Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
63
Lapor Hansip
01-04-2020 20:43

Selalu Nyeri Saat Haid? Jangan Sepelekan! Atau Kamu Akan Menjadi Korban Sepertiku.

Sebagai seorang wanita yang normal tentunya setiap bulan akan mengalami menstruasi, karena tidak adanya proses pembuahan didalam rahim. Banyak wanita yang ketika sedang dalam masa menstruasi masih bisa melakukan aktivitas normal seperti biasa. Sayangnya ada juga beberapa yang mengalami nyeri hebat saat masa menstruasi. Seperti ane ini, lewat thread ini ane ingin sekali membagikan pengalaman ane dengan tujuan sharing pengalaman, supaya jika ada yang mempunyai gejala dan kondisi serupa dengan ane setidaknya punya gambaran, langkah apa yang harus diambil sebelum terlambat.
Selalu Nyeri Saat Haid? Jangan Sepelekan! Atau Kamu Akan Menjadi Korban Sepertiku.
gb.dok pribadi

Tapi sebelum masuk ke inti thread, yuk sempetin waktunya buat nyendolin atau ngerating thread ane ini. Supaya ane lebih getol lagi nulis thread-thread lainnya emoticon-Big Grin

Banyak wanita menganggap remeh nyeri saat sedang menstruasi dan menganggap itu normal karena dilingkungan kita hampir 1 dari 20 orang pasti merasakan nyeri saat sedang menstruasi. Ane juga dulu berpikir demikian, ane menganggap nyeri mens adalah sesuatu yang wajar. Tapi ternyata ane salah besar, nyeri artinya penyakit. Saran ane sebagai sesama wanita yang setiap bulan merasakan sakit luar biasa PERIKSALAH!Sebelum nyeri itu menjadi sesuatu yang kamu sesali nantinya seperti ane ini. 



Nah sebelum ane lanjut ke penyakit apa aja sih yang bisa menyebabkan rasa nyeri hebat saat sedang menstruasi lebih baik ane share dulu pengalaman ane ya, biar kalian bisa lebih aware dan waspada. Ane mulai menstruasi saat masih duduk di bangku SMP kelas 2, seinget ane dari SMP sampai SMA masa menstruasi ane lancar normal ga ada keluhan apapun. Lulus SMA ane mulai berasa setiap masa menstruasi hari pertama dan kedua pasti ada aja nyerinya, nyerinya masih tahap normal paling nyeri sekitar 2-3 jam dan setelah minum jamu kunyit sembuh. Awal-awal ane sempet nanya ke ibu ane. "Bu, kenapa ya akhir-akhir ini kok aku kalo haid suka nyeri?" dan jawabanya apa, gapapa itu normal kok, wanita kalo udah dewasa emang kalo lagi mens sakit. Itu tandanya kamu udah dewasa, oke ane saat itu masih polos belum tau apa-apa ya percaya aja ya kalo semakin dewasa mens akan semakin sakit.

Bener aja, sampe ane selese kuliah setiap ane menstruasi gila sakitnya bukan main. Jamu udah ga manjur saat itu, kalo belum minum pil pereda nyeri ga bakalan reda nyerinya. Sampai yang terparah itu 2 hari setelah ane wisuda ane gabisa jalan saat menstruasi hari pertama dan kedua. Itu gara-gara ane ga konsumsi obat pereda nyeri, waktu itu emang ane ada niatan buat stop konsumsi pil pereda nyeri, karena entah kenapa saat itu ane mikirnya apa karna ane setiap bulan selalu konsumsi pil pereda nyeri terus ane jadi ketergantungan begini. Tapi begitu sekalinya pingin lepas sakitnya bukan main. 

Ane gatau tepatnya mulai dari kapan perut ane mulai benjol, yang jelas 6 bulan pasca ane wisuda perut ane benjol dan itu melintang dari samping puser sebelah kanan sampai keatas vagina persis. Tapi ga sakit sama sekali. Iseng-iseng ane curhat ke temen ane, dia kuliah jurusan kebidanan, dan dia akhirnya menyarankan supaya ane melakukan usg. Singkat cerita ane periksa ke dokter kandungan ternyata benar saja, ada jaringan endometrium di indung sebelah kanan ane sudah besar sekali pada usg pertama berukuran 13cm*9cm.

Jaringan endometrium inilah yang menjadi pemicu nyeri hebat saat ane menstruasi. Saat itu dokter sempat menyalahkan, kenapa nyeri sudah bertahun-tahun tapi tidak sekalipun periksa ke dokter, karna jika jaringan endometrium ini sampai pecah dalam perut sudah dipastikan nyawa akan menjadi taruhanya.

Apa itu jaringan Endometrium ?
Pasti banyak diantara kalian belum tau apa itu jaringan endometrium, jaringan endometriun biasanya ada di dalam rahim, ketika kita menstruasi darah yang seharusnya keluar melalui vagina justru tidak keluar dan membentuk jaringan di organ lain, yang lama kelamaan akan menjadi endometriosis atau kista coklat.

Endometriosis ini jika terlambat ditangani selain akan pecah diperut dan mengancam nyawa, dia sangat menganggu kesuburan rahim sehingga menyulitkan untuk mempunyai anak.

Artis Zaskia Sungkar kalian tau? Setelah 8 tahun menikah masih belum dikaruniai momongan, karena dia juga mengidap endometriosis. Memang tidak semua kasus pengidap endometriosis tidak mempunyai anak, ada yang bisa cepat mempunyai anak. Tapi kecil kemungkinannya.

Ane sendiri, sekarang telah menikah 2 tahun dan belum dikaruniai anak. Selain itu, endometriosis ini memberi efek nyeri hebat saat menstruasi. Oleh karena itu, ane sarankan kepada sista-sista ketika kalian merasakan nyeri yang tidak wajar saat menstruasi segeralah periksa ke dokter kandungan.

Jangan sepelekan nyeri saat menstruasi, karena nyeri artinya penyakit. Oke?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NadarNadz dan 28 lainnya memberi reputasi
29
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Selalu Nyeri Saat Haid? Jangan Sepelekan! Atau Kamu Akan Menjadi Korban Sepertiku.
01-04-2020 20:46
adakah yang sudah berhasil memiliki anak setelah divonis endometriosis? boleh share?

siapa tau yang masih menanti kehamilan seperti ane bisa mengikuti resepnya
0 0
0
profile picture
kaskuser
04-04-2020 12:17
Ya Allah..ane baca trit ini miriiiip sekali sama pengalaman ane...sempet kepikiran bikin trit kygini biar cewe2 pada aware sama nyeri haid yg berlebihan.
Dulu seinget ane sjk SMA srg mual dan pusing trus nyeri haid berasa sakit bgt pas mulai kuliah
dan bertambah pas udah kerja. Nah,persis banget kaya TS,org sekitar pd bilang itu normal,malah ada yg nambahin ntar kalo udah nikah mens nya udh ga sakit krn mrk jg gitu dulu. Yaudah,ane percaya2 aja..

Trus..ane lanjut kuliah..Pas di akhir2 semester,ane lg garap thesis,nyeri perut bawah muncul ga cuma pas mens aja tp bisa tiba2 datang. Akhirnya periksa dianter ibu ane ke PMI krn dikiranya sakit biasa..dr PMI disarankan buat USG. Akhirnya ke obgyn dgn status msh nona,pas di USG ane ma ibu kaget banget krn ada kista endo ... ukurannya lupa ane..kalo ga salah 8cm an. Pdhl wkt itu ane habis lamaran. Ane googling ttg kista ini,yg paling ane khawatirkan akan sulit pny anak pdhl ane mo nikah.

Puncaknya sehari sblm sidang thesis, ane nyeri perut ga ketahan dr jam 2siang smpe magrib smpe ane minum asam mefenamat 2x2 tablet sepanjang 4 jam itu dan itu ga mempan! Ane sampe nelpon ibu (ane kuliah di luar kota) buat ngobrol sambil mengalihkan rasa sakit ane. Itipun ane dianter ayah kenkosan dan ditemenin krn kondisi ane yg srg kambuh.
Ikhtiar udh ane lakukan,dr medis keliling 6 obgyn (semua nyaranin operasi laparatomi,yg sayatannya kaya cesar,bahkan ada obgyn terang2 an bilang suruh siap2.adopsi anak klo dah nikah krn gatau yg kena itu indung telur kiri atau kanan-kalau dua2nya yaudah pasrah adopsi.krn indungnya mhkn akan dipotong). Udah sempet yakin maunopsnlaparatomi ke salah sati obgyn udh suntik tapros (buat menghentikan haid) yg mehong wkt 2012 aja udh 1,1 jt tp ane kabur,ragu..ga kebayang perut diops ky cesar,sedangkan thesis ane yg hampir selesai malah nanti ketunda trus ane jg mau nikah masa ada luka cesar gitu,ketakutan normal lah menurut ane. Sampe njalanin yg tradisional daun sirsak sampe alternatif ke Jkt Jeng A*** . Hasilnya? nol besar.
Ane jg udh ngabarin calon suami wkt itu tmasuk kmungkinan terburuk sulit pny anak tp calon suami ane wkt itu ga mempermasalahkan.

Akhirnya ane nemu di internet obgyn di RS Jogja yg bisa tindakan laparaskopi (operasi dgn luka sayat minor cm 1 cm pd 3 lubang di perut). Ane konsul kesana sebelum nikah dan disuruh nunggu kabar utk jadwal ops.
Singkatnya,ane nikah dan ga lama ane dikabari utk jdwl ops nya tp ane msh mundur dgn ngeles krn ane blm siap. Sebulanan stlh ane nikah akhirnya ane mantap ops, dan endo ane udh 13cm. Trys tyt ane ada polip tahim dr catatan ops nya. Udah sekalian diambil pas laparaskopi itu. Ane cm nginep semalem trus ane pulang.

Sebulan kemudian,ane kontrol,eh...endonya nongol lagi.. Ane bingung,pihak RS nyaranin utk jadwalin ops kedua kalinya. What? Ane sedih,tut perawat disitu cerita byk kok yg berulang2 ops nya. Ane cm iyain aja tp ane ogah ops lg krn ane pikir ops ga ada jaminan sembuh. Perasaan ane ancur banget, ayah pgn banget pny cucu dr ane meski suami ane ga pernah ngebahas ini. Ortu nyaranin ane utk ops lagi tp ane ga mau. Akhirnya suami ane dpt cerita dr temannya, ada yg ikhtiar minum mengkudu (pace). Oke,akhirmya kami sepakat ikhtiar mengkudu sambil relaks dan nikmati masa pacaran ga ketarget utk hamil dulu. Suami ane keliling nyari pohon mengkudu dan beli ke org youg punya pohon trus ane yg bikin sendiri jusnya. Pake ilmu kira2,mengkudu yg udah mateng banget ane jus utk 3 hr minum. Sehari 2 atau 3 gelas. Jangan ditanya rasanya ya...luar biasa...

Ane minum jus selama kurleb 2-3 bulan deh...sambil tetep ikhtiar alami utk hamil. Alhamdulillah...ane test pack positif di bulan ke 9 pernikahan. Bahagia banget...ga nyangka..ane pun ga bisa memastikan apa krn mengkudu atau apa ,yg jelas ane merasa ini anugrahNya yg memang udh waktunya kami dapet.

Belum selesai disini, pas ane ke obgyn utk USG..tut ane hamil dgn kista. Jd ada kistanya itu ukurannya ane lupa,yg jelas wot itu lbh besar kista drpd kantung janinnya. Obgyn menyarankan ane utk ops kista (laparaskopi/ di minggu ke 16 usia kehamilan. Khawatrinya nant8 bayinya kalah krn nutrisinya diserap ama kista,gt kata obgyn. Ane shock,ortu ndesak anw utk mengiyakan ops, tp lagi2 ane ma suami berusaha tenang. Ane berdoa minta yg terbaik,akhirnya kami lihat dulu perkembangannya...ternyata menjelang minggu 16 itu janin berkembang dgn baik meski msh ada kista. Kami coba ga mikirin itu,dan Alhamdulillah janin sehat sampai lahiran. Anak pertama umur 6 bln, ane hamil lg,tentu ga direncana. Ane pikir waktu kehamilan pertama pun ga mudah jd ga nyangka akan dpt yg kedua ini dgn relatif mudah. Guess what, ane hamil kedua dgn kista lagi. Kali ini ane lebih tenang krn udh pengalaman yg pertama. Alhamdulillah lancar sampai lahiran anak yang ke2. Daan..saat ane nulis ini, ane sdg hamil yg ke3. Meski ga direncana jg tp tetap disyukuri.

Wah..maaf ya TS ane jd curhat panjaaang banget. Tp bener banget yg TS bilang..tolong cewe2 jgn cuek kalau berasa nyeri haid yg berlebih sampai bosa ganggu aktivitas dan bagi cewe maupun cowo yg ga merasakan nyeri sesakit mereka, jangan anggap lebay ya cewe mens yang sampai ga bisa aktivitas krn saking nyerinya.





1
profile picture
kaskus maniac
04-04-2020 21:33
@atichart terus sampe sekarang gimana sis? apakah udh dioperasi?m
1
profile picture
kaskus maniac
06-04-2020 18:28
@atichart ane baca ceritanya kek serasa flashback ya seriusan deh. Dulu ane nunda operasi juga karna takut, nyobain herbal apa aja ane cobain, tapi bukanya nyiut tu kista malah makin gede, usg ketiga uda 15*12cm, akhirnya mau gamau ane operasi juga.
yg sedihnya itu ya, kadang masih ada aja tetangga yang nyinyirin, ngatain kena kista aja lebay banget. hello situ kaga ngerasain sakitnya tiap bulan.
0
profile picture
kaskus maniac
07-04-2020 00:00
@sinsin2806 @atichart jahat bgt asli ngomong kista doang. kek die sabar aja kl diksh penyakit etdeh ngentengin bener
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia