Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
582
Lapor Hansip
30-04-2020 13:33

Wedang Jahe Sereh Gula Jawa: Minuman Segar Untuk Berbuka Yang Banyak Manfaatnya

Assalamualaikum ....

Selamat siang Agan dan Sista ....
Alhamddulillah ... puasa sudah memasuki hari ke-7. Bagaimana puasanya? Masih semangat? Harus semangat, ya! Semoga puasanya lancar sampai akhir nanti. Aamiin ....


Berbukalah dengan yang manis-manis. Kalau masih kurang manis, makan atau minumnya sambil lihatin foto ane aja wkwkwkwk ....


Sudahkah Agan/Sista menyiapkan menu untuk berbuka puasa nanti?


Panas-panas gini enaknya pas buka nanti minum minuman yang seger ya, Gan, Sis. Agan dan Sista mungkin pernah mendengar minuman bernama wedang jahe serai gula merah. Nih, ane kasih fotonya. 👇

Quote:Wedang Jahe Sereh Gula Jawa: Minuman Segar Untuk Berbuka Yang Banyak Manfaatnya

sumber: pinterest



Nih, ane mau bagi resepnya.

Bahan-bahan:

1. 400 ml air

2. 3 ruas jahe

3. 2 batang serai

4. 50 gram gula merah

5. Sejumput garam


Cara membuat:

Quote:1. Cuci bersih jahe dan serai, lalu geprek.

2. Rebus jahe dan serai yang sudah digeprek tadi bersama air hingga mendidih.

3. Masukkan gula merah yang sudah disisir saat air sudah mendidih dan aduk sampai gula larut.

4. Tambahkan sejumput garam. Aduk dan didihkan lagi selama kurang lebih 10 menit.


Quote:Wedang Jahe Sereh Gula Jawa: Minuman Segar Untuk Berbuka Yang Banyak Manfaatnya

sumber: pinterest



Wedang jahe sereh gula jawa sudah siap dinikmati ....

Bisa diminum selagi masih hangat. Kalau Agan/Sista suka minuman dingin, bisa juga ditambahkan es batu. Wih ... seger banget, Gan, Sis.

Minuman ini sangat cocok diminum saat berbuka puasa. Selain menyegarkan, wedang jahe sereh gula jawa juga banyak manfaatnya bagi kesehatan.

1. Membantu menurunkan berat badan

2. Berfungsi sebagai antioksidan

Antioksidan berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Radikal bebas disebut-sebut bisa mendatangkan penyakit serta mengakibatkan penuaan dini. Jika radikal bebas melampaui kadar yang dapat ditangani tubuh, maka akan dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh. Apabila Agan/Sista rutin mengonsumsi wedang ini secara teratur, maka beberapa risiko penyakit kronis dapat diturunkan.

3. Membantu mengurangi kolesterol

Mengonsumsi wedang ini memberikan efek yang mendalam terhadap kadar kolesterol tinggi yang sering dikaitkan dengan obesitas. Bahan alami ini mampu menurunkan kolesterol secara signifikan pada organ hati. Selain itu, serai juga mampu mengencerkan darah, serta mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Mengurangi bau mulut

Bau mulut merupakan salah satu masalah yang kerap membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Wedang ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi masalah bau mulut.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Di situasi seperti sekarang ini kita harus pandai-pandai menjaga kesehatan tubuh, ya, Gan, Sis. Menurut para ahli, jahe dan serai merupakan tanaman herbal yang ampuh menangkal inflamasi dalam tubuh. Jahe dan serai bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatasi mual, flu, pilek, karena sifat antijamur dari kedua rempah tersebut.

6. Meringankan peradangan

Jahe memiliki sifat antiflamasi yang merupakan bahan aktif jahe. Senyawa antiflamasi gingerol pada jahe nantinya dapat mengurangi peradangan dan memperluas pembuluh darah sekaligus mengurangi rasa sakit yang terjadi.

Sementara kandungan senyawa citral dalam serai bisa menghambat pembentukan asam yang menyebabkan peradangan. Sehingga, kombinasi dari jahe dan serai ini efektif untuk mengatasi peradangan pada otot, radang sendi dan mempercepat penyembuhan.

7. Detoksifikasi racun

Detoksifikasi adalah proses mengeluarkan racun dalam tubuh yang disebabkan dari beberapa bahan makanan yang mengandung MSG, bahan pengawet, obat-obatan, serta polusi udara.

Wedang ini dapat menjadi salah satu solusi dalam melakukan perawatan tradisional di rumah untuk mengurangi racun dalam tubuh.

8. Meredakan mabuk perjalanan dan masalah pencernaan

Mabuk saat perjalanan memang sangat tidak enak dan mengganggu. Beberapa orang sering mengalaminya. Entah itu saat perjalanan darat, laut atau udara. Serai dan jahe efektif untuk mencegah masalah ini. Mengurangi gejala yang berhubungan dengan sakit kepala, mual dan muntah, serta keringat dingin. Bahkan ramuan ini juga bisa mengatasi maag dan gangguan pencernaan.





Wah, selain menghangatkan tubuh saat cuaca dingin, serta menyegarkan tenggorokan ketika cuaca sedang terik, ternyata wedang jahe serai gula merah ini banyak manfaatnya juga, ya, Gan, Sis. Yuk, cobain resep di atas.

Sampai jumpa di thread ane selanjutnya emoticon-Big Kiss
Diubah oleh firdainayah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 251 lainnya memberi reputasi
252
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Wedang Jahe Sereh Gula Jawa: Minuman Segar Untuk Berbuka Yang Banyak Manfaatnya
01-05-2020 13:03
cuman relatif mahal yah sekarang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Anissanuryantri dan 17 lainnya memberi reputasi
18 0
18
profile picture
kaskus addict
01-05-2020 13:26
iyakah? alhamdulillah di sini harga rempah masih sama seperti biasa, masih stabil
2
profile picture
kaskus addict
01-05-2020 16:22
@firdainayah
iya jhe
hampir 2kali lipat dari Feb kemaren
1
profile picture
kaskus addict
01-05-2020 16:30
@nubipalingnubi harga sebelum ada wabah ini berapa?
0
profile picture
kaskus freak
01-05-2020 17:14
@firdainayah @nubipalingnubi disini jahe sekilo 46 rb , kalo yg emprit 70 rb
1
profile picture
kaskus addict
01-05-2020 17:15
@Rainbow555 @nubipalingnubi wadaw, mahal amat dah
1
profile picture
kaskus freak
01-05-2020 17:16
@firdainayah @nubipalingnubi emang disana brp. di mana
1
profile picture
kaskus addict
01-05-2020 17:17
@Rainbow555 @nubipalingnubi ane Gresik, Jatim. gatau dah, sekarang berapaan. kemarin sebelum puasa beli jahe dan kawan-kawan masing-masing entah sekilo atau berapa gitu, habis 30 ribu.
1
Memuat data ...
1 - 7 dari 7 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
The Rest of the World (International Food)
cara-membuat-donat-beavertails-dengan-budget-murah
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia