News
Batal
KATEGORI
link has been copied
122
Lapor Hansip
27-05-2020 05:53

Studi di Swedia Sebut Herd Immunity Tak Efektif Lawan Virus Corona

Studi di Swedia Sebut Herd Immunity Tak Efektif Lawan Virus Corona

Jakarta -Tak seperti negara kebanyakan, Swedia tak menerapkan lockdown dalam menghadapi pandemi Corona. Bar, restoran, bisnis tetap dibuka, dan orang-orang tidak dipaksa berdiam diri di rumah.

Ahli epidemiologi Swedia Anders Tegnell meyakini kebijakan ini untuk menciptakan kekebalan dalam suatu kelompok. Dikenal juga dengan strategi herd immunity di mana secara alami kekebalan pada virus Corona akan muncul di suatu kelompok dan dinilai bisa mencegah penyebaran lebih luas.

Pada hari Rabu lalu, Badan Kesehatan Swedia memperkirakan sepertiga dari populasi Stockholm, ibukota Swedia, sudah memiliki kekebalan pada virus Corona COVID-19. "Ini sedikit lebih rendah dari yang diharapkan tetapi tidak terlalu rendah, mungkin satu atau beberapa persen," kata Tegnell, dikutip dari Express.

"Itu cocok dengan model yang kita miliki," lanjutnya meyakinkan.
Namun, studi baru di Swedia meragukan kebijakan tersebut berhasil. Berdasarkan 1.100 tes di Swedia, ditemukan hanya 7,3 persen orang di Stockholm, ibukota Swedia, yang berhasil mengembangkan antibodi, demikian laporan Reuters.

Bjorn Olsen, Profesor Obat Infeksi di Universitas Uppsala, dan seorang kritikus yang cukup vokal terhadap respons pandemi Swedia, mengatakan bahwa pendekatan kekebalan kawanan atau strategi herd immunity tampaknya telah gagal. "Saya pikir kekebalan kawanan (herd immunity) masih terlalu jauh, jika kita pernah mencapainya," kata Bjorn Olsen.

Para kritikus menggambarkan keputusan Badan Kesehatan Masyarakat untuk mengejar kekebalan kawanan atau strategi herd immunity sangat berbahaya dan tidak realistis dalam menghadapi pandemi virus Corona COVID-19.

SUMUR

Diubah oleh boykeadam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
masnukho dan 29 lainnya memberi reputasi
30
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Studi di Swedia Sebut Herd Immunity Tak Efektif Lawan Virus Corona
Lapor Hansip
27-05-2020 14:25
Balasan post thewicthhunter
tpi kebanyakan orang indo pas tua sakit sakitan lmao
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia