News
Batal
KATEGORI
link has been copied
94
Lapor Hansip
15-04-2020 08:05

Andi Taufan Diminta Mundur, Istana: Yang Bisa Berhentikan Hanya Jokowi

Suara.com - Politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahean meminta Staf Khusus Presiden Andi Taufan Garuda Putra mengundurkan diri dari jabatannya. Andi dituding telah menyalahgunakan wewenang.

Menanggapi hal tersebut, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Donny Gahral Adian mengatakan soal pengunduran diri dari Stafsus Presiden merupakan hak atau kemauan dari Andi.

"Ya kalau mundur (diri dari Stafsus Presiden) itu kan tergantung kemauan yang bersangkutan. Kalau permintaan mundur kalau yang bersangkutan merasa perlu mundur ya mundur," ujar Donny saat dihubungi Suara.com, Selasa (14/4/2020).

Diketahui, Stafsus Jokowi Andi Taufan Garuda Putra membuat surat kepada para camat seluruh Indonesia untuk bekerja sama dalam program Relawan Desa Lawan Covid-19.

Surat tersebut menggunakan kop surat Sekretariat Kabinet yang meminta para camat melibatkan perusahannya PT Amartha Mikro Fintek dalam penanganan Covid-19.

Donny menuturkan, pihak yang bisa memberhentikan Andi dari jabatannya yakni Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini dikarenakan hanya Jokowi yang memiliki wewenang untuk memberhentikan jabatan seorang Stafsus.

"Tapi yang bisa memberhentikan ya hanya presiden yang punya hak prerogratif. Jadi kalau permintaan dia mundur kan meminta kesukarelaan yang bersangkutan untuk mundurm," kata dia.

"Tapi kalau meminta pemberhentian ini tergantung pada pak presiden selaku pemegang hak prerogratif untuk mencopot stafusnya," Donny menambahkan.

Meski dmeikian, Donny menyebut kalau pihak Istana Kepresidenan sudah memberikan teguran keras kepada Stafsus Jokowi tersebut.
Setelah mendapat teguran, Andi kata Donny sudah menyampaikan permohonan maaf atas kesalahannya tersebut.

"Sudah ada teguran keras dan dia minta maaf secara terbuka. Saya kira sudah pada tempatnya," katanya

Sebelumnya, Politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean meminta agar Andi Taufan Garuda Putra, Stafsus Milenial Presiden Jokowi, mundur dari jabatan terkait penerbitan surat yang terindikasi menyalahgunakan wewenang.

Ferdinand mengatakan, kesalahan Andi tidak layak dimaafkan karena pemahaman mengenai sistem pemerintahan yang buruk. Ia meminta agar Andi mundur dari jabatan Staf Khusus Presiden.

"Kesalahan seperti ini tidak layak dimaafkan tapi harus dihukum. Integritas anda buruk, pemahaman anda tentang sistem pemerintahan sangat buruk. Anda tak layak jadi staff khusus Presiden. MUNDURLAH..!!" tulis Ferdinand yang dikutip Suara.com dari akun twitternya @FerdinandHaean2, Selasa (14/4/2020).

Sumur:
https://www.suara.com/news/2020/04/1...n-hanya-jokowi


klo g mundur brti g punya malu
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Andi Taufan Diminta Mundur, Istana: Yang Bisa Berhentikan Hanya Jokowi
15-04-2020 09:00
beneran nanya, emang salah nya dimana ya? ada indikasi korupsi? kolusi? ato ada indikasi kecurangan apa gitu terkait sama surat nya?

gw baca surat nya cm minta biar didukung sama daerah sana buat sosialisasn covid + pendataan apd doang, ato emang gw salah baca?
Diubah oleh Luminus
profile-picture
profile-picture
adriandan dan alslakraditossh memberi reputasi
0 2
-2
profile picture
kaskus maniac
15-04-2020 11:28
@Likpaimin @rifkymrm KRITIS buat kasi tau SALAH nya itu WAJIB, karena pemerintahan harus di KONTROL.

emang ada orang yang GA pernah SALAH?

gini, menyatakan pendapat alias BACOT itu adalah hal yang PALING GAMPANG dilakukan sama MANUSIA, tapi yang susah adalah REALISASI dari BACOT nya itu.

pemimpin SALAH, WAJAR gan, tinggal masalah nya SEBERAPA FATAL kesalahan nya? klo memang FATAL yang mengakibatkan NEGARA CHAOS ato HANCUR ya mari kita minta dia buat MUNDUR dan digantikan oleh ORANG yang lebih KOMPETEN.

tapi klo KRITIK mengarah ke TUDUHAN yang ngga ada BUKTI nya, itu sama aja sudah melakukan PEMBUNUHAN KARAKTER...

kenapa gw selalu bawa KONTRIBUSI sih?

gini klo ada MOTIVATOR yang KERE, rumah ngontrak, ngga punya kendaraan pribadi, ngga punya usaha, ngga punya penghasilan yang jelas, dan dia KOAR2 mengenai CARA HIDUP MENUJU KESUKSESAN, kira2 lu BAKAL DENGERIN ga?

bedakan sama MOTIVATOR yang memang punya USAHA BANYAK, kendaraan pribadi jangan tanya dah banyak nya... terus dia ngomongin soal CARA HIDUP MENUJU KESUKSESAN, kira2 lu bakal DENGERIN ga?

kedua orang diatas MEMBAWAKAN BAHAN yang 100% sama, kira2 lu bakal lebih PERCAYA yang mana?

klo hidup lu sendiri ngga pernah mencoba memberikan KONTRIBUSI yang ber-arti buat NEGARA, tapi BACOT nya paling KERAS seakan2 lu paling BENER dan paling banyak KONTRIBUSI... yah itu mah gw juga BISA tong...

intinya gw SETUJU klo ada yang MENYALAHI ATURAN itu WAJIB diTEGUR, tapi bukan berarti boleh DI BULLY, bahkan DIHAKIMI udah kaya orang laen ga pernah bikin SALAH.
0
profile picture
15-04-2020 11:32
Kalo emang bisa sosialisasi covid + iklanin fintech sendiri bisa... kenapa dia harus menempuh jalan yang salah.... Kalo saya setuju ini pelanggaran berat. Terlalu banyak yang dipertaruhkan.. salah satunya nama baik presiden. Andai saya menjadi beliau... saya pasti mundur dan meneruskan niat baik dengan kekuatan sendiri... untuk buktikan bahwa saya benar2 tulus ingin berjuang buat negeri ini....
0
profile picture
kaskus holic
15-04-2020 11:58
Memang parah sih sebenernya, bikin surat pake kop sekretaris negara, langsung ke camat pula.

Ini diliatnya ni orang ngelangkahin bikrokrasi. Dan yang ga bisa diterima adalah, dia stafsus, yang dituntut untuk udah mengerti hal2 birokratif. Secara juga dia CEO fintech ga main2 juga, masa kaya gitu sembrono banget kesannya. (btw gw jg heran ni org katanya ceo, trs lulusan kampus bagus jg, umur jg ga muda2 amat, 33 taon, bisa2nya teledor gini).

Di perusahaan kecil aja make kop surat perusahaan harus jelas peruntukannya terutama untuk yg dirilis ke luar perusahaan, harus ada stempel, dll.

Tapi dia sdh minta maaf brti sdh tau letak kesalahan nya. Soal konsekuensi ya serahkan ke Jokowi mau nya gmn.

Kalo masalah bully-membully ya susah dikontrol. ga ada yang bisa mengontrol ini dunia maya, siapapun bisa ngomong apa aja, mending gausah dengerin, jangan abisin waktu dengerin orang yang bully.
0
profile picture
kaskuser
15-04-2020 12:05
@Luminus
wah maaf gan, kita ada bebreda prinsip
kalau saya pemerintah ( pemimpin) salah itu tidsk wajar gan hehehe...
cuma disini mungkin baikbya dilihat dari segala aspek aja. memang si stafsus salah dan itu harus dipertanggung jawabkan kalau ada aturan yang disalahinya. tapi nggak juga harus kita jerumuskam terlalu dalam sampai meng analisa niat yang bersanguktan. toh nggak ada yang tahu selain si stafsus niatnya mau sekalian promosiin perushaan atau benar2 cuma membantu
0
profile picture
kaskus addict
15-04-2020 12:21
kira2 klo nadiem buat SE tentang Phsycal Distancing di sekolah2 gimana??misal programnya pembayaran SPP,belanja di kantin dan dana BOS via fintech lalu gojek/gopay yg di tunjuk untuk sosialisasi ke sekolah2. gimana menurut agan?
0
profile picture
kaskus maniac
15-04-2020 12:22
@Likpaimin @rifkymrm gw ga maksa prinsip lu sama kok.

cuma mo mencoba meluruskan aja.
pemimpin = manusia kan?
manusia itu bisa salah kan?

klo pemimpin salah itu ga wajar artinya km meminta seorang manusia yang ngga boleh salah?

kita semua itu PEMIMPIN loh, yess kita adalah PEMIMPIN DIRI KITA SENDIRI, dan klo yang COWO suatu saat bakal jadi PEMIMPIN KELUARGA... terus MUNGKIN ga menurut lu kita NGGA BERBUAT SALAH?

dan perlu diingat, di dunia ini ngga mungkin bisa membuat sebuah keputusan yang MENYENANGKAN semua ORANG. pasti ada aja yang PRO dan KONTRA. semua keputusan pasti ada + dan - nya, tugas pemimpin itu MENILAI mana keputusan yang paling MINIM - nya.

berbuat SALAH itu WAJAR, TAPI JANGAN SENGAJA DIBUAT JADI SALAH.
ato UDAH TAU ITU SALAH, tapi TETEP DILAKUKAN (nah ini baru ga WAJAR)
manusia itu sendiri BELAJAR dari KESALAHAN di MASA lalu kok...

soal bertanggung jawab sama apa yang dia lakukan, gw SETUJU banget kok.
gw liat dia udah MINTA MAAF buat kesalahan dia, artinya dia tau apa yang dia lakukan itu SALAH.

tau ga apa yang paling sulit dilakukan di dunia ini? MINTA MAAF, apalagi klo lu uda jadi seorang PEMIMPIN, dimana EGO lu itu bakal menguasai PIKIRAN lu.

seorang pemimpin yang bisa meminta maaf atas kesalahan nya menurut gw adalah salahg satu ciri pemimpin yang baik.

yang gw ga suka itu komentar2 yang merasa dirinya tuhan yang tau apa yang BAKAL terjadi di MASA DEPAN kehidupan SESEORANG...
0
profile picture
15-04-2020 12:49
Ini yang seharusnya menjadi pembeda antara pemimpin sama rakyat biasa... meski sama2 manusia, kenapa mereka bisa jadi pemimpin? karena mereka dianggap lebih mampu untuk memilah dan memilih mana yang lebih baik dan benar, secara hukum, etika maupun moral.

Betul setiap kebijakan ngga pernah akan bisa menyenangkan semua orang, setidaknya jika sudah ditempuh dengan cara yang benar efek yang timbul tentu lebih minim... katanya tugas pemimpin itu menilai mana keputusan yang paling minim kontra nya... berarti sudah pantaskah menjadi pemimpin?? silahkan masing2 menilai...

Kemaren nonton di Komp*s TV pak budi arie wamendesa katanya ditelpon beberapa kepala daerah yang menanyakan hal tsb, katanya sebagian pembiayaan akan ditanggung daerah... Kalo memang benar begini kan sudah ada indikasi penyelewengan.... Silahkan di kroscek

0
profile picture
kaskuser
15-04-2020 13:20
oh jadi dia cuman maling surat doang, surat bukan jatah dia d pake. harga jual suratnya itu berapa ya? klo misal gue yg minta buatkan itu surat gue harus keluarin duit berapa? tapi kalo gue yg bikin itu surat sudah pasti masuk bui kena pasal maling dokumen. aku dan dia sama2 maling yg beda apa ya kira2?
0
profile picture
kaskuser
15-04-2020 13:54
@Likpaimin @Luminus KHONTHOL LO
0
profile picture
kaskus geek
15-04-2020 13:57



@adriandan

Lo colek ana sambil teriak khonthol

Maksud lo apaan
0
profile picture
15-04-2020 15:22
@Likpaimin @rifkymrm @Luminus

Kpk juga menilai dia salah, yg dia lakuin jatuhnya konflik kepentingan gan. Masa dia ga paham konflik kepentingan.

meskipun niatnya baik(walo sy ga tau niatnya baik ato ga) , tapi kalo caranya salah ya akibatnya seperti sekarang.

Gimana pun penjelasan agan tentang niat dia sampe capslock jebol, publik tetap menyalahkan dia walopun niat dia murni untuk membantu.
0
profile picture
kaskus addict
16-04-2020 05:31
ya udah, doi ga salah...
yang salah di indo cuma dua. salah jokowi kalo ngga salah anis...

orang yg bikin salahnya aja udah klarifikasi salah. ternyata ada pasukannya
0
profile picture
kaskuser
24-04-2020 17:01
@Jamaludin45

pasukan DIE HARD gan, wong uda jelas" salah masih dibelain pake CAPSLOCK segala

ane ketawa aja dah emoticon-Ngakak (S)
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia