Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
153
Lapor Hansip
26-05-2020 22:51

Ingin Membeli Samsung Galaxy M31, Ketahui Dulu Hal Berikut Ini Sebelum Membeli

Quote:Ingin Membeli Samsung Galaxy M31, Ketahui Dulu Hal Berikut Ini Sebelum Membelisumber
Belum lama ini Samsung meluncurkan smartphone seri M terbarunya yang berada di kelas mid range yaitu Samsung Galaxy M31. Samsung ini dijual dengan harga Rp.3.990.000 atau bisa dibilang Rp.4.000.000 pada halaman resmi Samsung ketika thread ini dibuat ya. Tapi kalau agan sista belinya di lapak yang ada di marketplace, maka agan sista bisa hunting dengan harga mulai dari 3,6 jutaan saja. Dengan harga 3,6 jutaan tersebut, smartphone ini menawarkan banyak spesifikasi menarik pastinya. Bagi yang ingin memiliki smartphone ini, maka agan sista wajib tahu dulu nih apa saja kelebihan dan kekurangan dari smartphone M31 ini. Supaya agan sista tidak salah beli dan sesuai dengan kebutuhan agan sista. Pada thread kali ini, saya akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan dari smartphone tersebut. Yuk mari langsung saja lihat informasinya dibawah ini yang dimulai dari kelebihannya dulu.

1. Galaxy M31 Dilengkapi Baterai Jumbo 6000mah
Quote:Ingin Membeli Samsung Galaxy M31, Ketahui Dulu Hal Berikut Ini Sebelum Membelisumber
Untuk masalah baterai adalah keunggulan yang paling utama nih pada smartphone M31. Baterai dengan kapasitas 6000mah saat ini adalah baterai yang berukuran ekstra besar ya untuk sebuah smartphone. Dengan pemakaian yang normal, maka selama pemakaian sulit rasanya untuk menghabiskan baterai smartphone tersebut di bawah waktu 24 jam. Bayangin kalau powerbank saja masih banyak yang kapasitasnya itu cuma 5000mah, sedangkan M31 ini sudah pakai baterai kapasitas yang 6000mah. Jadi misalnya kalau agan sista pakai smartphone ini dan agan sista punya powerbank yang berkapasitas cuma 500mah, justru bukan powerbank-nya yang mengisi baterai smartphone-nya, tapi baterai smartphone-nya yang mengisi powerbank-nya (hehehehe, just kidding). Dengan baterai yang berukuran ekstra besar ini, agan sista tidak perlu takut lagi dengan kehabisan baterai selama pemakaian seharian. Dan hal ini cocok sekali buat orang-orang yang sering beraktivitas outdoor atau pun di tempat yang sulit menemukan sumber listrik.

2. Menggunakan Layar Super AMOLED Full HD
Quote:Ingin Membeli Samsung Galaxy M31, Ketahui Dulu Hal Berikut Ini Sebelum Membelisumber
Pada saat smartphone lain sekelasnya masih banyak yang pakai panel IPS, Samsung M31 justru pakai layar buatannya sendiri yaitu panel Super AMOLED. Panel ini sudah banyak dipakai pada smartphone kelas menengah Samsung. Dan yang membedakan biasanya ada pada resolusinya. Semakin mahal harganya, maka resolusinya juga akan semakin tinggi. Tentu agan sista sudah pada tahu lah ya bagaimana kualitas warna dari panel AMOLED tersebut. Kontras dan kepekatan warna yang dihasilkan itu pasti enak sekali buat di lihat. Gambar-gambar yang dihasilkan juga jadi terlihat lebih jernih dan full color. Resolusi yang dipakai juga sudah Full HD dengan diagonal layar seluas 6,4 inci yang menghasilkan kerapatan layar hingga 403 ppi. Hal ini membuat gambar yang dihasilkan juga terlihat sangat detail. Dan ini cocok sekali digunakan untuk menonton film-film yang sudah high resolution. Buat agan sista yang suka nonton film di smartphone, pasti akan terasa lebih puas saat menggunakan layar smartphone M31 ini.

3. Memiliki Kapasitas Memori Yang Lega
Quote:Ingin Membeli Samsung Galaxy M31, Ketahui Dulu Hal Berikut Ini Sebelum Membelisumber
Smartphone M31 dibekali dengan RAM 6 GB dan internal 128 GB, yang mana ukuran tersebut sudah sangat lega untuk masa sekarang ini. Dengan RAM sebesar 6 GB tersebut, maka kegiatan multitasking pada smartphone ini sudah pasti akan lancar tanpa kendala. Untuk penyimpanannya juga sudah diakomodir sebesar 128 GB dan tetap bisa diekspansi dengan micro SD kalau dirasa masih kurang. Kalau saya sendiri sih 128 GB itu sudah cukup banget lah ya untuk saat ini. Tapi mungkin ada juga yang merasa 128 GB ini masih cukup kecil ya. Tapi jika dilihat dari kelas harganya, maka ukuran memori yang ditawarkan ini sudah sangat worthed.

4. Menggunakan Kamera Yang Mumpuni
Quote:Ingin Membeli Samsung Galaxy M31, Ketahui Dulu Hal Berikut Ini Sebelum Membelisumber
Smartphone M31 dibekali lensa belakang berjumlah 4 buah atau yang disebut dengan Quad Camera. Untuk lensa utamanya berukuran 64 megapixel, sedangkan lensa keduanya adalah lensa ultra white sebesar 8 megapixel 123 derajat. Dan lensa ketiganya adalah lensa makro sebesar 5 megapixel. Sedangkan untuk lensa keempatnya adalah lensa depht efect atau menciptakan efek bokeh sebesar 5 megapixel. Kamera depannya juga punya resolusi yang cukup besar nih gansis, yaitu 32 megapixel. Baik kamera belakang dan depan, sama-sama bisa merekam video hingga 4K. Ukuran resolusi lensa yang ada di smartphone M31 rata-rata cukup tinggi dibanding kebanyakan smartphone lainnya. Misalnya saja seperti lensa ultra wide-nya, biasanya itu cuman 5 megapixel saja pada umumnya. Akan tetapi pada M31 ini sudah pakai 8 megapixel. Begitu juga dengan lensa makro-nya yang biasanya 2 megapixel saja pada umumnya, akan tetapi M31 ini sudah pakai 5 megapixel. Hasil jepretan kameranya juga tidak mengecewakan. Dan saya rasa sudah cukup bagus di kelasnya.

Fitur-fitur kameranya juga cukup lengkap ya, terkhusus untuk kualitas kamera depan. Dimana untuk kamera depannya saya sangat menyukai hasilnya. Kamera depan M31 sudah sangat mumpuni digunakan untuk pembuatan video yang serius seperti untuk nge-vlog. Dimana hasilnya sudah cukup bagus dan detail untuk di upload ke Youtube. Apa lagi kamera depan ini juga sudah bisa merekam hingga ke resolusi 4K. Namun sayang untuk lensa kamera depannya memang belum ada stabilizer. Jadi kalau agan sista mau merekam video dengan hasil yang lebih bagus lagi, maka silahkan ditambahkan dengan stabilizer. Atau walaupun mau pakai tangan, agan sista harus menjaga supaya tidak terlalu goyang saat perekaman dimulai.

emoticon-Shakehand2
Oke itu tadi dia 4 kelebihan yang saya temukan dari Samsung Galaxy M31. Nah, sekarang saatnya untuk membahas kekurangan yang saya temukan pada smartphone tersebut, yaitu:

1. Belum Memiliki NFC
Quote:Ingin Membeli Samsung Galaxy M31, Ketahui Dulu Hal Berikut Ini Sebelum Membelisumber
Lagi-lagi untuk smartphone seharga di atas 3,6 jutaaan untuk mempunyai fitur NFC sepertinya bukan hal yang berlebihan ya. Bahkan beberapa smartphone di negara lain sebenarnya sudah ada NFC-nya. Tetapi entah kenapa yang versi Indonesia Itu fitur NFC-nya malah tidak ada atau dihilangkan. Dan hal tersebut juga terjadi pada M31 ini. Kalau di versi luar negeri untuk M31 ini ada ya sudah menggunakan NFC. Tapi kalau di Indonesia justru tidak ada. Padahal kalau menurut saya di negara kita ini, fitur NFC juga sudah cukup penting dan dibutuhkan. Kegunaan NFC untuk saat ini yang paling dominan adalah sebagai alat pembayaran secara elektronik. Kalau sudah ada NFC, maka agan sista bisa pakai smartphone saja untuk langsung membayar tagihan di merchant tertentu yang sudah mendukung pembayaran NFC. Dan agan sista juga sudah bisa untuk melakukan top up dan cek saldo uang elektronik agan sista seperti e-money pada smartphone agan sista.

2. Belum Tahan Terhadap Air Dan Debu
Quote:Ingin Membeli Samsung Galaxy M31, Ketahui Dulu Hal Berikut Ini Sebelum Membelisumber
Untuk masa sekarang ini, body smartphone yang tahan percikkan air atau debu sudah banyak diterapkan. Bahkan di smartphone kelas menengah ke bawah juga sudah ada. Namun sayangnya di Galaxy M31 ini yang sudah masuk kelas mid range, ternyata secara harga belum punya body yang tahan terhadap percikan air dan debu. Jadi buat pengguna smartphone ini, wajib sekali menjaga dengan baik smartphone-nya. Jangan sampai terkena air atau debu. Karena bisa menyebabkan kerusakan yang tidak diinginkan nantinya.

3. Memiliki Body Yang Kurang Premium
Quote:Ingin Membeli Samsung Galaxy M31, Ketahui Dulu Hal Berikut Ini Sebelum Membelisumber
Bagi penyuka desain atau yang mencari smartphone dengan mementingkan look, maka smartphone ini sepertinya kurang bisa memenuhi hasrat tersebut. Penyebab yang pertama yaitu karena back cover smartphone M31 menggunakan bahan sepenuhnya plastik dengan finishing glossy biasa saja yang tidak ada corak-corak khusus sama sekali. Bahkan hingga ke framenya juga sama yaitu masih menggunakan plastik ya. Kemudian back cover-nya juga terlihat rentan sekali tergores. Jadi agan sista harus lebih berhati-hati dalam membersihkan dan meletakkannya jika tidak ingin back cover M31 dipenuhi goresan-goresan halus. Atau paling tidak agan sista wajib menggunakan case pelindung. Tapi kalau soal desain sih memang tergantung selera ya. Karena tidak semua orang punya selera yang sama. Akan tetapi saya rasa kalau soal material mungkin semua orang mutlak pasti ingin punya material yang premium. Apalagi smartphone ini harganya diatas 3,6 jutaan.

4. Fast Charging Masih 15 Watt
Quote:Ingin Membeli Samsung Galaxy M31, Ketahui Dulu Hal Berikut Ini Sebelum Membelisumber
Smartphone M31 memang juara di kapasitas baterainya yang sudah 6000mah. Dengan baterai segede ini, memang bakal membuat agan sista jarang sekali untuk mengecas smartphone tersebut. Mungkin cukup sehari sekali aja. Bahkan kalau agan sista penggunaan itu jarang sekali, maka itu bisa sampai 2 hari sekali loh. Tapi sayangnya sih untuk sistem pengisian yang digunakan masih berupa fast charging 15W. Memang sih tetap fast charging, tapi tidak bisa berharap cepat untuk mengisi ulang daya smartphone M31 ini. Apalagi dengan ukuran baterai yang berkapasitas ekstra besar, maka akan butuh waktu sekitar 2,5 jam untuk mengisi dari nol hingga penuh. Tapi ini adalah hal yang bisa dikatakan seimbang ya walaupun agak lama. Karena untuk menghabiskan daya baterai dari M31 ini juga lama sekali gansis.

Quote:Ingin Membeli Samsung Galaxy M31, Ketahui Dulu Hal Berikut Ini Sebelum Membelisumber
Oke itu tadi dia kelebihan dan kekurangan yang saya temukan pada Samsung Galaxy M31. Oh ya, ada tambahan sedikit juga mengenai kekurangannya dan ini khusus buat para gamer. Dimana smartphone M31 secara official belum support game Fortnite, walaupun secara spesifikasi dan performa sudah cukup gahar. Walaupun begitu, bukan berarti agan sista tidak bisa memainkan game Fortnite di smartphone tersebut. Game tersebut tetap bisa agan sista jalankan. Namun karena belum disuppport secara official, mungkin akan ada beberapa kendala yang terjadi. Dan yang saya rasakan memang game-nya berjalan kurang mulus di smartphone M31. Selain itu untuk game yang lain tidak ada masalah ya gansis. Semuanya bisa berjalan dengan baik tanpa ada kendala.

emoticon-Shakehand2
Nah, itu adalah informasi dari kelebihan dan kekurangan yang saya temukan dari smartphone Samsung Galaxy M31 yang bertotal ada 4 kelebihan dan 4 kekurangan ditambah 1 kekurangan tambahan khusus buat para gamer. Dan semua yang saya bagikan ini adalah menurut saya sendiri ya gansis. Jadi mungkin ada dari agan sista yang sedang membaca thread ini yang sudah menggunakan Ponsel M31 dan juga menemukan kelebihan dan kekurangan lainnya, maka silahkan agan sista tambahkan di kolom komentar ya. Supaya bisa membantu yang lainnya yang membutuhkan informasi tersebut.

Ingin Membeli Samsung Galaxy M31, Ketahui Dulu Hal Berikut Ini Sebelum Membeli

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Lt.Evans dan 34 lainnya memberi reputasi
35
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Ingin Membeli Samsung Galaxy M31, Ketahui Dulu Hal Berikut Ini Sebelum Membeli
28-05-2020 22:38
Samsung kelemahannya dari dulu menurut ane di designnya yang standar
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan Richy211 memberi reputasi
2 0
2
profile picture
kaskus addict
02-06-2020 14:10
gk termasuk seri A bre
A3 2016 yg ane pake pake skrg depan belakang nya kaca,berasa premium bgt (walaupun cuma menang di desain,spek mah kalah telak haha)
begitu juga dengan a5 16 dan a7 16
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Handphone & Tablet
review-kamera-oppo-reno-4
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Handphone & Tablet
review-kamera-oppo-reno-4
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia