Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
13
Lapor Hansip
29-05-2020 21:03

PAMALI......

PAMALI
Pernah denger kan gan sist?
Pamali adalah sesuatu yang tidak boleh dilakukan.
Kalau dilanggar, akan ada akibat yang tidak baik.

Menurut TS, pamali adalah peringatan atau nasehat untuk tidak melakukan sesuatu (karena berbagai alasan) disertai dengan ancaman menakutkan jika dilanggar.
Bingung?
Sama........emoticon-Ngakak

Intinya, pamali memang tidak baik jika dilanggar.
Cuma permasalahannya, nasehat tentang hal tersebut disertai dengan ancaman menakutkan yang sudah diajarkan turun temurun.
Secara logika, nasehat itu benar adanya.
Baik jika dilaksanakan.
Ts mencoba untuk me-logika berbagai pamali, yang TS tahu.

1. Anak gadis jangan makan di depan pintu, nanti ga laku kimpoi

Emang ga baik makan di depan pintu, karena pintu adalah akses keluar masuk. Bisa ketendang lah.
Tapi, apa hubungannya dengan ga laku kimpoi?
Itu hanya untuk efek menakuti, agar sang gadis takut melanggar pamali itu.

2. Kalo nyapu ga bersih, nanti suaminya berewokan.

Yang namanya nyapu, jelas harus bersih lah.
Kok bisa suaminya berewokan?
Sekali lagi...itu menimbulkan efek takut melanggar.
Jaman dulu, orang berewokan identik dengan menakutkan, jahat, galak.
Kalo sekarang, anak gadis dibilangin begitu, malah nyapunya ga bersih.
Karena berewokan itu seksi, macho......emoticon-Ngakak

3. Kalo makan, diabisin. Nanti ayamnya mati kalo ga habis.

Ga logis ya? Kalo ga abis, ya ayamnya seneng lah dapat sisanya...emoticon-Ngakak
Tapi jaman dulu, kalo punya ayam, bisa sering makan telor. Kalo ayamnya mati, ga bisa makan telor lagi. Makanya, anak jaman dulu takut kalo dibilangin begitu.

4. Jangan makan brutu, nanti menyesal di belakang

Tahu brutu? Pantat ayam tuh. Berlemak, empuk dan enak.
Anak-anak ga boleh makan, yang boleh orang tua.
Lagian, anak jaman dulu gampang banget dibohongin.
Bagian yang enak ga boleh dimakan.
Lagipula, mana ada menyesal di depan?

5. Jangan keluar waktu maghrib, nanti ketemu setan

Nasehat supaya maghrib sudah di rumah, dan sholat. Bukannya kelayapan.
Ketemu setan? Cuman buat nakutin aja itu.

6. Jangan melawan orang tua, nanti kesarik

Nah lo...kesarik pa'an tuh?
Kesarik itu istilah jawa yang berarti kepala di di bawah kaki di atas.
Emang ga baik melawan orang tua. Bisa kualat.
Tapi kalo kebalik kaya gitu (kepala di bawah kaki di atas), kayaknya belum pernah liat dah.

Dan masih banyak pamali lainnya.
Semua sebenarnya adalah nasehat yang baik, hanya dalam penyampaiannya diembeli dengan akibat yang menyeramkan.
Itu adalah warisan orang-orang tua jaman dulu banget, yang diteruskan oleh orang tua kita.
Sudah semacam budaya yang akhirnya menjadi sesuatu yang tidak perlu dipertanyakan lagi.

Tapi, jaman sudah berubah. Anak muda sekarang sangat kritis.
Jadi, jika melarang anak sekarang, penyampaiannya harus berbeda.
Harus lebih logis.

Nah, gansist, pasti pernah dengar pamali yang akibatnya ga masuk akal kan?
Itulah peninggalan jaman dulu yang patut buat dikenang.
Sekiranya, nasehat yang disampaikan baik, ya kita laksanakan.
Yang mau berbagi tentang hal ini, dipersilahkan.
Sapa tahu bisa menambah pengalaman dan pengetahuan kita...

Wassalam..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mojang507 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
PAMALI......
30-05-2020 19:57
jangan duduk diatas bantal.. nanti bisa bikin...
profile-picture
beqichot memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskus addict
30-05-2020 20:26
bantalnya kempes
1
profile picture
kaskus addict
30-05-2020 20:28
Kata orangtua jaman dulu, kalau duduk diatas bantal , maka pantatnya bisa bisulan
1
profile picture
kaskus addict
30-05-2020 20:29
@Mbahjoyo911 padahal aslinya, takut bau kentut...
0
profile picture
kaskus addict
30-05-2020 20:30
@beqichot
aslinya ya kurang ajar banget, bantal buat tidur kok di bokongi..
1
profile picture
kaskus addict
30-05-2020 21:01
@Mbahjoyo911 lha sekarang, sofa pake bantal didudukin.
Hayo...
1
profile picture
kaskus addict
30-05-2020 21:04
@beqichot
Namanya juga kata orangtua jaman dulu gan.. jaman dulu mana ada sofa..apalagi bantal sofa..
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia