News
Batal
KATEGORI
link has been copied
128
Lapor Hansip
01-04-2020 11:44

Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?

Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?

Langkah Presiden Joko Widodo, menggratiskan pembayaran listrik golongan 450 VA dan diskon 50 persen untuk 900 VA secara nasional selama Virus Corona COVID-19 mewabah, patut diapresiasi. Namun, ada unsur ketidakadilan dalam kebijakan yang akan diberlakukan tiga bulan ke depan itu.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Tulus Abadi menjelaskan, seharusnya yang diprioritaskan adalah kelompok konsumen yang tinggal di perkotaan. Jika memang pertimbangan stimulus itu terkait dampak ekonomi.

"Sebab, faktanya merekalah (Penduduk perkotaan) yang terdampak langsung (Corona). Karena, tidak bisa bekerja, atau aktivitas ekonominya berhenti (UMKM), karena mayoritas bekerja dari rumah," ungkap Tulus dikutip Rabu 1 April 2020.

Karena itu menurut Tulus, sejatinya yang sangat membutuhkan kompensasi dan dispensasi tidak hanya kelompok 900 VA saja. Tetapi juga kelompok konsumen 1.300 VA, yang menjadi standar ukuran listrik di perkotaan.

"Apalagi, banyak masyarakat perkotaan yang di PHK, atau potong gaji. Karena perusahaan nya bangkrut," tambahnya.

Di satu sisi lanjutnya, masyarakat perdesaan masih bisa bekerja seperti biasa, karena tidak terdampak secara langsung atas wabah COVID-19.

"Apalagi jika tidak termasuk zona merah," ungkapnya.

Jadi Tulus berpendapat, penggratisan listrik yang berlaku secara nasional kurang tepat sasaran. Dan kelompok 1.300 VA dilanggar haknya.

"Idealnya, kelompok 450 VA tidak gratis total, cukup diskon 50 persen saja (Sama dengan 900 VA). Sehingga sisanya 50 persen lagi bisa untuk meng-cover atau mendiskon golongan 1.300 VA, khususnya yang tinggal diperkotaan," tegasnya.

YLKI kata Tulus pun meminta, pemerintah untuk merevisi kebijakan tersebut. Dengan memberikan kompensasi atau diskon pengguna listrik 1.300 VA yang tinggal di perkotaan, yang terdampak langsung maupun tidak langsung oleh wabah COVID-19.

kolam

katanya duitnya ada, tinggal pemerintah mau kerja untuk rakyat apa nggak
dan menurut data yg ada di kantong jokowi, di luar negeri duit kita ada 11 ribu triliun
kok bantu rakyat yg lagi susah kayanya setengah hati
ane ngaku gak pilih jokowi 2 periode kemarin, tapi kalo va 2200 juga diskon 50% ane janji nanti 2024 kalo jokowi maju lagi pasti ane pilih
Diubah oleh petruqdadiratu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 16 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Pelanggan Listrik 1.300 VA Tak Diringankan, Kenapa Pak Jokowi?
01-04-2020 11:52
Tetangga ane 1300 watt, pake ac 2, sebulan ktnya abis 1 jutaan, orang kyk gitu mau disubsidi? Ya kyk nguyahi segara kl orang jawa bilang...


emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cipokan.yuk dan 24 lainnya memberi reputasi
23 2
21
profile picture
kaskus maniac
01-04-2020 12:10
Agak aneh kalo 1300 watt AC nya 2
Lha AC itu yg 1PK aja listriknya 650-750watt
Yg inverter 500-600watt

Kalo AC 1,5PK udh pasti 700an watt

Kalo AC nya 2 berarti kalo nyala bareng udah 1200an watt

Lha alat listrik yg lain kebagian apa?
Kulkas 1 pintu 80watt, 2 pintu 90-100watt
TV 30watt
Pompa air 300-350watt
Magicom nasi 60watt
Lampu2 kalo malam hidup smua pst di atas 100watt


Rumah saya aja listrik 1300watt pakai AC 1PK sebiji musti ada bbrp alat listrik yg dikorbanin kalo AC lagi hidup.


1
profile picture
kaskus maniac
01-04-2020 12:14
Gw 1 ac ,pc spek editing 24 jam nyala .sebulan listrik 1jt pas
1
profile picture
kaskus addict
01-04-2020 12:28
@truebluezz

boros2 amat yaa... emoticon-Matabelo
gw 2200 1 juta sebulan..
rumah nyokap 3200 300rb sebulan... emoticon-Big Grin
0
profile picture
kaskus addict
01-04-2020 13:01
@urban21 Mungkin ada pencurian ampere, tapi harusnya bayarannya tetap mahal juga kok
1
profile picture
01-04-2020 13:28
@urban21 Ac nya pake low wattage yg luama dinginnya dan hampir 24 jam nyala
0
profile picture
kaskus addict
01-04-2020 13:30
@urban21 rumah gw listrik 1300 VA, pake AC 1/2 PK 2 biji yang low watt, soalnya kamarnya gak besar-2 amat. kalo pake yang 1 PK malah kedinginan.
1 AC cuma 400 watt, kalo nyala dua-duanya, masih ada sisa 500 watt buat yang lain.
2
profile picture
kaskus addict
01-04-2020 17:45
@urban21 dia ngga ada sebut ac 1 pk sih
Kontrakan gua dl listrik jg 1300, ac 1/2 pk 2 biji, kulkas, magic com,tv 2
Kuat2 aja
Sekarang rumah sendiri gua naikin ke 2200 gara2 vacum cleaner gua wattnya gede, kalo dipake pasti turun pas 1300
0
profile picture
01-04-2020 17:55
rumah saya 1.300 va AC 2biji bisa itu. 1/2pk an tapi. dual converter
0
profile picture
kaskus addict
01-04-2020 20:51
@truebluezz miner lu yak
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia