Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
8
Lapor Hansip
08-04-2020 15:58

Mengapa Hujan Bikin Perasaan Agan dan Sista Menjadi Galau?

Mengapa Hujan Bikin Perasaan Agan dan Sista Menjadi Galau?Mengapa Hujan Bikin Perasaan Agan dan Sista Menjadi Galau?


Pernahkah Anda merasa galau ketika langit gelap dan turun hujan? Jika ya, Anda tidak sendirian. Fenomena ini ternyata dialami oleh banyak orang dan memang memiliki kaitan dengan cuaca di sekitar Anda. Dengan kata lain, turunnya hujan memang bisa bikin seseorang menjadi galau.

The Pennsylvania State University menyebutkan bahwa cuaca sangat memengaruhi perilaku dan cara berinteraksi dengan orang lain, tetapi pengaruhnya berbeda pada tiap orang dan tergantung pada kondisi masing-masing. Lantas, apa alasan ilmiah di balik hujan yang bikin perasaan Anda menjadi galau? Simak penjelasannya berikut ini.

Kenapa Agan dan Sisa jadi galau saat hujan?

Cuaca buruk dapat membuat mood seseorang menjadi negatif, seperti yang ditemukan pada salah satu penelitian dalam jurnal Science. Menurut penelitian tersebut, sekitar sembilan persen orang tergolong dalam kelompok orang-orang yang membenci hujan.

Kelompok ini merasa lebih mudah marah dan kurang bahagia saat curah hujan sedang tinggi-tingginya. Penelitian pendukung lainnya bahkan turut menemukan bahwa hujan membuat orang-orang lebih sering menuliskan sesuatu yang negatif di media sosial.

Seorang psikolog klinis di San Fransisco, Tecsia Evans, Ph.D., mengatakan bahwa ada orang yang lebih rentan merasa sedih serta sendirian ketika cuaca mendung. Namun, hujan sebenarnya tidak secara langsung bikin suasana hati terasa galau. Perasaan galau tersebut muncul dari keadaan sekitar Anda.

Hujan mungkin membuat Anda ingin tetap berada di kamar dan menutup badan dengan selimut, tapi hal ini justru membatasi cahaya yang masuk ke rumah. Padahal, sejumlah studi menemukan bahwa paparan cahaya bisa meningkatkan serotonin. Serotonin adalah senyawa yang menimbulkan rasa bahagia.

Derasnya hujan juga membatasi kegiatan yang dapat Anda lakukan. Anda pun tidak bisa menjalani rutinitas atau kegiatan yang menyenangkan seperti bertemu teman, berolahraga, dan sebagainya. Akibatnya, Anda lebih mudah merasa sedih dan lelah.

Jika Anda merasa sulit berkonsentrasi saat hujan, ini juga salah satu efek yang muncul akibat cuaca. Berdasarkan sejumlah penelitian terdahulu, tingginya kelembapan udara ketika hujan dapat memicu rasa kantuk dan berakibat pada menurunnya konsentrasi.

Seakan belum cukup, cuaca mendung dan hujan yang terus mengguyur turut membuat satu hari terasa pendek dan tidak senikmat hari-hari cerah. Semua ini terjadi secara bersamaan dan menimbulkan kesan seolah hujan yang bikin Anda merasa galau.

Tapi hujan juga tidak selalu bikin galau, kenapa? Cari tahu di sini: https://hellosehat.com/hidup-sehat/f...n-bikin-galau/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NadarNadz dan 15 lainnya memberi reputasi
16
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Mengapa Hujan Bikin Perasaan Agan dan Sista Menjadi Galau?
11-04-2020 09:58
Gimana enggak galau? Enak2 main game dengerin musik ketika hujan deras, eh malah kesetrum gara2 listrik rumah kesambar petir emoticon-Cape d...
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Kids & Parenting
seks-siapa-takut
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia