News
Batal
KATEGORI
link has been copied
77
Lapor Hansip
27-05-2020 08:22

Jadi Sumber Protein, Ikan Nila Laris Manis Diburu Konsumen

Jadi Sumber Protein, Ikan Nila Laris Manis Diburu Konsumen

CIMAHI – Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Benih Ikan Air Tawar (UPTD BBIAT) pada Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi mengkonfirmasi, ikan konsumsi jenis nila laris manis diburu konsumen dimasa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala UPT BBIAT pada Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi, Mochamad Taufik mengatakan, konsumen mulai berdatangan sebelum sebelum diberlakukannya PSBB tingkat Kota Cimahi pada 22 April lalu.

“Ikan konsumsi paling diburu, kebanyakan nila. Khususnya sejak diberlakukannya PSBB,” kata Taufik saat ditemui.

Dikatakan Taufik, konsumen yang memburu ikan konsumsi untuk ketahanan pangan itu berasal dari berbagai daerah di Bandung Raya. Seperti Kota Cimahi, Kota Bandung hingga Kabupaten Bandung Barat (KBB).

“Ada yang dari Cibiru (Kota Bandung), sampai Lembang (KBB),” ucapnya.

Untuk menambah ketersediaan ikan konsumsi, kata dia, pihaknya berencana menjalin kerja sama dengan balai hingga peternak ikan di daerah lain. “Jadinya kita sekarang kehabisan stok. Satu-satunya jalan kita kerja sama dengan balai atau petani daerah lain,” kata Taufik.

Dibalik larisnya ikan hias, penjualan ikan hias ekspor malah terhambat akibat pandemi Covid-19. Seperti ikan hias jenis prontosa. “Penjualan jadi kesendat. karena eksportir, jadi ketahan disuplay,” ujarnya.

Penjualan ikan konsumsi dan ikan hias yang dimulai digarap sejak tahun 2018, yang mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) Kota Cimahi Nomor 3 tahun 2017 tentang Retribusi Jasa Usaha. Hasilnya masuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Cimahi.

Dalam Perda itu, nilai jual berbagai benih dicantumkan. Seperti ikan lele harga terendahnya Rp50/ekor untuk ukuran larva, sedangkan harga tertinggi adalah ukuran 9-12 cm yang dipatok Rp400/ekor. Kemudian, benih ikan nila yang dijual sesuai ukuran.

Harga terendah benih lele ukuran larva ialah Rp25/ekor. Sedangkan harga tertinggi Rp200/ekor untuk ukuran 9-12 cm. Untuk ikan mas, harga terendah adalah Rp50/ekor untuk ukuran larva. Sedangkan harga tertinggi Rp250/ekor untuk ukuran 9-12 cm. Ikan hias frontosa dijual Rp150.000/ekor dan Mas Koki Ranchu yang dijual Rp150.000/ekor.

“Dari benih nilai 20 persen, beni lele 15 persen, ikan hias 23 persen, afkiran nila dan lele yang kurang produktif 42 persen,” sebut Taufik.

Untuk tahun ini, kata dia, pihaknya menaikan target retribusi penjualan benih ikan menjadi

Rp60.175.500. Naiknya target itu sudah disesuaikan dengan potensi pasar. Apalagi, BBIAT mulai tahun ini sudah menyiapkan benih ikan baru untuk dibudidayakan.

“Target triwulan pertama sesuai harapan, realisasinya sudah mencapai Rp 12 juta lebih. Kita bisa per bulan sekitar Rp 5 juta,” beber Taufik.

Budiadaya ikan hias sendiri akan menjadi prioritas utama untuk dikembangkan. Namun, akan disesuaikan dengan kondisi alam dan pasar yang terbarukan. Seperti duboisi, cupang dan guppy.

Taufik melanjutkan, berbagai potensi budidaya ikan hias itu rencanakan akan dimasukan ke dalam revisi Perda (Perda) Kota Cimahi Nomor 3 tahun 2017 tentang Retribusi Jasa Usaha. Termasuk harga yang rencananya akan ada perubahan.

“Kita pengembangan ikan kolidoras terbaru. Kita akan perubahan Perda,” tandas Taufik.

https://jabarekspres.com/2020/jadi-s...iburu-konsumen

Komentar TS:

Apakah benar, ikan nila adalah kerabat dari ikan lele? emoticon-Takut

apakah benar, bahwa ikan nila ini juga bisa hidup di septic tank atau kubangan lumpur seperti lele?

ini bahaya, jika benar, saya akan larang ibu saya mengkonsumsi ikan nila lagi, ibu saya sangat suka makan ikan nila emoticon-Marah

Saya sebenarnya sudah bilang ke ibu saya, sebaiknya mengurangi makan ikan dan daging, tapi dia marah emoticon-Frown
jadi saya setiap pagi belanja dan masak untuk ibu saya, dia selalu minta dibelikan nila dan daging ayam dan daging sapi.

namun saya membaca banyak artikel tentang ikan nila tadi malam, saya jadi bingung apakah benar ikan nila jorok ya?

profile-picture
profile-picture
profile-picture
kingoftki dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Jadi Sumber Protein, Ikan Nila Laris Manis Diburu Konsumen
27-05-2020 09:17
gw lebih sukak ikan bawal sih
apalagi kalo goreng tambahin bumbu bawang putih
Diubah oleh chisaa
profile-picture
profile-picture
bukan_hp_nokia dan nasgorbabi memberi reputasi
2 0
2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia