News
Batal
KATEGORI
link has been copied
207
Lapor Hansip
06-05-2020 14:12

Jepang Yang Dulu Bukanlah Yang Sekarang | Restorasi Meiji

Jepang Yang Dulu Bukanlah Yang Sekarang | Restorasi Meiji


sorry gan kalo


halo gan/sis kembali di thread saya, kali ini kita akan membahas tentang jepang gan.
jadi dulu jepang tuh ga seperti sekarang yang terkenal canggih dengan teknologinya
gan, kalo disandingkan sekarang seperti negara korut karena sama-sama tertutup soalnya. ok daripada penasaran langsung bahas gan tanpa basa-basi emoticon-Ngacir

berakhirnya era Tokugawa (Edo), sejak kapal Amerika yang memaksa masuk ke jepang membuat rakyat jepang menyadari mereka sangat kuno dalam segi teknologi dibanding dunia barat. Bermunculan kelompok pemberontak yang ingin memodernisasi jepang seperti negara-negara di barat, ketika pemberontakan ini berhasil segera diangkatnya Kaisar Mutushito.

Dalam kepemimpinan kaisar satu ini, sistem pemerintahan dibuat seperti negara barat, dimulai dari pembagian kekuasaan eksekutif, yudikatif, dan legislatif. Dengan pemegang kekuasaan yaitu Kaisar dan Perdana Menteri yang menjalankan pemerintahan, sistem wilayah yang dari domain diubah menjadi prefektur.

Jepang yang ingin segera menjadi negara modern, melakukan berbagai revolusi dalam berbagai bidang, seperti mendatangkan lebih dari 3000 tenaga ahli dari luar negeri untuk mengajari sains, bahasa asing, dan teknologi serta mengirim ribuan pelajar ke luar negeri.

Untuk menyokong industri dan mobilitas yang semakin maju, dibuatlah jalur kereta api sepanjang 1400 mil ( 1872 - 1890 ) dan jaringan telegraf  yang menghubungkan kota-kota besar pada 1880. Perusahaan swasta pun didukung oleh pemerintah dan dibantu instansi perbankan bergaya eropa pada 1882.

Jepang yang semakin dilihat oleh dunia barat ingin memperluas wilayah dan menaikan martabat di kalangan internasional, dimulai dengan memodernisasi angkatan militer dengan mengirim delegasi untuk mempelajari militer di eropa yaitu Inggris dengan membeli dua galangan kapal. Jepang pun mulai terlibat dalam perang dan ekspansi wilayah, perang terbuka dengan Cina yang diakhiri perjanjian damai di Shimonoseki dan pengakuan Cina terhadap kemerdekaan Korea. kemudian pada 1902 Jepang bekerja sama dengan Inggris untuk menumpas Rusia, pada 1904, jepang menyerang Rusia karena tidak memenuhi janjinya menarik pasukannya dari Manchuria yang akibatnya armada Rusia dihancurkan di Laut Jepang, diakhiri perjanjian damai di Porstmouth (1905 ). serta belanjutnya ekspansi wilayah ke Korea, Cina, negara Asia lainnya, dan telibat dalam perang dunia satu dan dua.

Note

jangan lupa gan

Bagi cendolnya gan


Sumber
1 2 3






Quote:Original Posted By kingoftki
restorasi meiji bisa di samakan dgn atatürk inkılâpları. persamaannya: sama-sama dibantu jerman dalam berbagai sektor. politik. pendidikan. diplomasi. sosial. sekularisme. diplomasi luar negeri. perdagangan. industri

jerman kirim begitu banyak akademisi en politisi veteran mengajar selama bbrp tahun menjadikan apapun berstandar jerman hingga detik ini. 2 negara yg jerman begitu deket (meski pernah terlibat perang): turki en jepang.


Quote:Original Posted By MUF0REVER
pembantaian atas samurai gan emoticon-Big Grin sebetulnya lebih ke pemberontakan samurai atas status mereka yg berakhir dengan pembantaian

samurai x dulu jelasin sejarah jepang juga, dimana emang saat era Tokugawa samurai masih memegang peranan penting dalam militer tapi semenjak restorasi meiji dan terjadi modernisasi peran samurai digantikan militer yg mengandalkan senjata modern macam senapan api


Quote:Original Posted By kudo212
@abellacitra pas jaman restorasi meiji, shinsegumi (polisi khusus bentukan tokugawa) membantai banyak orang di edo yang dituduh memberontak pada tokugawa.

di era itu jalanan, jembatan, dan sungai dipenuhi sama kepala manusia yang dipajang dengan ditancepin ke bambu. sadis beut lah pokoknya emoticon-Big Grin

habis tokugawa kalah giliran shinsegumi yang dibantai sama para samurai pemenang perang. kalo ente pernah lihat anime gintama ada korps yg namanya shinsegumi itu semua anggotanya terinspirasi dari tokoh nyata yg memang ada. tapi di realitanya anggota shinsegumi yang dikenal di gintama itu habis dibantai semua emoticon-Big Grin

salah satu anggota shinsegumi yg selamat itu saito yang pernah jadi musuh kenshin, dia selamat karena memutuskan ikut pemerintahan yang baru ketika shinsegumi hancur. dan seperti dicerita samurai x, saito dapat posisi yang cukup bagus di pemerintahan baru karena sebelumnya dia ex anggota shinsegumi yang terkenal emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By kudo212
@MUF0REVER mungkin yg ente maksud film the last samurai ya gan, itu kejadian jauh setelah restorasi meii, waktu itu jepang memutuskan untuk menjalin kerjasama pengadaan dan pelatihan militer ke belanda.

kalo di sejarahnya sendiri sebenarnya restorasi meiji terjadi karena ketidakpuasan para pemimpin klan pada daimyo tokugawa, kedatangan kapal amerika dijadikan alasan para pemimpin klan untuk menuduh tokugawa mengkhianati prinsip isolasionist dan mengijinkan orang asing datang ke tanah jepang. sempat diredam oleh tokugawa dengan mengusir orang asing (belanda) yang punya pos dagang di jepang

tapi hal itu tidak berhenti, konflik justru semakin meluas karena ya memang para pemimpin klan itu sudah muak sama tokugawa. akhirnya untuk menggulingkan daimyo tokugawa, para pemimpin klan tadi dan samurai pengikutnya mengangkat panji kaisar dan mengatakan bahwa mereka adalah pasukan kaisar yg ingin menertibkan daimyo untuk meraih simpati rakyat jepang yg sangat setia pada kaisar.

perang ini dikenal dengan perang boshin yang hasilnya adalah restorasi meiji, dimana kekuasaan kembali berada di tangan kaisar dan daimyo posisinya digantikan oleh perdana menteri yang ditunjuk oleh kaisar dan bukan lagi diwariskan berdasarkan klan.

ga ada kok perang karena samurai yg memberontak, karena pada dasarnya samurai jepang itu setia sama tuannya, tanpa tuan mereka tidak lagi disebut samurai tapi ronin. jadi ya perang di film the last samurai itu sebenarnya ga ada gan emoticon-Big Grin
Diubah oleh sip123
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bestakesiangan. dan 204 lainnya memberi reputasi
203
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Jepang Yang Dulu Bukanlah Yang Sekarang | Restorasi Meiji
06-05-2020 21:18
restorasi meiji bisa di samakan dgn atatürk inkılâpları. persamaannya: sama-sama dibantu jerman dalam berbagai sektor. politik. pendidikan. diplomasi. sosial. sekularisme. diplomasi luar negeri. perdagangan. industri

jerman kirim begitu banyak akademisi en politisi veteran mengajar selama bbrp tahun menjadikan apapun berstandar jerman hingga detik ini. 2 negara yg jerman begitu deket (meski pernah terlibat perang): turki en jepang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 26 lainnya memberi reputasi
27 0
27
profile picture
kaskus maniac
06-05-2020 22:11
Oh pantes, wkwkwk

Soalnya di beberapa budaya pop seprti anime, paling sering pakai bahasa jerman untuk bahasa 'alien'...

Makasih om... emoticon-Recommended Seller
7
profile picture
newbie
06-05-2020 22:30
iya gan aliansi juga di PD 2 lawan sekutu
7
profile picture
kaskus maniac
10-05-2020 19:11
Indonesia lebih deket dan paling dibantu sama negara mana ya?
6
profile picture
kaskus maniac
10-05-2020 19:22
@mirhamh belanda
9
profile picture
kaskus maniac
10-05-2020 19:24
@abellacitra sekarang lebih deket sama Tiongkok wkwk
6
profile picture
kaskus maniac
10-05-2020 19:55
@mirhamh amerika serikat sih sebenarnya

indonesia bisa merdeka karena amerika bom atom jepang
ketika belanda pingin balik nguasain indonesia, yang bantu belanda inggris dan australia, amerika serikat ga ikut campur

selama perang kemerdekaan, amerika serikat berkali-kali menengahi dan memfasilitasi perundingan antara indonesia-belanda. bahkan belanda akhirnya setuju untuk mengakui kedaulatan indonesia di KMB itu juga karena tekanan dari amerika yg ngancem belanda kalo ga mau bakal ditahan dana pinjamannya

sayangnya sekarang malah orang kita banyak yg ga suka sama amerika emoticon-Embarrassment
10
profile picture
kaskus maniac
10-05-2020 20:00
@kudo212 pas era Soekarno emang kurang sreg sama Amerika, apalagi mereka ketahuan support PRRI/gerakan serupa
3
profile picture
kaskus maniac
10-05-2020 20:23
@mirhamh amerika cuma support PRRI aja itupun karena mereka merasa indonesia udah terlalu condong ke komunis. malah gara" PRRI itu indonesia dapat hercules dari amerika.

pesawat" yang dipakai di operasi pembebasan irian barat itu mayoritas pesawat dari amerika. pasca orde lama pun indonesia dibantu bangkit ekonominya berkat investasi dari amerika dan jepang. dan sampai hari ini amerika adalah pendukung kita dalam konflik di laut natuna utara

jadi kalo mau nyebut negara yang paling membantu indonesia sejak merdeka sampe sekarang ya amerika serikat emoticon-Embarrassment
7
profile picture
kaskus geek
10-05-2020 20:27
@kudo212 @mirhamh indonesia rebutan amerika serikat en soviet-tiongkok krn saat itu blok barat vs blok timur baru aja terbentuk. krn itu amerika serikat kagak embargo indonesia secara militer meski alat yg di ekspor adalah non-lethal (herky c130a & c130b; c140 pancasila en c140 pancamarga de el el). ampe skrg ayam boneless kita 90% dari amerika serikat. gitu juga kapas / katun, kedele, karbonat, konsentrat pemanis.
5
profile picture
kaskus addict
10-05-2020 22:12
@kudo212 karena Amerika aja gak bisa melindungi Presidennya sendiri emoticon-Big Grin
2
profile picture
kaskus maniac
10-05-2020 22:38
@blackcampaign tetap negara dengan kekuatan militer terkuat
1
profile picture
11-05-2020 11:19
@kudo212 @mirhamh ya karena buku Pelajaran SD kita aja gak bener gan, disana ditulis sekutu (Barat cs) padahal enggak juga, Amerika nengahin juga karena Indonesia enggak mau ikut paham komunis Soviet (karena waktu itu Indonesia lagi deket sama Soviet)
2
profile picture
11-05-2020 11:22
@kingoftki @kudo212 @mirhamh Mamarika emang peetanianya maju, bisa ekspor & dipake dalam Negeri. Tempe kita tanpa kedelai Amerika gak bakal lezat, gak percaya? Tanya aja tukang buat tempe 😂
3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia