News
Batal
KATEGORI
link has been copied
94
Lapor Hansip
15-04-2020 08:05

Andi Taufan Diminta Mundur, Istana: Yang Bisa Berhentikan Hanya Jokowi

Suara.com - Politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahean meminta Staf Khusus Presiden Andi Taufan Garuda Putra mengundurkan diri dari jabatannya. Andi dituding telah menyalahgunakan wewenang.

Menanggapi hal tersebut, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Donny Gahral Adian mengatakan soal pengunduran diri dari Stafsus Presiden merupakan hak atau kemauan dari Andi.

"Ya kalau mundur (diri dari Stafsus Presiden) itu kan tergantung kemauan yang bersangkutan. Kalau permintaan mundur kalau yang bersangkutan merasa perlu mundur ya mundur," ujar Donny saat dihubungi Suara.com, Selasa (14/4/2020).

Diketahui, Stafsus Jokowi Andi Taufan Garuda Putra membuat surat kepada para camat seluruh Indonesia untuk bekerja sama dalam program Relawan Desa Lawan Covid-19.

Surat tersebut menggunakan kop surat Sekretariat Kabinet yang meminta para camat melibatkan perusahannya PT Amartha Mikro Fintek dalam penanganan Covid-19.

Donny menuturkan, pihak yang bisa memberhentikan Andi dari jabatannya yakni Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini dikarenakan hanya Jokowi yang memiliki wewenang untuk memberhentikan jabatan seorang Stafsus.

"Tapi yang bisa memberhentikan ya hanya presiden yang punya hak prerogratif. Jadi kalau permintaan dia mundur kan meminta kesukarelaan yang bersangkutan untuk mundurm," kata dia.

"Tapi kalau meminta pemberhentian ini tergantung pada pak presiden selaku pemegang hak prerogratif untuk mencopot stafusnya," Donny menambahkan.

Meski dmeikian, Donny menyebut kalau pihak Istana Kepresidenan sudah memberikan teguran keras kepada Stafsus Jokowi tersebut.
Setelah mendapat teguran, Andi kata Donny sudah menyampaikan permohonan maaf atas kesalahannya tersebut.

"Sudah ada teguran keras dan dia minta maaf secara terbuka. Saya kira sudah pada tempatnya," katanya

Sebelumnya, Politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean meminta agar Andi Taufan Garuda Putra, Stafsus Milenial Presiden Jokowi, mundur dari jabatan terkait penerbitan surat yang terindikasi menyalahgunakan wewenang.

Ferdinand mengatakan, kesalahan Andi tidak layak dimaafkan karena pemahaman mengenai sistem pemerintahan yang buruk. Ia meminta agar Andi mundur dari jabatan Staf Khusus Presiden.

"Kesalahan seperti ini tidak layak dimaafkan tapi harus dihukum. Integritas anda buruk, pemahaman anda tentang sistem pemerintahan sangat buruk. Anda tak layak jadi staff khusus Presiden. MUNDURLAH..!!" tulis Ferdinand yang dikutip Suara.com dari akun twitternya @FerdinandHaean2, Selasa (14/4/2020).

Sumur:
https://www.suara.com/news/2020/04/1...n-hanya-jokowi


klo g mundur brti g punya malu
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Andi Taufan Diminta Mundur, Istana: Yang Bisa Berhentikan Hanya Jokowi
15-04-2020 09:00
beneran nanya, emang salah nya dimana ya? ada indikasi korupsi? kolusi? ato ada indikasi kecurangan apa gitu terkait sama surat nya?

gw baca surat nya cm minta biar didukung sama daerah sana buat sosialisasn covid + pendataan apd doang, ato emang gw salah baca?
Diubah oleh Luminus
profile-picture
profile-picture
adriandan dan alslakraditossh memberi reputasi
0 2
-2
profile picture
kaskus geek
15-04-2020 09:12
Emang blm korupsi ...emoticon-Malu

Yg dibahas administrasi surat menyurat dan sopan santun beretika di struktur pemerintahan emoticon-Big Grin







1
profile picture
kaskus maniac
15-04-2020 09:29
@Likpaimin ooohhhh. terus yang protes2 gara2 tu surat udah berbuat apa buat membantu menangani covid-19 ini? bantu sosialisasi? bantu apd? ato cuma bantu ngebacot doang?

sakit emang ni negara, lebih besar bacot daripada kerja.
0
profile picture
kaskus geek
15-04-2020 10:03
@Luminus

Pertanyaan nya begini ...


Maksud lo apa .. nawarin perusahaan lo kerjasama penanganan covid

Tapi lo kirim surat pake kop sekretariat kabinet


Harusnya gitu
2
profile picture
kaskus maniac
15-04-2020 10:15
@Likpaimin karna dia ceo perusahaan nya, jadi lebih gampang menggerakan karyawan nya untuk membantu dibanding harus nyari karyawan di perusahaan lain.

emang perusahaan dia harus dibayar sama pemda buat sosialisasi? surat nya cuma minta DUKUNGAN doang loh, dukungan itu bisa dari ijin dan lain2 biar dipermudah.

masalah sosialisasi itu bener2 urgent loh, semakin masyarakat cepet tau, semakin bisa ditekan tingkat penyebaran nya (klo masyarakat nya bisa NURUT tentunya). bahkan masalah yang se-urgent gini aja DIRIBUTIN, terlalu banget.

klo memang pemda harus bayar ke perusahaan dia buat sosialisasi ini, ok gw setuju kok, itu udah abuse of power. lah ini cuma mau BANTU sosialisasi loh, dan klo dari surat keterangan dia, BIAYA nya DITANGGUNG sama PERUSAHAAN dia dan DONASI...

makanya gw tanya, apakah ada unsur KORUPSI? ato unsur MINTA DUID ga? klo ada, ok gw juga DUKUNG kok buat nyuruh tu orang MUNDUR, karena ter-indikasi bisa KORUPSI di kemudian hari.

makanya knp gw bilang, ni negara sakit, lebih banyak bacot daripada kerja... ada orang mau kerja, malah di bacotin... giliran ada orang bacot ngga jelas kerjanya apaan, dibiarin ga di kritik.

soal etika dan sopan santun? gw lebih butuh hasil kerja daripada cuma keliatan "sopan" doang.

soal dia salah pake surat resmi pemerintahan, ya sudah diajarin aja biar dia lebih baik lagi di kemudian hari, bukan DIBACOTIN ga jelas kaya gini. belom tentu klo LU ORANG yang BACOTIN dia saat ini bisa LEBIH BAIK juga dari DIA kan? klo memang ngga bisa BANTU banyak, minimal BANTU lah untuk DIAM dan ga banyak BACOT.
1
profile picture
kaskus maniac
15-04-2020 10:28
udah penyalahgunaan wewenang, ujung2 nya minta kucuran dana dari pemerintah untuk sosialisasinya. jamanskg jangan terlalu denial. kita semua gatau udah seberapa parah negara di gerogotin dari dalam. lebih baik bersikap kritis dalam upaya pencegahan
2
profile picture
kaskuser
15-04-2020 10:36
@Luminus @Likpaimin Di pemerintah ada aturan mainnya gan ngga bisa main inisiatif sendiri aja, kalo ngga ada punishment nya bisa jadi satu saat dia gunakan kewenangannya utk urusan pribadinya...
1
profile picture
kaskus maniac
15-04-2020 10:41
@dimashardi wewenang apa yang disalahgunakan?
gw bukan denial kok, tapi klo terlalu berpikiran buruk juga bikin lu ngga bisa maju.

sekarang jaman juga uda serba maju kan? informasi sendiri juga udah bisa tersebar dengan cepat, klo memang ujung2 nya minta duid, toh tinggal di viral-in kan sama pemda sana... ato jangan2 ini di VIRAL-in gara2 di sana NGGA DAPET DUID?

ngga bakal ada abis nya klo mikir NEGATIF molo...

polisi aja klo nangkep penjahat selalu pake asas praduga ga bersalah, lah ini belom "NGAPA2in" udah dibilang ntar bakalan minta kucuran duid negara... lah lagian MEMANG NEGARA juga ber KEWAJIBAN buat sosialisasi COVID-19 ini kan ke MASYARAKAT? artinya memang harus ada DANA yang disiapkan...

ngga sekalian itu yayasan budha tzuchi yang ngasih bantuan disebut BUDANISASI? ohhh gw lupa itu mah BAGI BAGI duid, makanya pada DIEM semua... di indonesia sini klo urusan BAGI BAGI duid semua orang mendadak DIEM dan LUPA akan SEGALA NYA...
0
profile picture
kaskus geek
15-04-2020 10:44
@dimashardi @Luminus


Case closed aja ..

Dlm dunia proposal ... kli ada tanda tangan atau paraf pejabat nganu .. atau malah kop surat instansi

Berarti ybs minta di spesialkan .... di dahulukan .... diperhatikan ..

1
profile picture
kaskus maniac
15-04-2020 10:49
@Likpaimin @dendietheo oh setuju klo lu bilang ada aturan nya... ya tinggal di ajarin lah, toh dia juga masih MUDA, yang semangat nya sangat besar, yang mungkin kesel melihat "lamban" nya pemda dalam bertindak.

tapi bukan berarti terus di cap, oh mau korupsi.. oh nanti suatu saat dia bakal pakai kekuasaan nya... jangan SOK TAU akan MASA DEPAN, MASA DEPAN cuma TUHAN yang tau, kita sebagai manusia cuma perlu bekerja dan berdoa aja.

semua orang JUGA PUNYA POTENSI KORUPSI ato MENGGUNAKAN KEKUASAAN nya pada saat dia jadi PEMIMPIN, cuma masalah nya adalah DIA MAU APA NGGA, seberapa baik dia bisa menjalankan AMANAH dan TANGGUNG JAWAB nya, dan ini balik lagi ke PERSONAL MASING-MASING orang... dan lu udah CAP orang laen BURUK sebelum dia MELAKUKAN nya... SHAME ON YOU
1
profile picture
kaskus geek
15-04-2020 10:53
@Luminus

Bego lo ah ...


Dr depan lo sdh teriak dia CEO amarta ..
Lo tahu kan arti ceo ... lo anggap dia kagak paham tata cara surat menyurat



Brati yg bego jelas lo nya


Sory sory bae klo basa nyonge kasar

0
profile picture
kaskus maniac
15-04-2020 10:57
@Luminus lah ditanya lagi wewenang apa yg disalahgunakan. udah baca isi suratnya ga bro?? udah baca berita klarifikasi minta maaf dia ga??

gini bro, dia niat awal aja udah berbohong. trus lu maksa masyarakat buat yakin bahwa dia bohong demi menolong??? kalau memang niat menolong ya dengan cara yg jujur dan benar, sampaikan ke presiden niat dan tujuan. presiden kan bisa dengan mudah mengeksekusi sesuai dengan prosedurnya.

ini jangan2 dia diem2 aja tuh bikin surat tanpa sepengetahuan sekretaris negara atau bahkan presiden. stempel aja gag ada
0
profile picture
kaskus maniac
15-04-2020 11:01
@dimashardi @Likpaimin oh SETUJU kok, tp LIAT dong ISI SURAT nya... nih gw KUTIP lagi ya...

Adapun cakupan komitmen bantuan yang akan diberikan adalah sebagai berikut:

1. Edukasi COVID-19

Petugas lapangan Amartha akan berperan aktif memberikan edukasi kepada masyarakat di desa, khususnya mitra Amartha. Adapun materi edukasi meliputi tahapan gejala, cara penularan, dan pencegahan COVID-19 sesuai protokol kesehatan dan standar WHO.

Kemudian, tata cara pencegahan penularan COVID-19, mulai dari pola hidup sehat dan bersih, hingga penerapan physical distancing.

2. Pendataan Kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) Puskesmas

Petugas lapangan Amartha akan berperan aktif dalam melakukan pendataan kebutuhan APD di Puskesmas atau layanan kesehatan di desa, dan memenuhi kebutuhan tersebut melalui jalur donasi.

Oleh karena itu, kami mohon bantuan Bapak/Ibu beserta para perangkat desa terkait agar dapat mendukung pelaksanaan program kerja sama ini agar dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik dan efektif.

yang diminta cuma MENDUKUNG PELAKSANAAN PROGRAM agar berjalan EFEKTIF dan BAIK... WAJAR ga dia minta di SPESIALKAN? karena ini masalah WAKTU, semakin CEPAT masyarakat TER-EDUKASI BAHAYA COVID ini, artinya kita bisa MENEKAN orang yang TERINFEKSI...

dukungan dari pemda bisa macem2 kan? misal bantu siapin tempat, bantu ngumpulin MASYARAKAT, kasi tau daerah MANA yang harus di DAHULUKAN, dll...

lah ini MIKIR NYA NTAR BAKAL MINTA DUID, ntar DIA bakal ABUSE of POWER...

kok gw bela banget sih? karena gw SEDIH ngeliat orang yang BERNIAT baik tapi harus berakhir di BULLY.

gw SETUJU kok mungkin memang seharusnya dia ngga usah KIRIM surat pake KOP surat pemerintahan, tapi bukan BERARTI terus di BULLY sampe kayanya dia tuh ORANG PALING SALAH DI DUNIA INI dan tak TERMAAFKAN...
1
profile picture
kaskus addict
15-04-2020 11:02
@dimashardi @Luminus diluar salah administrasi kenegaraan yang membuat KSP harus memberi teguran keras, ini tentang konflik kepentingan yg bs berujung ke kolusi, korupsi dan nepotisme

Amartha mikro fintek ini adalah microfinance yg fokus pada pelaku usaha mikro yg sulit dapat pembiayaan oleh perbankan dimana pangsa pasarnya pasti banyak di pedesaan. Oke lah niatnya baik dan bahkan itu mungkin mereka akan mengeluarkan modal sendiri, tapi sebelum surat itu ada seberapa banyak warga pedesaan TAHU ADA MIKROFINTECH YG NAMANYA AMARTHA? kehadiran mereka disana tidak hanya sebagai relawan kemanusiaan tapi sekaligus solusi pembiayaan bagi umkm terdampak.

Pejabat negara kolusi dan nepotisme itu sudah rahasia umum, tapi tidak dengan cara vulgar begini dengan terang terangan meminta lewat surat dgn identitas resmi kenegaraan yg scr tidak langsung meminta kepala-kepala desa harus terlibat dan bekerja sama.
0
profile picture
15-04-2020 11:05
@dimashardi @Likpaimin @Luminus

Naif sekali...

Yaaaa berprasangka baik saja, meskipun pasti conflict of interest dan tidak ada udang dibalik bakwan
0
profile picture
kaskus maniac
15-04-2020 11:06
@Luminus kalo niat berbuat baik, ya pakai cara yg baik dan jujur donk. kan ga mungkin sekelas stafsus dan ceo pakai dalih khilaf. kalau org yg ga sekolah masih bisa diterima berbohong alasannya khilaf
0
profile picture
kaskus maniac
15-04-2020 11:07
@Likpaimin sekarang klo gw NYURUH lu buat jadi RELAWAN sosialisasi COVID-19 mau ga? siapa gw bener?

sekarang dia CEO perusahaan dia, artinya dia lebih GAMPANG buat MENGGERAKAN kantor nya buat MEMBANTU dong? WAJAR aja menurut gw klo dia MELAKUKAN itu...

yang NGGA WAJAR klo dia MINTA DUID SAMA PEMERINTAH, buat JALANIN itu...

klo lu mo bilang ah ALESAN aja, ntar juga UJUNG2 nya MINTA DUID... klo sampe gitu BARU VIRAL-IN lah itu SURAT, toh itu SURAT RESMI kan, ada ARSIP nya juga, barulah lu semua boleh TERIAK2 ini ABUSE of POWER, ini berniat KORUPSI dll...

ini minta duid aja belom, udah dituduh KORUPSI... ibarat lu baru MASUK ke TOKO orang, terus lu langsung diteriakin MALING, enak ga?

SETUJU kok soal SURAT itu memang lebih baik dia ngga pake surat resmi PEMERINTAHAN, tapi ya KRITIK mengenai SURAT nya aja, ngga usah SOK TAU bilang NTAR BESOK2 JUGA dia bakalan KORUPSI... anjirrr di indonesia ini memang banyak yang berlagak kaya tuhan yang bisa tau MASA DEPAN...
0
profile picture
kaskus geek
15-04-2020 11:07
@dimashardi @Luminus @angintimur9


Ana sdh berprasangka baik kok ...

Cm bilang ada yg miss dlm sopan santun berkirim surat


Ana kagak nuduh cem macem
0
profile picture
kaskus maniac
15-04-2020 11:09
@Vikutorika kan memang ini yg kita takutkan, ada tujuan terselubung dibalik "niat baik". jamam skg selalu positif thinking yg ada di bego2in.
0
profile picture
kaskus maniac
15-04-2020 11:12
@dimashardi @Vikutorika terus klo dia mau sosialisasi jalan sendiri disana jmengenai covid + iklanin fintech dia emang ga bisa?

gw rasa klo cuma mau buat iklanin fintech dia, ngga perlu pake bantuan negara... toh fintech dia selama ini juga rasanya ngga di iklanin sama negara dan jalan2 aja tuh... dia ngga jadi stafsus juga jalan2 aja kok.

tapi klo dia minta duid ke negara buat bikin sosialisasi + iklanin fintech dia, ini baru bangsad namanya...

emang ada CSR dari perusahaan yang ngga BAWA nama PERUSAHAAN?

soal surat, gw setuju kok dia salah knp pake nama negara, yang gw ngga setuju adalah, knp sih hrs sampe di bully abis2an? tegur keras, ajarin, kasi tau yang benar itu seperti apa, dan itu CUKUP. toh dia juga udah minta MAAF kan?
0
profile picture
kaskuser
15-04-2020 11:12
@Luminus @Likpaimin
gan di uud nggak ada pasal yang menyebutkan untuk berpendapat minimal harus punya prestasi atau kontribusi 😁
memang betul mungkin si Stafsus sudah ada berbuat banyak buat bantu negara, itu hal dia gan. tapi itu kontribusi itu bukan imunitas yang membuat dia diperbolehkan kalaunya melakukan hal yang salah( dalam hal ini kesalahannya kayaknya masalah administrasi ya)

justru lebih sakit lagi negeri ini kalau pemerintah yang bekerja tak dibacotin kesalahannya. dengan dalil mereka sudah berbuat sementara yang mengkritik nggak banyak berbuat.
contohnya aja dalam sepak bola wasit itu mengatur bisa aja menganulir gol yang indah kalaunya ada sedikit saja melanggar aturan main, masa si pemain jawab wasitnya " emang lo bisa bikin gol kaya gue, senaknya aja ngatain salah nikin gol nggak bisa"
hehe
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia