Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
412
Lapor Hansip
09-04-2020 01:07

Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?

Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?

Hai Gansis!



Akibat libur panjang yang awalnya hanya 14 hari mulai dari 16 sampai 29 Maret 2020, kini diperpanjang sampai 21 April. Bahkan di beberapa wilayah ada yang sampai sehabis lebaran, terdengar slentingan dan omongan yang tidak mengenakkan untuk para guru.

"Sekolah libur panjang, enak dong gurunya. Makan gaji buta."

"Nggak kerja, tapi tetep dibayar. Enak sekali para guru."

Slentingan dan omongan miring tentang guru makan gaji buta sering terdengar semenjak sekolah libur pada tanggal 16 Maret 2020. Yang bilang seperti itu jelas orang yang nggak paham. Pasalnya yang libur itu sekolahnya saja, demi menekan penyebaran virus Covid-19, tetapi kegiatan belajar mengajar tetap berjalan. Gaji guru pun nggak seberapa, apalagi kalau hanya guru honorer dan seorang guru RA yayasan.

Kenapa ane bilang seperti itu? Karena ane juga seorang guru GanSis. Jadi, guru nggak makan gaji buta. Meski nggak pakai seragam dan berangkat ke sekolah, para guru tetap bekerja dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar dari rumah. Dan tentunya hal itu lebih rumit dari mengajar di kelas dengan bertatap muka.

Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
WFH

Orang yang hanya melihat dan mengamati nggak akan tahu apa yang sebenarnya dirasakan para guru. Asal GanSis tahu, selama proses WFH guru harus siap 24 jam. Karena jumlah siswa yang banyak dan waktu online tidak sama, terkadang harus menjawab beberapa pertanyaan yang sama di waktu yang berbeda, tak hanya satu dua kali. Berbeda dengan proses belajar dengan bertatap muka di kelas, sebab ditentukan waktunya. Sedangkan jika melalui daring nggak bisa ditetapkan waktunya. Nggak mungkin guru menolak pertanyaan murid terkait mata pelajaran yang tak dipahaminya karena sudah malam, atau lewat tenggang waktu.


Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
Tugas kreatifitas anak-anak didik ane


Nanti kalau diberi DL para murid protes dan yang disalahkan guru lagi. Meski memang ada beberapa sekolah yang memberi DL pada siswanya dalam mengerjakan tugas. Itu semua sebenarnya dilakukan supaya para murid memiliki tanggung jawab terhadap tugasnya. Kalau nggak begitu banyak yang menyepelekan dan terlalu santai. Padahal guru pun dikasih DL dari atasan untuk pengerjaan laporan. Tetapi, seharusnya guru juga bijak dalam memberi tugas sesuai kemampuan siswa.



Nah, setiap guru mulai dari tingkatan PAUD/TK sampai SMA wajib membuat laporan kegiatan belajar mengajar melalui daring. Harus menyertakan bukti fisik kegiatannya. Itulah kenapa para murid disuruh mengirim gambar atau foto saat belajar di rumah. Jadi, selama libur atau belajar dari rumah kerjaan guru malah lebih ribet dan rumit. Tapi, ya memang itu kewajiban yang harus dilakukan, nggak boleh mengeluh meski gajinya tak sebanding.

Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
Tugas belajar di rumah anak-anak didik ane


Kembali lagi ke gaji buta, ada beberapa pihak sekolah yang tidak membayar para guru honorer, ada juga yang dibayar cuma separuh, tetapi ada juga yang dibayar full. Tergantung kebijakan pihak sekolah. Nah, kalau yang nggak dibayar sama sekali, gimana mau makan gaji buta? Yang ada malah kering kantongnya buat beli kuota internet. Karena proses belajar mengajar melalui daring bikin boros kuota. Nggak percaya? Ya sudahlah ane nggak maksa, asal jangan ragukan lagi cinta ane, Gan. Eaaak. emoticon-Wagelaseh


Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
Tugas anak-anak didik

Jadi, GanSis masih menganggap kalau guru itu makan gaji buta? Yang jelas kalau nggak tahu apa yang terjadi, lebih baik jaga ucapan agar tak saling menyakiti. Itulah susahnya jika lidah tak bertulang. Mari jaga hati, pikiran, dan mulut dari hal yang unfaedah. Jangan lupa tetap bahagia.

Ok, Gansis kalau sudah baca jangan lupa kasih cendol, rating, komen, share, dan beri aku cinta, eh. Sekian dan terima cinta. emoticon-Ngakak

Pict dari koleksi pribadi
Opini pribadi dan cerita dari sesama teman guru
profile-picture
profile-picture
profile-picture
amyjk02 dan 71 lainnya memberi reputasi
72
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Sekolah Libur Karena Pandemi Covid-19, Guru Makan Gaji Buta, Benarkah?
09-04-2020 11:15
Nih pendapat gue berdasarkan hal yang gue alami sendiri :
1. Guru gak pernah berdiskusi dengan murid saat memberikan tugas atau memberikan pengajaran kepada murid atas tugas yang diberikan dengan alasan kuota terbatas dan muridnya banyak
2. Guru gak pernah peduli dengan proses, mereka cuma peduli tugas selesai dikerjakan sesuai dengan date line
3. Guru telah berubah yang semula sebagai pengajar dan pendidik sekarang hanya menjadi sang pemberi tugas
4. Guru gak pernah berpikir kalo muridnya kebingungan saat akan mengerjakan tugas karena di rumah tidak ada orang tua murid yang bisa membantu tugas anaknya
5. Pernah gak guru berpikir gimana repotnya orang tua murid yang harus direpotkan selain dengan pekerjaan juga dengan tugas yang dikirimkan guru ke anaknya
6. Penghasilan orang tua murid berkurang malah ada yang sampai tidak punya penghasilan akibat wabah corona sekarang bebannya bertambah karena harus mem-back up tugas guru di rumah, beli quota internet, sementara guru WFH tapi dapet gaji full
7. Orang tua sudah mem-back up tugas guru tanpa gaji yang ada malah bayar SPP tetap
8. 75% tugas dan tanggung jawab guru disekolah sekarang menjadi beban orang tua murid
9. Udah ah, mau bantuin anak dulu bikin PR, kalo gak dikirim sesuai date line kasian anak gue ntar langsung dianggap BOLOS sama gurunya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
amyjk02 dan 29 lainnya memberi reputasi
26 4
22
profile picture
kaskus addict
09-04-2020 12:10
@gimanague yup memang ada beberapa guru yang seperti itu. tetapi nggak bisa disamaratakan 😁
dan sebaiknya memang guru itu nggak memberi tugas yg memberatkan, harus bisa kreatif juga gimana caranya siswa nggak bosan belajar di rumah.

kebetulan kalau ane pribadi nggak pernah ngasih tugas yg memberatkan orang tua dan murid. Ya ane emang guru TK, tapi pas lihat keluhan dari beberapa wali siswa yg sekolah di tempat lain di sosmed ngeluhnya, tugasnya bikin pusing orang tua. tapi di sekolah ane nggak, tugas selama belajar di rumah nggak memberatkan murid, dan nggak ada yg ngeluh. Karena tugas paling baca iqro, hafalan doa sehari-hari, bikin kreatifitas, bantu orang tua beres-beres di rumah. sehari cuma satu tugas doang. karena ane paham repotnya orang tua gimana, kalau di rumah, karena ane juga gitu.

di MA pun ane ngasih materi dan tugasnya juga nggak terlalu bikin pusing mereka.

jadi nggak bisa disamaratakan ya 😁
4
profile picture
kaskus addict
09-04-2020 12:13
satu lagi ada yang nggak dapat gaji juga kok, ane contohnya, selama belajar di rumah nggak dapat bayaran sama sekali. Jadi nggak semua guru dapat gaji full. Di MA ane juga begitu cuma dapat gaji separuh. Penghasilan nggak ada, tapi harus tetap beli kuota internet buat mantau anak-anak lewat WA.

Gaji ane pun nggak seberapa soalnya hanya guru Yayasan. Pas pandemi seperti ini nggak dapat gaji.
2
profile picture
kaskuser
10-04-2020 07:25
pernah gak orang tua murid berpikir, kalau guru selain memberi materi pelajaran. pun membantu anaknya mengerjakan tugas dari guru anaknyaπŸ‘
6
profile picture
kaskus addict
10-04-2020 07:25
Masalah quota Internet coba tanyakan ke kepala sekolah di mana anak Anda sekolah.

Peraturan terbaru mengatur dana BOS dapat digunakan untuk pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (online) dikarenakan pandemi covid-19.

Saya sendiri seorang guru, di tempat saya masalah yg sama terjadi juga.

Masalah quota internet.....

Saya sendiri isi quota pakai dana pribadi, siswa saya juga seperti itu....sehingga banyak cemooh yg disampaikan kepada guru biasa....

Saya sudah sampaikan ke kepala sekolah...tapi sepertinya sengaja pura pura begok...pastinya supaya uang DANA BOS bisa masuk ke kantong pribadi....

Mungkin kalau orang tua dan siswa yg sampaikan beda cerita....Kepala Sekolah kemungkinan akan sulit untuk menolak...

Sialnya, ditempat saya di pedalaman ini...siswa dan orang tua sangat tidak kritis...dan diam saja, mereka lebih suka menekan guru biasa yg kendaraannya cuma supra butut...dibanding protes ke kepala sekolah yg naik Fortuner....

Semoga agan termasuk orang tua yg kritis...sehingga kesalahan tidak melulu dilemparkan ke pundak guru biasa....
7
profile picture
kaskus addict
10-04-2020 08:15
ape lebih milih kena covid tu anak, trus nularin ke ortunya trus ortunya mokad dan si anak malah putus sekolah dan jadi yatim piatu emoticon-Big Grin
3
profile picture
kaskuser
10-04-2020 08:44
Kok ane malah seneng2 aja ya nemenin anak berkreasi di rumah tugas dari guru2nya kan sering tuh anak TK di suruh bikin kreasi malah happy...hihihi..dasarnya aja ane suka bikin2 kreasi sama anak meskipun waktu sekolah normal..entah ya kalo sudah masuk SD mungkin tambah berat tugasnya
4
profile picture
kaskus addict
10-04-2020 08:50
@louisadarla Harusnya begitu....kalau anak mau berhasil, yang harus dominan itu ya orang tua....sebesar apapun gaji guru mereka itu tetap 'orang lain' bagi siswa....

Apalagi dengan model pendidikan seperti di Indonesia sekarang ini...sebagai guru saya sendiri berani untuk mengatakan jangan berharap banyak dari sekolah....
3
profile picture
Retired Do it Yourself Enthusiast
10-04-2020 09:29
org tua taunya bayar bae, makanya dua2nya sibuk cari kerja yak emoticon-Ngacir
4
profile picture
kaskuser
10-04-2020 11:19
Ada jg tipe orang tua terima beres, mikirnya klo udah bayar sekolah anaknya sekolah udah pasti ank jd bener aja.....
5
profile picture
kaskus addict
10-04-2020 12:21
@areasams Nggak sampai mikir gitu kali. Padahal guru kan juga sama kayak yg lain, punya anak, punya keluarga yg harus diurus juga.
2
profile picture
kaskus addict
10-04-2020 12:22
@deso123 sama kuota internet ane juga pakai dana pribadi 😁
2
profile picture
kaskus addict
10-04-2020 12:23
@baworsari πŸ˜‚πŸ˜‚
2
profile picture
kaskus addict
10-04-2020 12:23
@louisadarla cakep patut ditiru
2
profile picture
kaskus addict
10-04-2020 12:24
@3770372 😁
2
profile picture
aktivis kaskus
10-04-2020 12:55
guru pns mungkin memang gabut. tp seperti agan ts, banyak guru honorer dan yayasan gak dapet gaji.

pendidikan untuk anak gak 100% di tangan guru. malah dirumah gini malah keliatan anak yg goblok ama yg bener2 mau sekolah. Kan orang tua lsg luat gimana cara anak belajar emoticon-Wakaka
3
profile picture
newbie
10-04-2020 12:58
Nah, sudah seharusnya guru mendapat keahlian bagaimana memberikan tugas sekaligus memberikan pengalaman bagi orang tua di rumah.

Paling tidak, memberikan experience bagaimana orang tua ikut andil dalam tumbuh kembang anak secara pendidikan formal.

Contoh, mengerjakan tugaa dimana tugas wajib dibantu orang tua. Dari mulai persiapan bahan, pengerjaan sampai finishing divideokan.

Di sana, orang tua akan ikut melakukan tugaa sekreatif mungkin dan kerjasama ortu anak akan terjalin.

Namun, kita maklumi saja kompetensi seorang guru sekarang ini bukan prioritas dalam menjadikan muridnya menjadi kebanggan orang tuanya. Namun, murid menjadi objek penilaian untuk mengisi administrasi pendidikan.
3
profile picture
kaskus addict
10-04-2020 16:25
@gimanague @Anna471 setuju. Guru anak aku jg ga terlalu membebani murid.Tugas bisa dikirim sampai malam, ga terlalu ketat batas waktunya, malah boleh dikirim besoknya kalau memang blm sempat.kalau mau bertanya tentang materi ,guru siap membantu, tugasnya juga tdk terlalu banyak.
3
profile picture
kaskus addict
10-04-2020 16:57
@Rainbow555 @gimanague nah itu juga yg ane terapin
3
profile picture
kaskus addict
10-04-2020 16:58
@adriansatrio iya guru yayasan nggak dapat gaji kalau kayak gini, harus rogoh kantong sendiri buat beli paket internet πŸ˜‚ karena harus selalu on internetnya, buat mantau dan jaga-jaga kalau ada yg tanya
3
profile picture
kaskus addict
10-04-2020 17:34
@adriansatrio @Anna471 bener guru anak aku jg gituh. Kalo sebelum sfh hpnya jrg onlen kecuali jam istirahat, Sekarang onlen terus sp malem.
2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia