News
Batal
KATEGORI
link has been copied
49
Lapor Hansip
03-05-2020 14:53

Siapa Hacker yang Bobol Data Jutaan Akun Tokopedia?

Siapa Hacker yang Bobol Data Jutaan Akun Tokopedia?
Ilustrasi. Foto: Thinkstock

Jakarta- Sebanyak 15 juta informasi akun Tokopedia dilaporkan dibobol oleh hacker. Bahkan pengamat mengatakan, total sebanyak 91 juta akun raksasa toko online itu sudah coba dijual di dark web senilai USD 5.000. Siapa kira-kira pelakunya?

Jawabannya belum diketahui secara pasti sejauh ini. Laporan dari ZDnet menyebutkan, hacker yang masih belum terlacak itu mempublikasikan sebagian hasil hack Tokopedia di sebuah forum hacking terkenal.

"Sang hacker mengklaim datanya diambil dalam serangan pada Maret 2020 dan (yang dipajang di forum) hanya bagian kecil dari seluruh database user yang diambil dalam hack," tulis ZDnet.

"Pembocor itu mengatakan dia membagikan 15 juta sampel user dengan harapan seseorang bisa membantu menjebol password user, sehingga bisa digunakan untuk mengakses akun," papar media teknologi ini.

Password akun Tokopedia memang masih terlindungi. Menurut Alfons Tanujaya, pengamat keamanan internet dari Vaksincom, password yang bocor tidak terbuka karena dalam bentuk hash yang dienkripsi dan untuk mengetahui kuncinya cukup sulit.

"Password dengan hash itu, yang tidak bisa ditembus hacker, diamankan dengan algoritma hashing SHA2-384, saat ini dianggap aman, meskipun tidak sempurna," sebut ZDnet.

Untuk pengamanan saat ini, user Tokopedia diminta mengganti password dan mengaktifkan two factor authentication. "Dan ingat jangan pernah berikan kode verifikasi di WhatsApp dan SMS pada siapapun sekalipun dia mengaku dari Tokopedia," cetus Alfons.

Tokopedia sendiri tengah menggelar investigasi. "Saat ini, kami terus melakukan investigasi," kata VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
berdjayapku dan 40 lainnya memberi reputasi
41
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Siapa Hacker yang Bobol Data Jutaan Akun Tokopedia?
03-05-2020 18:36
Kok nanya siapa Hackernya?? MCA Mencret Cibai Army pastinya...
kalian ga tau apa ilmu Share Like Aminkan ala MCA..??

emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Air.Gate dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
profile picture
03-05-2020 20:32
Alhakont0lilah
0
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia