Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
412
Lapor Hansip
09-04-2020 01:07

Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?

Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?

Hai Gansis!



Akibat libur panjang yang awalnya hanya 14 hari mulai dari 16 sampai 29 Maret 2020, kini diperpanjang sampai 21 April. Bahkan di beberapa wilayah ada yang sampai sehabis lebaran, terdengar slentingan dan omongan yang tidak mengenakkan untuk para guru.

"Sekolah libur panjang, enak dong gurunya. Makan gaji buta."

"Nggak kerja, tapi tetep dibayar. Enak sekali para guru."

Slentingan dan omongan miring tentang guru makan gaji buta sering terdengar semenjak sekolah libur pada tanggal 16 Maret 2020. Yang bilang seperti itu jelas orang yang nggak paham. Pasalnya yang libur itu sekolahnya saja, demi menekan penyebaran virus Covid-19, tetapi kegiatan belajar mengajar tetap berjalan. Gaji guru pun nggak seberapa, apalagi kalau hanya guru honorer dan seorang guru RA yayasan.

Kenapa ane bilang seperti itu? Karena ane juga seorang guru GanSis. Jadi, guru nggak makan gaji buta. Meski nggak pakai seragam dan berangkat ke sekolah, para guru tetap bekerja dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar dari rumah. Dan tentunya hal itu lebih rumit dari mengajar di kelas dengan bertatap muka.

Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
WFH

Orang yang hanya melihat dan mengamati nggak akan tahu apa yang sebenarnya dirasakan para guru. Asal GanSis tahu, selama proses WFH guru harus siap 24 jam. Karena jumlah siswa yang banyak dan waktu online tidak sama, terkadang harus menjawab beberapa pertanyaan yang sama di waktu yang berbeda, tak hanya satu dua kali. Berbeda dengan proses belajar dengan bertatap muka di kelas, sebab ditentukan waktunya. Sedangkan jika melalui daring nggak bisa ditetapkan waktunya. Nggak mungkin guru menolak pertanyaan murid terkait mata pelajaran yang tak dipahaminya karena sudah malam, atau lewat tenggang waktu.


Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
Tugas kreatifitas anak-anak didik ane


Nanti kalau diberi DL para murid protes dan yang disalahkan guru lagi. Meski memang ada beberapa sekolah yang memberi DL pada siswanya dalam mengerjakan tugas. Itu semua sebenarnya dilakukan supaya para murid memiliki tanggung jawab terhadap tugasnya. Kalau nggak begitu banyak yang menyepelekan dan terlalu santai. Padahal guru pun dikasih DL dari atasan untuk pengerjaan laporan. Tetapi, seharusnya guru juga bijak dalam memberi tugas sesuai kemampuan siswa.



Nah, setiap guru mulai dari tingkatan PAUD/TK sampai SMA wajib membuat laporan kegiatan belajar mengajar melalui daring. Harus menyertakan bukti fisik kegiatannya. Itulah kenapa para murid disuruh mengirim gambar atau foto saat belajar di rumah. Jadi, selama libur atau belajar dari rumah kerjaan guru malah lebih ribet dan rumit. Tapi, ya memang itu kewajiban yang harus dilakukan, nggak boleh mengeluh meski gajinya tak sebanding.

Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
Tugas belajar di rumah anak-anak didik ane


Kembali lagi ke gaji buta, ada beberapa pihak sekolah yang tidak membayar para guru honorer, ada juga yang dibayar cuma separuh, tetapi ada juga yang dibayar full. Tergantung kebijakan pihak sekolah. Nah, kalau yang nggak dibayar sama sekali, gimana mau makan gaji buta? Yang ada malah kering kantongnya buat beli kuota internet. Karena proses belajar mengajar melalui daring bikin boros kuota. Nggak percaya? Ya sudahlah ane nggak maksa, asal jangan ragukan lagi cinta ane, Gan. Eaaak. emoticon-Wagelaseh


Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
Tugas anak-anak didik

Jadi, GanSis masih menganggap kalau guru itu makan gaji buta? Yang jelas kalau nggak tahu apa yang terjadi, lebih baik jaga ucapan agar tak saling menyakiti. Itulah susahnya jika lidah tak bertulang. Mari jaga hati, pikiran, dan mulut dari hal yang unfaedah. Jangan lupa tetap bahagia.

Ok, Gansis kalau sudah baca jangan lupa kasih cendol, rating, komen, share, dan beri aku cinta, eh. Sekian dan terima cinta. emoticon-Ngakak

Pict dari koleksi pribadi
Opini pribadi dan cerita dari sesama teman guru
profile-picture
profile-picture
profile-picture
amyjk02 dan 71 lainnya memberi reputasi
72
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
10-04-2020 07:03
gajinya guru nggak seberpa tapi kenapa mereka selalu dihujat ya? ada aja pas pandemi corona seperti ini masih ada yang nyinyir kalau guru makan gaji buta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
amyjk02 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
profile picture
kaskus geek
10-04-2020 10:39
guru swasta gajinya gede..
uang sekolah aja sebulan bisa jutaan untuk sd swasta
1
profile picture
kaskus addict
10-04-2020 12:15
Kalau gaji guru yayasan di desa, maupun guru swasta di desa yang belum sertifikasi gajinya dikit. Nggak sampai 300. Apalagi guru RA macem ane, cuma 200
3
profile picture
kaskus geek
10-04-2020 17:26
@Anna471 mungkin ga semua guru jg yg gaji gede.. paling jg guru2 yg mengajar di sekolah favorit swasta itu yg lumayan gede.. kalo yayasan atau sd negri mah memang memprihatinkan dari jaman dulu
2
profile picture
kaskus addict
11-04-2020 01:22
@geforce9800gtx Iya, di swasta aja kadang nggak gede, keliatannya aja, meski siswanya bayar spp mahal, lah kan spp nggak cuma sekadar buat bayar guru,
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia