Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
42
Lapor Hansip
22-03-2020 23:12

Waktu Luang Jadi Peluang? Inilah Kegiatan Produktif yang Kreatif! Wajib Coba!!!

Waktu Luang Jadi Peluang? Inilah Kegiatan Produktif yang Kreatif! Wajib Coba!!!
Apa yang Gan Sist pikirkan tentang Covid-19? Virus, wabah, pandemi, penyakit, lockdown, libur? Ya, semua kata-kata itu menggambarkan kondisi saat ini. Virus yang berasal dari Wuhan ini dalam waktu yang relatif singkat mampu menginfeksi sekitar 244.000 orang di dunia. Dengan total orang yang sembuh sekitar 86.000 dan korban meninggal sekitar 10.000 orang. Bukan tentang seberapa bahayanya virus ini, melainkan saking cepatnya penularan virus ini. Hingga World Health Organization (WHO) resmi menetapkan Covid-19 sebagai pandemi global.

Mewabahnya virus ini memberi dampak signifikan terhadap berbagai bidang kehidupan. Dalam bidang ekonomi, tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan resesi di suatu negara. Melihat pergerakan usaha mulai sepi, pekerja informal yang pendapatannya menurun, jasa transportasi yang mulai melenggang karena mayoritas orang melakukan isolasi mandiri di rumah, hingga tempat wisata yang ditutup untuk sementara waktu.

Selain itu, pendidikan menjadi salah satu bidang yang sangat terpengaruh dari adanya virus ini. Sekolah diliburkan selama 14 hari. Pemerintah mewajibkan pelajar untuk belajar di rumah. Hal itu menunda kegiatan ujian yang akan dilaksanakan pelajar nasional, yaitu USBK dan UNBK. Dikatakan senang, tidak juga karena berarti menunda kelulusan kami dan menunda status mahasiswa kami. Dikatakan tidak senang, tidak juga karena mau bagaimana pun ini bentuk partisipasi dalam mendukung pencegahan yang dilakukan pemerintah dan untuk kesehatan kami juga. Jadi, jalanilah dengan senang dan ikhlas😄.

Pemerintah mengupayakan berbagai pencegahan, salah satunya menerapkan semi lockdown yang mewajibkan semua orang untuk berdiam diri di rumah. Hal itu dalam rangka membatasi interaksi agar penyebaran virus tidak semakin meluas. Tapi, bukan berarti membatasi diri dalam berkreatifitas ya Gan Sist😆. Karena #mumpungdirumah jadi lebih baik maksimalkan waktu dengan merealisasikan ide dan keterampilan. Daripada jenuh karena belajar terus dan mumet lihat berbagai materi😪, sebagai bentuk refreshing dan hiburan😀 aku buat beberapa produk prakarya yang bisa Gan Sist ikuti😄. Penasaran? Kuy langsung scroll👇😆

Kegiatan Out of The Box


Itulah produk kerajinan sebagai kegiatan out of the box yang bisa aku share #mumpungdirumah. Kerajinan di atas dilakukan secara dicicil. Jadi, Agan dan Sista bisa mengatur dan menyesuaikan waktu untuk mengkombinasikan pengerjaan kerajinan di atas. Misal, sehari menggulung 6 bagian koran, dilanjut menggunting bagian kepala gelas plastik, lalu menggunting dan menyetrika serta melipat 15 sedotan, ditambah memproses bungkus kopi, dan terakhir memasukkan sampah-sampah plastik yang ada di rumah ke dalam botol. Insyaallah, waktu luang Gan Sist jadi produktivitas yang efektif dan efisien.

Jujur, aku menaruh interest tersendiri sih untuk membuat ecobrick. Karena secara tidak langsung kita bisa menjadi partisipan lingkunganemoticon-Angel untuk mengurangi sampah plastik yang bisa terurai dalam kurun waktu 100 tahun. Hal sekecil apa pun yang kita lakukan, bisa sangat berpengaruh untuk orang banyak. Lebih baik sedikit orang melakukannya dengan sungguh-sungguh, daripada sejuta orang melakukan dengan setengah-setengah.
Mengingat keadaan sekarang yang menitikberatkan kebersihan, ecobrick ini sangat recommended untuk dibuat. Apalagi #mumpungdirumah, jadi pasti banyak plastik-plastik yang dihasilkan dari stok makanan di rumah ya kan😆? Jadi, yuk coba buat ecobrick😉.

Kerajinan-kerajinan di atas selain untuk mengisi waktu luang, bisa menjadi ide bisnis juga lho Gan Sist. Kan lumayan hasil kreatifitas kita bisa menghasilkan keuntungan, di samping sebagai hiburan diri dan perealisasian hobi. Dimulai dari mempromosikan secara online, siapa tahu ada yang minat?😆 Lebih alhamdulillah lagi, kalau bisa mengajak tetangga-tetangga ngaggur di sekitar rumah untuk memproduksi kerajinan di atas. Jadi selain mengayomi dan mewadahi keterampilan terpendam mereka, Agan Sista juga memperluas lapangan pekerjaan. Ya, minimal dengan prinsip bagi hasil. Jadi usaha kecil-kecilan deh😇. Gabut kita jadi produktif ya kan😆emoticon-2 Jempol.

Social distancing jangan buat aktivitas jadi boring😆. Yuk, manfaatkan waktu luang untuk mencari peluang di tengah pandemi iniemoticon-I Love Indonesia.
➿Stay safe and keep your health➿

🌹Manfaatkan produktivitas yang kreatif untuk produk yang inovatif🌹
Terima Kasih

emoticon-Maaf Aganwati

(Sumber Gambar dan Video: Dokumen Pribadi kecuali*)
Diubah oleh ginanisa7
profile-picture
profile-picture
profile-picture
infinitesoul dan 23 lainnya memberi reputasi
24
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Waktu Luang Jadi Peluang? Inilah Kegiatan Produktif yang Kreatif! Wajib Coba!!!
23-03-2020 10:55
Quote:Original Posted By harsas
bisa buat jadi usaha tuh gan


Yups betul banget...
Syukur-syukur bisa jdi usaha besar dgn jangkauan yg lbh luas😇
profile-picture
profile-picture
gitaanisa4 dan lastrimarr memberi reputasi
2 0
2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia