News
Batal
KATEGORI
link has been copied
185
Lapor Hansip
01-04-2020 12:56

Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya

Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya


Jakarta - Virus Corona (COVID-19) masih terus mewabah di Indonesia. Ikatan Alumni Departemen Matematika Universitas Indonesia (ILUNI Matematika UI) membuat permodelan yang memprediksi akhir wabah ini. Bagaimana hasilnya?

Pemodelan COVID-19 ini menggunakan sebuah model sederhana yang dikembangkan dengan model SIRU, Infected dan Unreported Case. Tim pembuatnya adalah Barry Mikhael Cavin, Rahmat Ali Kafi, Yoshua Yonatan H dan Imanuel M Rustijono.

Data yang digunakan untuk simulasi merupakan data kasus kumulatif dari tanggal 2 Maret hingga 29 Maret yang dipublikasikan oleh kawalcovid19.id. Data ini kemudian dihampiri dengan kurva eksponensial dan diestimasi dengan parameter X1, X2, X3. Asumsinya banyak orang yang terjangkit namun tak bergejala.

"Kita meyakini bahwa sebenarnya banyak orang yang terinfeksi namun tidak menunjukkan gejala, seperti yang terjadi di negara lain," tulis Tim ILUNI Matematika UI dalam penjelasannya.



Selain itu, mereka menyebut 1 orang bisa menginfeksi 2 hingga 3 orang baru. Jumlah yang terinfeksi diprediksi bisa mencapai ribuan jika physical distancing tidak dijalankan dengan disiplin.

"Berdasarkan data, 1 orang positif COVID-19 bisa menularkan penyakit ini pada 2-3 orang baru. Dengan jumlah penduduk terinfeksi yang mencapai ribuan orang, jika implementasi physical distancing tidak dilaksanakan secara disiplin, maka akan banyak orang tertular dan menjadi reporterd case," paparnya.

Berangkat dari kemungkinan orang yang terinfeksi dan kaitannya dengan physical distancing, mereka lantas membuat tiga jenis skenario berdasarkan laju interaksi antarmanusia tadi. Tiga skenario ini juga dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah dan kedisiplinan masyarakat Indonesia. Begini skenarionya:

Skenario 1: Per 1 April 2020, tidak ada kebijakan signifikan dan tegas dalam mengurangi interaksi antarmanusia (kegiatan berjalan seperti biasa tanpa ada langkah pencegahan)

Skenario 2: Per 1 April, kebijakan sudah ada namun kurang tegas dan kurang strategis dalam mengurangi interaksi antarmanusia, masyarakat tidak disiplin mengimplementasikan physical distancing.

Skenario 3: Per 1 April, diberlakukan kebijakan yang tegas dan strategis dalam mengurangi interaksi antarmanusia, masyarakat disiplin mengimplementasikan physical distancing.

Berikut ini hasil yang diperoleh dari tiga skenario ini. Dengan tetap melanjutkan kondisi sekarang, maka skenario yang paling mungkin ialah skenario 2.

Skenario 1: Puncak pandemi terjadi tanggal 4 Juni dengan 11.318 kasus baru dan akumulasi kasus positif mencapai ratusan ribu kasus. Pandemi berakhir pada akhir Agustus-awal September.

Skenario 2: Puncak pandemi terjadi tanggal 2 Mei dengan 1.490 kasus baru dengan akumulasi kasus positif mencapai 60.000 kasus. Pandemi berakhir pada akhir Juni - awal Juli. Skenario 2 yang paling mungkin terjadi jika kondisi saat ini dilanjutkan (kebijakan kurang tegas dan masyarakat tidak disiplin).

Skenario 3: Puncak pandemi terjadi tanggal 16 April dengan 546 kasus baru dan akumulasi kasus positif 17.000 kasus. Pandemi berakhir pada akhir Mei- awal Juni.

Baca juga:
Ini Daftar Daerah yang Isolasi Mandiri untuk Hadapi Pandemi

Kendati demikian, mereka mengingatkan bahwa pemodelan ini masih sangat dinamis. Semuanya tergantung dari kebijakan pemerintah dan kedisiplinan masyarakat.

"Model ini masih sangat dinamis sehingga bergantung juga pada kebijakan-kebijakan pemerintah kedepannya dan keseriusan masyarakat dalam menjalankan kebijakan yang diberlakukan," jelas Tim ILUNI Matematika UI ini.

Untuk diketahui, berdasarkan data per Selasa (31/3) pukul 12.00 WIB sudah ada 1.528 kasus COVID-19, 136 orang meninggal dunia dan 81 orang sembuh. Artinya, tingkat kematian (case fatality rate) Corona di Indonesia 8,9%.

Sumur: https://m.detik.com/news/berita/d-4960954/corona-bisa-kelar-akhir-mei-bila-negara-tegas-begini-hitung-hitungannya?single=1

Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
Diubah oleh uratkumbang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 31 lainnya memberi reputasi
32
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
30-04-2020 23:32
semoga sja ya gan sis ini bener2 jd kenyataan, agar smua terbebas dr wabah yg nmany corona. aamiin
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia