbantu untuk meningkatkan energi dan ketahanan tubuhnya.

Dikutip dari makanasi.com
Diubah oleh wahyust95
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jhony21 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Khasiat Daun Kelor, Si Pohon Ajaib!
02-06-2020 14:25
yoi gan, disayur juga mantap emoticon-Jempol thanks kunjungannya
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Manga, Manhua, & Manhwa
soukyuu-no-ariadne
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia