Sports
Batal
KATEGORI
link has been copied
92
Lapor Hansip
22-05-2020 08:59

Mantan Bintang Madrid Sebut RI 20 Kali Lebih Buruk Dari Azerbaijan Dalam Hal Ini

Meski peringkat Sepakbola Indonesia berada jauh di bawah negara-negara eropa, setidaknya klub-klub di negara kita juga pernah merekrut pemain-pemain kelas dunia. Sebut saja misalnya Roger Milla, Mario Kempes dan Michael Essien. 

Mantan Bintang Madrid Sebut RI 20 Kali Lebih Buruk Dari Azerbaijan Dalam Hal Ini
Essien Saat Membela Madrid (Sumber: zimbio.com)


Meskipun dua nama terakhir bergabung dengan klub di Indonesia setelah melewati masa keemasaannya, tetapi daya tarik publik tanah air tentu saja sangat luar biasa. Secara Mario Kempes adalah Mantan Pemain Tim Nasional Argentina dan Michael Essien adalah mantan bintang Real Madrid yang merupakan pemilik liga Champion terbanyak.

Mantan Bintang Madrid Sebut RI 20 Kali Lebih Buruk Dari Azerbaijan Dalam Hal Ini
Essien Berjibaku dengan Messi (Sumber: indosport.com)


Untuk Mario Kempes dan Rogger Milla mungkin publik bola tanah air saat ini kurang begitu familiar. Pasalnya mereka berdua bergabung dengan Pelita Jaya tahun 1990 an. Tetapi untuk Michael Essien bisa jadi tidak demikian. 

Mantan Bintang Madrid Sebut RI 20 Kali Lebih Buruk Dari Azerbaijan Dalam Hal Ini
Essien Saat Berlatih bersama Persib Bandung (Sumber: tribunjabar.id)


Essien bergabung dengan Persib Bandung terhitung baru, yakni tahun 2017. Sayang namanya tidak begitu terdengar pada kompetisi Liga 1 tahun 2018. Kini Michael Essien telah hengkang dari Indonesia dan bermain di Azerbaijan. Ia bergabung dengan klub Sabail FK (tribunjabar.id, 1/5).

Setelah berlabuh di Azerbaijan, Mantan Pemain Tim Nasional Ghana tersebut pun membandingkan Azerbaijan dengan Indonesia. Yang disoroti mantan pemain Milan tersebut adalah tentang kemacetan.

Michael Essien menyebutkan bahwa lalu lintas di Azerbaijan sangat berbeda dengan Indonesia. Di sana menurut Sang Mantan Pemain Madrid dengan status pinjaman dari Chelsea tersebut tidak ada kemacetan. Sedang di Indonesia kondisinya 20 kali lebih buruk (tribunjabar.id, 1/5).

Membandingkan Indonesia dan Azerbaijan dalam hal lalu lintas memang berbeda. Jumlah penduduk kedua negara terpaut cukup jauh. Menurut situs Worldometers.info (diakses 22 Mei 2020) penduduk Indonesia saat ini adalah 273.523.615. Sedangkan Azerbaijan hanya 10.139.177 jiwa.

Sedangkan dari segi kepadatan penduduk menurut situs yang sama Indonesia juga lebih tinggi. Saat ini kepadatan penduduk Indonesia adalah 151 jiwa per kilometer persegi. Sedang Azerbabijan di bawahnya dengan 123 jiwa per kilometer persegi.

Tetapi meski demikian hal itu tidak bisa dijadikan alasan. Karena Jepang yang kepadatannya jauh diatas Indonesia, yakni 347 jiwa per kilometer persegi saja bisa mengadakan transportasi yang sangat baik.

Semoga kritikan ini sedikit banyak memberi kita cambuk untuk memperbaiki diri. Terutama dalam hal transportasi...I]
 

Referensi:

1. https://jabar.tribunnews.com/ucnews/...cNIBlceQ%3D%3D

2. Worldometers.info, diakses 22 Mei 2020
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 30 lainnya memberi reputasi
31
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Mantan Bintang Madrid Sebut RI 20 Kali Lebih Buruk Dari Azerbaijan Dalam Hal Ini
24-05-2020 15:39
Lah emang bener, atasan gw (almarhum) adalah Mantan Wakil Dubes Azerbaijan. Dia bilang, mereka (Azerbaijan) orangnya baik-baik, walaupun banyakan Muslim Shi'a tapi mereka sangat menghormati Muslim lain, baik Sunni maupun Yahudi. Rada benci sama orang Kristen karena emang berantem sama orang Armenia yang rata-rata Ortodoks, tapi overall mereka toleran banget. Bahkan ada komplek khusus orang Yahudi juga di sana, di saat negara-negara mayoritas Muslim memusuhi Israel.

Mereka juga selalu bilang "agama itu urusan sendiri" dan tidak patut kita untuk mengurus agama orang lain. Tempatnya juga dideskripsikannya sebagai tempat yang bersih dan hawanya adem. No wonder why they say Azerbaijan is much better. Bahkan menurut gw New York atau Los Angeles belom tentu sebagus Baku atau Sheji.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
profile picture
kaskus maniac
24-05-2020 15:57
Tambahan pengetahuan baru, semoga bisa menjadi pelajaran...
0
profile picture
Auto Banned
24-05-2020 16:04
Mantap bos gw juga ada teman dari Azerbaijan, sebelum virus covid merebak sering bolak balik baku-bali buat urusan bisnis dan plesiran, salah satu daya tarik disini cuma orang yang banyak jadi ceruk pasarnya besar, that's all, sisanya dia lebih pilih stay di Singapore / KL kalau lagi Ada di kawasan Asia tenggara
0
profile picture
kaskus maniac
25-05-2020 04:14
sistem imunisasi radikalnya udah mantep gan emoticon-Ngakak, mestilah di import itu emoticon-Cool
1
profile picture
kaskus maniac
25-05-2020 06:43
@jangantanyasaya Agan bisa aja...
0
Memuat data ...
1 - 4 dari 4 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia