Games
Batal
KATEGORI
link has been copied
361
Lapor Hansip
31-07-2019 23:59

[5K] Mainanku Sebelum Mengalami Pubertas

[5K] Mainanku Sebelum Mengalami Pubertas

Beberapa waktu yang lalu aku pernah menceritakan tentang Berbagai Macam Meriam Karbit, Mainan Masa Kecilku Dulu . Dalam kesempatan kali ini aku mohon diizinkan lagi untuk bercerita tentang sebagian lagi permainan yang aku mainkan sebelum masa pubertasku datang. Adapun mainan-mainan itu antara lain:

Quote:
Quote:1. Kelereng

Quote:[5K] Mainanku Sebelum Mengalami Pubertas



K yang perama adalah Kelereng. Sama halnya seperti anak yang lain di seluruh belahan bumi nusantara, sewaktu kecil aku juga pernah memainkan permainan yang satu ini. Kita memang lebih mengenalnya dengan sebutan kelereng. Namun ada di beberapa daerah menyebutnya dengan sebutan gundu, dan ada juga yang menyebutnya neker, sementara di daerah kami (Pontianak) mengenalnya dengan sebutan guli. Kelereng pada umumnya berbentuk bulat dan terbuat dari kaca. Untuk cara memainkan permainan yang satu ini biasanya diadu antara satu dengan yang lain. Butuh skill khusus jika ingin menjadi pemenang dalam permainan kelereng ini.

Quote:
Quote:2. Ketepel

Quote:[5K] Mainanku Sebelum Mengalami Pubertas


K yang kedua adalah Ketepel. Permainan selanjutnya yang pernah aku mainkan semasa kecil dulu yaitu Ketepel. Ketepel membutuhkan spare part berupa cabang kayu yang kuat, kokoh dan tahan lama. Spare part  lain yang dibutuhkan yaitu karet dan kulit. Untuk pelurunya, aku lebih suka menggunakan kelereng daripada menggunakan batu. Permainan yang satu ini tergolong berbahaya, karena jika tidak mahir menggunakannya bisa-bisa menjadi senjata makan tuan. Artinya, ketepel lebih cenderung kujadikan senjata daripada sebuah mainan. Berhati-hati dalam pengoperasiannya memang sangat disarankan.
Dulu aku menggunakannya hanya untuk menjaga diri. Maklum saja, pada awal tahun 80an, di daerah tempat tinggalku masih banyak binatang yang tergolong buas. Sebenarnya ini ketepel digunakan untuk berburu binatang seperti ikan, burung dan capung, namun aku tidak terlalu suka melakukannya. Oh iya, Film Boneka Si Unyil juga memberi inspirasi dalam permainan ketepel ini.

Quote:
Quote:3. Kelayang / Layang-layang

Quote:[5K] Mainanku Sebelum Mengalami Pubertas


K yang ketiga adalah Kelayang. Banyak yang bilang mainan yang satu ini dengan sebutan layang-layang, sementara di tempat kami dikenal dengan sebutan Kelayang. Ada beberapa jenis kelayang yang bisa dijumpai di daerah kami, antara lain kelayang rambu', kelayang gundul, kelayang kepetek, dan kelayang merak (hias). Yang masih sering dimainkan adalah kelayang rambu' dan kelayang gundul. Untuk kelayang rambu' dimainkan sebagai kelayang aduan, kelayang gundul dimainkan dengan fungsi menyelamatkan atau mendapatkan kelayang rambu yang putus setelah diadu, dan kami menyebutnya sebagai penyauk.

Quote:
Quote:4. Karet gelang

Quote:[5K] Mainanku Sebelum Mengalami Pubertas


K yang keempat adalah Karet Gelang. Mainanku selanjutnya adalah karet gelang. Ada beberapa permainan yang aku mainkan dengan menggunakan karet gelang. Permainan itu antara lain lompat tali, jepretan dan lempar gelang. Untuk lompat tali, mainan ini memang lebih banyak dimainkan oleh anak perempuan, akan tetapi aku juga bisa memainkannya, baik itu yang dimainkan secara diam maupun dengan cara diputar. Mainan ini dianjurkan oleh guru olahragaku sewaktu duduk di bangku sekolah dasar, karena waktu itu aku sering ikut Porseni (Pekan Olahraga dan Seni), hitung-hitung buat latihan.
Karet gelang juga aku gunakan untuk dijadikan jepretan. Fungsinya yaitu untuk berburu cicak atau kecoa yang nantinya aku jual kepada pengepulnya atau kepada peternak ikan arwana. Lumayanlah buat tambahan uang jajan waktu itu.

Quote:
Quote:5. Kejar-Kejaran

Quote:[5K] Mainanku Sebelum Mengalami Pubertas


K yang kelima dan terakhir adalah main Kejar-kejaran. Dari kelima jenis permainan yang telah aku utarakan di atas, hanya permainan ini yang secara umum tidak menggunakan alat. Jenis mainan yang satu ini sering sekali aku mainkan pada waktu jam istirahat sekolah. Salah satu jenis permainan kejar-kejaran yang sering aku mainkan saat jam isitirahat sekolah itu  adalah kejar culas. Untuk jenis permainan kejar-kejaran yang lain seperti kejar benteng atau kejar bulan, aku memainkannya di luar jam sekolah.

Demikianlan [5K] Mainanku Sebelum Mengalami Pubertas, masa-masa indah yang tak mungkin terulang. Membaca thread sendiri, atau thread yang serupa yang mas brader dan mbak sistah buat dalam event ini, membuat perasaan menjadi sedih karena sudah pasti akan terkenang suatu masa sebelum pubertas datang dan sulit untuk dilupakan.

sumber gambar : https://bobo.grid.id/
Diubah oleh lamberianto.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 5 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
[5K] Mainanku Sebelum Mengalami Pubertas
31-05-2020 03:26
Quote:Original Posted By nindi.2018
Udah blm bg emoticon-Thinking



udah kan
---
belom sampai apa bgmn emoticon-Thinking

0 0
0
profile picture
kaskus addict
03-06-2020 19:40
Udah bg. Makasih emoticon-Nyepi
0
profile picture
Made In Kaskus
06-06-2020 01:18
@nindi.2018 okelah kalau begitu emoticon-Kaskus Radio
0
profile picture
kaskus addict
08-08-2020 19:51
@lamberianto. begitulah kalau oke emoticon-Ngakak (S)
0
profile picture
Made In Kaskus
12-08-2020 15:31
@nindi.2018 kok dibolak balik emoticon-Bingung
0
profile picture
kaskus addict
15-08-2020 19:31
@lamberianto. biar ndak gosong emoticon-Embarrassment
0
profile picture
Made In Kaskus
18-08-2020 11:26
@nindi.2018 iyalah yang jago masak emoticon-Jempol
0
Memuat data ...
1 - 6 dari 6 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia