News
Batal
KATEGORI
link has been copied
139
Lapor Hansip
01-04-2020 14:59

Habis Minum Cairan Disinfektan, Seorang Warga Tegalrejo Dirawat di RS

Habis Minum Cairan Disinfektan, Seorang Warga Tegalrejo Dirawat di RS
Ilustrasi pemutih pakaian, cairan pembersih, cairan pencuci baju [shutterstock]
Cairan disinfektan tidak direkomendasikan disemprot pada tubuh, terutama selaput lendir.

SuaraJogja.id - Semenjak virus corona merebak di Indonesia, banyak pakar kesehatan menyarankan masyarakat untuk menjaga kebersihan tubuh serta benda-benda di sekitarnya.

Tidak hanya menyarankan mencuci tangan menggunakan sabun, para praktisi kesehatan juga bisa merekomendasikan penggunaan antiseptik serta menggunakan disinfektan untuk menghilangkan kuman yang menempel di permukaan benda.

Namun patut diperhatikan, baik antiseptik cair maupun cairan disinfektan sangat tidak dianjurkan untuk diminum. Cairan disinfektan misalnya, menurut WHO, menyemprot bahan-bahan kimia (klorin dan alkohol) saja dapat membahayakan jika terkena pakaian atau selaput lendir, contohnya mata dan mulut, apalagi kalau sampai diminum.

Klorin (Cl2) adalah senyawa kimia nomor 17 dalam tabel periodik dan tergolong kelompok halogen. Di kulit dan mata, klorin bisa menyebabkan iritasi. Dalam kadar rendah adalah gatal-gatal dan kemerahan. Dalam kadar tinggi bisa mengikis cairan mata dan lapisan kulit yang bisa berakibat penyakit lebih serius.

Namun, nasib malang harus dialami salah satu warga Kebonangung, Tegalrejo Magelang. Menurut unggahan akun twitter @vidabsb, menunjukkan tangkapan gambar percakapan pesan pendek. Dalam pesan tersebut gambar seorang pria yang sedang berbaring di sebuah Rumah Sakit.

Habis Minum Cairan Disinfektan, Seorang Warga Tegalrejo Dirawat di RS
(Twitter/@vidabsb)

"Ini malah istirahat di rumah sakit. Bukan karena corona tapi salah minum obat semprotnya. Kejadian di Tegalrejo," tulis akun dalam percakapan tersebut.

Pengunggah juga mengatakan, mungkin korban salah mengira cairan tersebut sebagai minuman mineral.

"Hati-hati, kalo disinfektan ditaruh di botol air mineral, jangan sampe kaya gini," tulis akun @vidabsb yang diunggah ulang oleh @merapi_news.

Unggahan tersebut memancing berbagai respon dari warganet. Salah satunya akun @alfiannurohman_ yang mengomentari hal tersebut dengan candaan.

"Biasanya habis minum ndisinfektan kaya gitu langsung kebal corona," tulisnya.

Sementara, akun lain banyak yang meminta pihak terdekat korban agar lebih berhati-hati dan memberi label pada wadah agar tidak mengulang kejadian yang sama.

Menanggapi kabar ini, Kanit Binmas Polsek Tegalrejo, Iptu Suhartoyo membenarkan kejadian yang terjadi pada hari Selasa (31/3/2020) tersebut.

"Iya benar, korban langsung dilarikan ke RS Subanul Wathon Tegalrejo," ujar Suhartoyo saat dihubungi Suarajogja.

Sumber : https://jogja.suara.com/read/2020/04...-dirawat-di-rs
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Habis Minum Cairan Disinfektan, Seorang Warga Tegalrejo Dirawat di RS
01-04-2020 15:12
waduh, lekas sembuh aja lah
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia