Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
64
Lapor Hansip
28-03-2020 13:58

Asal - Usul Makanan Bakpia

Halo gaaeeessss kali ini ane mau coba share artikel tentang asal-usul bakpia, ane yakin agan sista semua pasti udah tau atau udah pernah nyoba kan makanan khas Jogja yang satu ini, makanan ini biasanya berisi kacang hijau atau kacang merah, dan bahkan saat ini ada yg isinya coklat ataupun keju, kuy lah langsung kita masuk ke pembahasannya gan sis 

emoticon-cystg

Asal - Usul Makanan Bakpia

Menurut penelitian yang dilakukan Amelia Puspita Sari dari Universitas Gadjah Mada (UGM), tertulis bahwa bakpia terbentuk dari pengaruh akulturasi budaya Tionghoa dan Jawa.
Perpaduan kuliner ini berhasil menghidangkan kue yang enak. Bakpia berasal dari dialek Hokkian dengan nama asli “Tou Luk Pia” yang memiliki arti kue atau roti yang berisikan daging. Di Indonesia, nama makanan ini dikenal sebagai pia atau kue pia.


Jogja Dahulu Kala


Bakpia pertama kali dibawa oleh pendatang asal Tiongkok, Kwik Sun Kwok, pada 1940-an ke Yogyakarta. Pada awalnya, bakpia dibuat menggunakan isian daging dan minyak dari babi. Namun seiring berjalannya waktu dimana mayoritas masyarakat Yogyakarta menganut agama islam maka bakpia dimodifikasi menjadi kue yang tidak lagi menggunakan minyak babi namun diganti dengan isian kacang hijau.

Hasil adaptasi bakpia yang disesuaikan dengan lidah masyarakat Yogyakarta ternyata berbuah hasil yang baik dan digemari banyak orang dan berhasil diterima oleh semua lapisan masyarakat. Pada tahun 1980an, kue bakpia pun semakin populer dan saat itu mulai-lah muncul produsen-produsen rumahan bakpia di kawasan Pathuk. Para penjual membuka toko di rumah masing-masing dalam memasarkan bakpia buatannya.


Jogja Tempo Doeloe


Bakpia ini kemudian dikenal dengan nama Bakpia Pathuk. Pada masa itu, para produsen bakpia rumahan belum mengenal istilah merek dagang sehingga mereka menjualnya dengan merek dagang berupa nomer rumah pembuatnya seperti Bakpia Pathuk 25, 75 dan masih banyak lagi. Uniknya penamaan merek Bakpia dengan nomor rumah tersebut masih tetap bertahan hingga saat ini.

Seiring dengan berkembangnya waktu dan banyaknya permintaan dari pelanggan, Bakpia Pathuk tidak hanya di isi dengan kacang hijau saja, namun berinovasi dengan berbagai varian isi baru. Saat ini bakpia disajikan dengan varian isi mulai dari coklat, ubi, keju, ketan hitam, dan pandan. Bahkan saat ini ada varian dimana bakpia yang biasanya dipanggang menjadi di kukus yang bernama Bakpia Kukus Tugu Jogja, dimana bakpia ini terasa sangat lembut di mulut dan punya cita rasa yang kaya.


Bakpia Kukus



Di Jogja, sentra Bakpia Kukus Tugu Jogja berada di Jalan Magelang (KM 5,5 Kutu Asem, Sinduadi Yogyakarta), Bakpia Kukus Tugu Jogja ini sendiri mempunyai cita rasa yang unik dan tidak dimiliki oleh bakpia-bakpia yang lain-nya, maka dari itu makanan kekinian ini sangat cocok untuk dijadikan buah tangan atau camilan dalam menikmati istirahat santai anda.


Sumber
Diubah oleh gembelngehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Asal - Usul Makanan Bakpia
28-03-2020 15:15
Ane sukak bakpia...
emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
siapika dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
profile picture
kaskus addict
29-03-2020 22:20
samaaa
ane pun juga suka kalau sama yang namanya bakpiaa
hobii banget makannyaa bakpiaa haha
1
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Outdoor Adventure & Nature Clubs
4-spot-motocamping-dekat-dengan-jabodetabek
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia