News
Batal
KATEGORI
link has been copied
228
Lapor Hansip
23-05-2020 02:39

Dunkin' Donuts Tumbang: Tak Bayar THR & Potong Gaji Karyawan

Dunkin' Donuts Tumbang: Tak Bayar THR & Potong Gaji Karyawan Foto: Maja Suslin/TT News Agency/via REUTERS

Quote:Jakarta, CNBC Indonesia - Sektor restoran terus berjatuhan, setelah KFC merumahkan hampir 5.000 karyawan dan potong gaji karyawan, kondisi yang sama juga dilakukan PT Dunkindo Lestari, pemegang lisensi waralaba donat Dunkin' Donuts di Indonesia. 

Dunkin' Donuts salah satu restoran yang terdampak pandemi covid-19. Banyaknya mal yang tutup berimbas pada operasi bisnis Dunkin' Donuts, sehingga yang jadi korban adalah hak pekerja seperti upah dan THR yang belum dibayarkan.

Serikat pekerja melaporkan bahwa upah dan tunjangan hari raya (THR) pekerja sampai Jumat (22/5/2020) ini tidak juga dibayarkan oleh perusahaan dengan keputusan sepihak tanpa persetujuan pekerja. Gaji mereka dipotong sampai 50%.


[table][tr][td]Pilihan Redaksi
Raksasa Restoran Tumbang, KFC Rumahkan Hampir 5.000 Karyawan
KFC Mati-Matian, Rumahkan & Potong Gaji Hampir 5.000 Karyawan
Lebaran 2020 Memang Beda: Bayar THR Molor, Tak Ada Untung!
[/td]
[/tr]
[/table]


Manajer HRD Dunkin' Donuts, Junaidi  mengakui serikat pekerja memang tidak diibatkan dalam keputusan penundaan THR dan pemotongan gaji, tetapi melalui jalur manajerial yaitu melalui GM, manager, supervisor, head atau shift leader. Ia bilang aturan dari Kemenaker adalah melalui persetujuan karyawan bukan serikat pekerja.

"Mengenai upah yang dipotong dan THR yg ditunda sudah sesuai dengan surat edaran menteri tenaga kerja yaitu melalui mekanisme persetujuan karyawan," kata Junaidi kepada CNBC Indonesia, Jumat (22/5).

Junaidi mengakui persoalan ini terjadi karena kondisi perusahaa yang terdampak pandemi covid-19. Ia bilang Sebagian kecil karyawan harus dirumahkan karena ada toko di mal yang tutup, sehingga pihaknya masih menunggu mal-mal dibuka

"Sebagian besar toko tutup dan hanya 1 shift, dulu bisa 2 shift. Kita sangat berharap PSBB dilonggarkan karena aturan tersebut sangat memukul usaha kami," katanya.

Junaidi menegaskan sampai saat ini manajemen terus berupaya memenuhi hak pekerja, salah satunya dengan mempercepat penjualan aset agar dapat dana segar untuk membayar THR.

"Kalau upah yang dipotong kita jalankan berdasarkan hari kerja yang dilakukan dan melalui persetujuan karyawan, sedangkan THR yang ditunda akan kami bayarkan secepatnya karena kami sedang proses penjualan aset dengan harga setengah harga normal," katanya.

Pada Jumat (22/5), sekitar 200 karyawan Dunkin' Donuts nekat menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Pusat Dunkin' Donuts  Jalan Hayam Wuruk Jakpus, di tengah PSBB. Mereka menuntut hak mereka soal upah yang dipotong dan THR yang belum dibayarkan. Mereka menganggap keputusan itu dilakukan sepihak tanpa persetujuan pekerja.

[table][tr][td]
Dunkin' Donuts Tumbang: Tak Bayar THR & Potong Gaji KaryawanFoto: Serikat Pekerja Dunkin' Donuts beredemo menuntut pembayaran upah dan tunjangan hari raya (THR) (ist)
Serikat Pekerja Dunkin' Donuts beredemo menuntut pembayaran upah dan tunjangan hari raya (THR) (ist)

[/td]
[/tr]
[/table]


"Aksi ini terpaksa kami lakukan karena manajemen Dunkin' Donuts secara sepihak tidak membayarkan THR dan upah secara tepat waktu. Sementara para pekerja dan keluarganya sangat membutuhkan THR tersebut untuk menyambung hidup di masa PSBB akibat pandemi Covid 19," kata Sekretaris Jenderal ASPEK Indonesia Sabda Pranawa Djati dalam pernyataan resminya, Jumat (22/5).



Sumber
https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-gaji-karyawan

Mengikuti Jejak KFC sepertinya ya pak
Diubah oleh juraganind0
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aguswahyu86 dan 37 lainnya memberi reputasi
38
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Dunkin' Donuts Tumbang: Tak Bayar THR & Potong Gaji Karyawan
23-05-2020 03:25
perusahaan gede gitu gak ada management risk y? palingga kan ada tabungan buat kalo terjadi apa apa..kalo cuma ngandelin cash flow kan bahaya.. apalagi itukan dri perusahaan amrik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
quatzacoal dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
profile picture
kaskus maniac
23-05-2020 05:25
Klo untung diam diam klo rugi koar koar
-1
profile picture
kaskus holic
23-05-2020 06:06
Hehehe manajemen risknya itu udah jalan kok, salah satunya dirumahkan karyawan dan bayar gaji 50 persen tapi masih bisa survive for another month.

Kalo ga dilakukan, bulan depan dunkin donats bangkrut semua karyawan diphk dan ya udah selesai

Udah keliatan kan bedanya?
10
profile picture
kaskus maniac
23-05-2020 06:12
Yah biasalah cari2 kesempatan buat ngemplang. Perusahaan gede gini, soal THR kan bukan duit yg di dapat bulan kemaren. Itu duit yg di kumpulkan dalam setahun.
-3
profile picture
aktivis kaskus
23-05-2020 07:08
@namdokmai nah ini untung selama sekian tahun bertahun tahun diam..kena corona 3bulan ini rugi koar koar tp mo gimana lagi mereka yg punya duit gan rata2 pengusaha ga mau ganggu uang tabungan pribadi buat nutup operasional pada saat rugi sepi begini
-1
profile picture
kaskuser
23-05-2020 07:23
inilah perlunya serikat pekerja yg solid, jd perusahaan g bs macam2... bygkan THR aj g ada, pdhl itu kan sdh masuk budgeting di tahunan.. g mungkin g ada... yg ada nih perusahaan hanya ngibul...
-1
profile picture
23-05-2020 10:01
@maya.asar emang Dunkin donut pernah rame? Mau nutup cost aj gw rasa udh belepotan, sering bgt dpt sms promo di tsel.
4
profile picture
kaskus addict
23-05-2020 10:24
Ini kan udh bbrp bulan.
Mrk kurang sadis.
Kl kaepci kan langsung phk setengah
2
profile picture
aktivis kaskus
23-05-2020 11:55
@maya.asar tidak sesederhana itu perhitungannya. Pada saat kondisi benar2 sepi perusahaan harus tetap memperhitungkan sewa lokasi yg terus berjalan dan tentunya karena perusahaan ini franchise maka ada biaya franchise yg harus dibayarkan berkala. Belum lagi masa kejayaan dunkin donut yg sudah memudar, saya yakin omzetnya juga ga bagus2 amat di hari normal. Menurut pendapat saya ini sudah untung dunkin tidak melakukan PHK di awal pandemi corona
8
profile picture
kaskus addict
24-05-2020 03:58
lah itu mngmt risk nya bre bijimane.... mksd lu management risk dia bakar duit gitu aja gtu ditengah pandemi dan pemasukkan kurang drastis?
masih mending kaga dipecat ini
ditengah pandemi, babak belur, lu kira 'dibiari' kolaps gitu aja? ya motong cost dong...... salah saatu cara ya ini...

itu namanya salah satu mngmt riskkk... perusahaan yg survive...
doh....
2
profile picture
kaskus addict
25-05-2020 14:55
@quatzacoal wkwk. . Hrp mklum gan. . .yg komen jiwanya anti kapitalis x. . Masa iy untung taHun kemaren disuruh nalangin biaya operaSionAl skrg . . Cck
2
profile picture
aktivis kaskus
25-05-2020 22:50
Kalo pas omset melimpah, untung gede.. kira2 ngeluarin bonus kaga yak?

Rugi dikit aja maen potong.
0
profile picture
kaskus addict
26-05-2020 03:43
@eddy03 wkwkw bukan cuma masalah kapitalis blablabla sih om... kalo mereka yg diposisi pengusaha gua jamin juga mereka memikirkan opsi yang sama... ini karena posisinya kebalik aja jadi lebih enak pley piktim...

dont eat where yu shit ya ges
hehe
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia