Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
38
Lapor Hansip
13-05-2020 18:32

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!

Jangan lupa, sebentar lagi lebaran. Meski lebaran kali ini tampaknya agak berbeda dari lebaran seperti biasanya lantaran wabah corona, tetapi jajanan, kue, beserta saudaranya di meja ruang tamu harus tetap ada, dong.

GanSis suka beli kue jadi atau bikin sendiri?

Bisa beli jadi, bisa bikin sendiri, ya, GanSis. Dan kali ini ane bakal berbagi resep kerupuk lebaran dari bahan yang cukup familiar di dapur.

Murah, mudah, dan dijamin enggak kalah lezat. Bikin nagih.

Nanti resep ini bisa GanSis coba di rumahnya masing-masing, itung-itung biar gak bosen puasa #dirumahaja.

Nama kerupuknya adalah kerupuk sego (sego berasal dari bahasa Jawa yang artinya nasi). Sebab bahan dasar dari pembuatan kerupuk ini memang adalah nasi.

Lebih tepatnya, nasi sisa. Biasanya habis kita sahur, kan, masih ada sisa nasi. Nah, daripada mubazir dibuang, mending kita olah jadi kerupuk.



Berikut bahan yang harus disiapkan:


1. Nasi sisa

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!


2. Bawang putih

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!


3. Ketumbar

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!


4. Garam secukupnya

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!


5. Tepung kanji

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!



Step by step dan cara membuat:


1. Nasi sisa direndam di sebuah wadah dengan air bersih selama sekitar 2 hari-an atau sampai benar-benar kering.

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!


2. Usai direndam selama 2 hari, pisahkan nasi dari air, dan buang air bekas rendamannya.


3. Cuci sekali lagi hingga bersih dan hilang bau apeknya


4. Letakkan nasi di saringan beberapa menit sebelum dikukus

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!


4. Siapkan bumbu berupa 5 siung bawang putih, ketumbar, dan garam secukupnya atau sesuaikan porsi

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!


5. Tumbuk bumbu-bumbu tersebut sampai halus

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!


6. Campurkan bumbu dan tepung kanji secukupnya ke dalam nasi

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!


7. Aduk adonan hingga menyatu merata

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!


8. Jika bumbu dan tepung sudah menyatu rata dengan nasi, maka segera kukus dengan waktu selama sekitar 1 jam atau kurang


9. Selesai, angkat nasi dari tempat pengukusan

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!


10. Tunggu beberapa menit untuk mengurangi panas


11. Cetak tipis di atas karung bersih menggunakan alat apapun. Biar tidak lengket, baluri minyak pada alat yang digunakan untuk mencetak.

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!


12. Bentuk bulat dan tipis

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!


13. Jemur di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering dan mengeras

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!


14. Jika sudah keras, maka kerupuk sego siap digoreng

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!


Goreng yuk, di minyak panas 😉

Begini, nih GanSis, hasilnya setelah digoreng 👇

Quote:1. Untuk hasil yang bara apinya sedang

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!

Renyah, Gans 👇
{thread_title}


Biar kedengeran, bisa coba perbesar volumenya 😂


Quote:2. Untuk hasil yang apinya kegedean, ini yang goreng pertama kali

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!

😂 agak gosong. Maklum, gorengnya bukan di kompor, tetapi tempat memasak yang disusun dari bata. Tenang aja, tetap renyah, kok.

Kuy, incip!
{thread_title}


Jadi, biar enggak gosong, perhatikan apinya saat menggoreng. Jangan kebesaran 😊


Renyah, gurih, rasanya nendang, bikin nagih. Cocok untuk cemilan lebaran atau menemani menu buka puasa. Ini the real testimoni rasa dari ane.

Bisa ditambah taburan bumbu balado atau bumbu pedas lainnya. Makin nikmat 😋

Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!

Bisa juga dimasukkan kemasan, lalu dijual, deh 😙

Yang awalnya hanya nasi sisa yang nyaris terbuang, kini bisa disulap jadi cemilan enak.

Btw, nasi sisanya bisa juga yang hampir basi, ya, Gansis.

Nah, mudah bukan cara membuatnya? Sekarang, jika ada nasi sisa, tidak perlu dibuang. Kasihan pak tani dan juga nasinya emoticon-Frown GanSis daur ulang, praktekkan sendiri di rumahnya masing-masing 😋

😎 Semoga resepnya bermanfaat.

emoticon-Angel emoticon-Angel emoticon-Angel


___o0o___
Isi, narasi: opini & praktek pribadi.
Gambar: dokumentasi pribadi.


Berbagi Cendols
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Nasi Sisa Sahur Jangan Dibuang, Mending Dibuat Kerupuk Sego, untuk Cemilan Lebaran!
13-05-2020 21:42
jenenge karak nek gonaku kui
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1 0
1
profile picture
KASKUS Plus
14-05-2020 04:14
karak kalo di tempat ane yang kayak beras digoreng lalu dibumbuin gitu gan emoticon-Smilie
0
profile picture
kaskus addict
29-06-2020 12:11
@mbak.far kalo nasi digoreng itu cengkaruk namanya kalo di tempat ku 😁
1
profile picture
KASKUS Plus
29-06-2020 16:50
@gendhu89 daerah mana, Gan?
0
Memuat data ...
1 - 3 dari 3 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia