Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
3
Lapor Hansip
01-04-2020 12:34

Cara Menjaga Makanan Lebih Awet di Masa Karantina Wilayah


Cara Menjaga Makanan Lebih Awet di Masa Karantina Wilayah

Cara menyimpan makanan agar tahan lama di dalam kulkas (istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Isu karantina wilayah mulai digaungkan setiap kepala daerah di Indonesia, untuk menghentikan penyebaran virus corona atau COVID-19. Masyarakat pun harus siap-siap menjaga ketersediaan stok makanan agar tahan lama dalam beberapa waktu ke depan.


Mengutip The Daily Mail, yang wajib diperhatikan selama menjaga makanan adalah temperatur lemari pendingin atau kulkas yang tepat.


Food and Drug Administration (FDA) mencatat, suhu kulkas harus berada di bawah 4 derajat Celcius, sementara freezer harus berada di bawah nol derajat Celcius.


Berikut tips menyimpan makanan agar tahan lama:


Simpan kue dengan roti


Penyimpanan dalam toples cantik tak bisa membuat kue tetap segar. Agar kue tetap kenyal dan tak mengering, simpan kue dalam kantung plastik dengan separuh roti di dalamnya.


Susu jangan di Freezer


Kulkas memiliki beberapa bagian berbeda. Bagian terdingin berada di paling belakang rak tengah dan atas (freezer). Agar susu lebih segar dalam waktu lama, jangan menyimpannya di dekat pintu atau bagian depan. Taruh susu di bagian belakang rak.


Sayuran di laci kulkas


Sebagian besar sayuran akan baik-baik saja saat dibiarkan dalam kemasan aslinya. Namun, mereka akan tubuh subur dalam kulkas dan bertahan lebih lama saat disimpan di dalam laci.


Simpan brokoli, kembang kol, seledri, mentimun, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan sayur lainnya di bagian laci kulkas Anda.


Tutup bagian atas pisang dengan plastik


Pisang adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan nutrisi dan bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama.


Namun, saat satu pisang sudah cukup matang, maka seluruh pisang (dalam satu ikat) akan menjadi terlalu matang dalam hitungan hari karena pelepasan gas etilen. Untuk memperlambat proses tersebut, tutup atau bungkus bagian atas seikat pisang agar bisa disimpan untuk beberapa hari lagi.


Bekukan sisa makanan


Sisa makanan jangan langsung dibuang begitu saja. Sisa makanan masih bisa dikonsumsi asal dihangatkan terlebih dahulu.


Simpan sisa makanan ke dalam wadah yang tepat dan letakkan di dalam freezer hingga membeku. Jika ingin mengonsumsinya, Anda hanya perlu memanaskannya saja.


Buang batang dan daun wortel


Apakah Anda pernah melihat bagian batang dan daun wortel menjadi layu dalam waktu singkat? Hal itu terjadi karena wortel menyedot nutrisi berharga dari daun dan batang tersebut. Untuk membuat wortel tahan lama, lepaskan bagian batang dan daun serta simpan di dalam kulkas.


Simpan bawang putih dan merah dalam kantung berlubang


Jangan menyimpan bawang-bawangan, kentang, dan labu di dalam kulkas. Sebaliknya, simpan di tempat yang sejuk, kering, dan berventilasi seperti dapur.


Menyimpannya dalam kemasan asli juga dapat membantu mereka bertahan lebih lama. Umumnya, bawang-bawangan dan kentang dibungkus oleh plastik atau kantung berlubang untuk mencegah pembusukan.


Sumber :



profile-picture
profile-picture
profile-picture
NadarNadz dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Cara Menjaga Makanan Lebih Awet di Masa Karantina Wilayah
01-04-2020 22:26
nitip sendal dulu gan..
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia