Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
869
Lapor Hansip
25-07-2019 14:57

.:All About Acoustic Guitar:.

Hello Kaskusers,

Setelah ane coba browsing di HTT kayanya banyak juga ya query tentang gitar akustik, banyak juga yang belom kejawab, nah ane punya ide gimana kalo disatuin aja disini, jadi kaskusers yang lebih berpengalaman pake gitar akustik juga bisa share disini.. Kalo misalnya ternyata udah ada yg bahas silahkan trit ini diapus aja ya, tapi sepanjang sebrowsingan ane belom ada yg bahas khusus gitar akustik, terutama yg middle-high end..

Anatomi gitar akustik
.:All About Acoustic Guitar:. - Part 2

Ukuran dan bentuk body gitar akustik
.:All About Acoustic Guitar:. - Part 2

Bracing gitar akustik
.:All About Acoustic Guitar:. - Part 2

Sepengetahuan ane (yg masih sangat minim), gitar akustik ini pada umumnya bisa dibagi ke tiga kategori menurut konstruksinya yaitu:

- All Laminated
- Laminated with Solid Top
- All Solid (Top, Back, Side Solid)

.:All About Acoustic Guitar:. - Part 2
Kalo yang all laminated dari dulu mungkin udah beredar banyak ya, baik yg merk luar maupun lokal. Yang merk luar yg merajai pasar itu Yamaha, kalo lokalnya macem2, ada Arista, Genta, Allegro dll.. Maksutnya laminated itu bahan gitarnya terbuat dari kayu ply alias triplek CMIIW. Kebanyakan gitar jenis ini belum pake trussrod, jadi kalo necknya bengkok ya nasib..

.:All About Acoustic Guitar:. - Part 2
.:All About Acoustic Guitar:. - Part 2
Di pasaran sekarang banyak beredar gitar akustik yg topnya solid, bodynya laminated, contohnya merk2 kayak Yamaha, Cort, Fender, Takamine (low end), Nohman, dll dengan harga yang lumayan terjangkau. Biasanya udah pake trussrod, udah gitu terpasang preamp lagi.

.:All About Acoustic Guitar:. - Part 2
Yang berikutnya yg all solid. Untuk merk luar pasti udah pada tau ya merk2 semacam C.F. Martin, Taylor, Takamine, dan merk2 luar lainnya. Merk2 itu juga ngeluarin versi low end dimana bodynya laminated tapi topnya solid. Jangan salah produsen lokal kita juga udah banyak yg produksi gitar akustik all solid, contohnya ada Secco, dan beberapa luthier bagus yg ga produksi secara massal. Range harga gitar semacam ini so pasti jauh diatas gitar2 akustik laminated, tapi apakah sudah pasti sound & playabilitynya jauh diatas yang laminated???

Udah gitu di HTT kayanya udah banyak yang bahas tentang masalah perkayuan gitar elektrik, nah gimana dengan gitar akustik?

Baca ini dulu: A few useful things in the thread:
Hal-hal yg perlu diperhatikan saat memilih gitar akustik
Mengenai electronics/pickup gitar akustik
Cara masang strap pada gitar akustik yg gaada strap buttonnya
Estimasi harga pembuatan gitar akustik oleh pembuat gitar lokal (non professional-established luthier)
Tips menurunkan action/ketinggian senar gitar akustik dengan cara mengamplas saddle
Lokasi tempat beli gitar akustik di Surabaya
Lokasi tempat beli gitar akustik di Jakarta
Lokasi tempat beli gitar akustik di Bandung

Untuk pemanasan silahkan dishare foto sama spesifikasinya ya gan yg punya gitar akustik, kalo bisa sama reviewnya, jadi bisa nambah2 ilmu emoticon-Add Friend (S)

Monggo gan,,,
emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
.:All About Acoustic Guitar:. - Part 2
21-04-2020 09:45
wah udah lama nih ngga ngaskus. Kerennya, bagaimanapun kaskus selalu muncul di top search google misal nyari info info buat belajar. ketik "belajar gitar akustik" keluarnya thread ini. mantul emang.

mau berbagi cerita aja nih ! dari kecil sampe gede nggak pernah yang namanya megang alat musik. pernahpun cuman suling karena dulu sekolah diwajibin buat ujian seni.

dari kecil punya keinginan buat belajar alat musik buat tau-tauan aja, tapi orangtua nggak ngebolehin karena pemikirannya based on academic.

akhirnya kemarin bulan november iseng beli gitar pertama ane di Gramedia TP surabaya :tepuktangan
gak tau apa-apa, pokoknya waktu disana minta gitar paling murah yang ada.
dikasih sama masnya Gitar Klasik Valencia VC-204.
Emang nggak pernah denger merknya, apalagi kaya apa suaranya, tapi dari mas-mas gramedia meyakinkan ane bahwa untuk harga 700 ribuan gitar ini sangat worthy.
Sebetulnya saat itu berharap banget dapet Yamaha C-315 berdasarkan hasil cari-cari info, tapi barangnya nggak ada.

itu kali pertamanya ane nggenjreng gitar. rasanya seneng banget. karena usia udah 30 tahun, mau les juga malu. lagian disini kayanya les les an untuk anak anak sekolah aja, kayanya nggak ada les-les an musik yang untuk orang sedewasa ane (ane di Kediri).

Untuk itu akhirnya berusaha belajar dari Youtube aja. Mulai dari kunci-kunci dasar. belajar sebulan rasanya frustasi banget.
kaya nggak ada kemajuan. dari sini ane paham bahwa belajar gitar ngga semudah yang ane bayangin. Tetep aja ane jalanin sampe satu setengah bulan tetep nggak ada kemajuan. akhirnya ane nyerah. Gitar udah ngga pernah kesentuh lagi.

Sampe akhirnya karena covid ini mau ngga mau ane belajar lagi dikit-dikit. entah kenapa, dua minggu ini rasanya kok cepet banget perkembangan kemampuan ane. dari yang sebelomnya ngga bisa apa-apa, sekarang udah mulai bisa play-along puluhan lagu-lagu random dari channel youtubenya arya nara. wah gila rasanya semangat banget jadinya ngerapiin tangan waktu pindah chord, dan lain-lain.

sekarang udah bisa mainin banyak lagu meskipun nggak ngapalin, jadi modelnya play along sambil setel youtube.

jadi ceritanya cuman ingin berbagi motivasi aja: buat kalian yang baru mulai belajar gitar, jangan nyerah ya !!

btw untuk agan-agan yang murah ilmu, bisa ngga share, step by step untuk belajar gitar tu gimana sih.

misal saya nih, sekarang udah bisa strumming chord chord dasar mayor minor, abis ini gimana, saya harus belajar apa. kalo bisa pake istilah universal dong, soalnya belajar di youtube lebih banyak channel bagusnya dari luar indonesia.


BTW gitar valencia kaya apa sih reputasinya. tapi sementara ini emang saya nggak terlalu peduliin gitarnya sih. saya masih pengen fokus sama pengembangan skill saya sendiri dulu. ntar kalo udah bisa yang laen laen pengen juga sih ganti ke yamaha f310 atau jr2.

makasih kaskus.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hellzfire dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
profile picture
kaskus maniac
21-04-2020 10:21
Wah mantep nih kisahnya emoticon-Big Grin
Yes belajar gitar / smua alat musik memang frustrating di awal. Apalagi yg belum kenal sama nada2 di musik.
1.udah umur 30 tapi masih Mau Les? Keren! , gausah malu kalau ada niat mah emoticon-Big Grin , kalau mau dapat ilmu2 musik Selain di les bisa sih , sprti ane caranya beli video belajar online , sekitar 500k an dapat semua konten belajar dari awal sampai yg mahir sampai bisa improve sendiri. Tapi kekurangan dari belajar gitar online , kalau kita salah / bingung , bakalan susah karna gaada yg ngoreksi/ngasih arahan yg.

2.gimana kalau gabisa les atau dapat ilmu yg formal? Kalau ane dulu , belajar musik2 pop aja dulu, Musik yang "DISUKAI". Sampai bisa semua chord major Dan minor , baik itu kunci biasa(open chord) atau kunci gantung Dan variasi2 bentuknya. Kalau sudah dirasa mudah dalam pindah2 chord, coba lihat gitaris fingerstyle macem sungha jung , cari Lagunya yg mudah Dan "DISUKAI" , lalu pelajarin pelan2 , cari tutorial nya di YouTube. Kenapa ane garis besar kata disukai? Karna kalau gasuka musiknya , otomatis males belajarnya emoticon-Big Grin Nah kalau udh bisa teknik2 dasar fingerstyle, disini asiknya main gitar dimulai emoticon-Big Grin

3.valencia jarang kedengeran Dan jarang nyobain sih. Tapi dulu pernah nyobain Valencia senar nylon di gramedia yg harga 2jt an kalau gasalah. Playability enak2 aja , tone nya kebetulan yg ane coba enak sih , mungkin pakai kayu solid top nya?

Semangat om latihan nya , disini saya sharing aja , saya juga ngga ahli kok main gitar emoticon-Ngakak
Saran ane , nanti kalau mau beli gitar yg lebih bagus , langsung aja loncat ke yang 4-5jutaan , biar berasa loncatan kualitasnya, kalau dibawah itu ane rasa so so aja , cuma minor upgrade emoticon-Big Grin
4
profile picture
kaskus geek
21-04-2020 11:18
mantap nih perjalanan kisah si om main gitar. emoticon-thumbsup
ane sih dulu step belajar pengenalan pola atau letak chord pake chord 5 (yg biasa dipake buat rock).
kenikmatannya ya ga sulit buat pemula, dan ga ngebosenin karena berasa udah kek gitaris rock emoticon-Metal:
lanjut ke barre chord (kunci balok/palang).
kalok udah biasa jari-jemari bisa pindah dengan suara yg lumayan lanjut ke ngulik lagu kesukaanemoticon-Stick Out Tongue
2
profile picture
aktivis kaskus
21-04-2020 20:34
1
profile picture
kaskus addict
02-05-2020 23:21
belajar main clasic dan baca not balok gan. seru tuh.
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia