News
Batal
KATEGORI
link has been copied
107
Lapor Hansip
21-03-2020 10:00

Jokowi Pesan Avigan 2 Juta Butir untuk Obati Corona Jadi Sorotan Media Jepang

Jokowi Pesan Avigan 2 Juta Butir untuk Obati Corona Jadi Sorotan Media Jepang
TRIBUNNEWS.COM - Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memesan dua juta butir Avigan untuk mengobati pasien corona di Indonesia, menjadi sorotan media Jepang.

Asian Nikkei menuliskan Jokowi memesan Avigan tiga hari setelah China mengklaim obat flu keluaran Fujifilm ini bisa menyembuhkan pasien terjangkit virus corona.

"Tidak ada antivirus yang ditemukan. Tetapi beberapa obat telah dicoba di beberapa negara dan menyebabkan pemulihan, yaitu Avigan," terang Jokowi, Jumat (20/3/2020), seperti diberitakan Asian Nikkei.

Media Jepang ini juga menuliskan detail, Jokowi telah mengimpor lima ribu butir Avigan dan sedang dalam proses pemesanan untuk dua juta butir lainnya.

Menurut wawancara dengan orang-orang yang terlibat dalam pengembangan Avigan, pembuatan obat satu ini membutuhkan perjuangan keras selama tiga dekade.

Sejarah ini bisa menjadi berkah sekaligus kutukan bagi produsennya, Toyama Chemical, karena bergabung dalam perlombaan secara global untuk menemukan obat corona.

Menurut Yohei Doi, yang memimpin uji klinis di Fujita Health University, keuntungan Avigan di tengah krisis saat ini adalah adanya cadangan nasional, serta penelitian, dan tes ekstensif yang dilakukan untuk influenza.

"Di sisi lain, kita belum tahu apakah itu (Avigan) bisa mengurangi virus (corona)," katanya.

Yohei menyebutkan, hasil penelitian di China soal Avigan terhadap corona cukup menggembirakan.

Tapi, sayangnya detail yang disampaikan belum terlalu banyak.

Seperti profil pasien yang menerima Avigan, belum dipublikasikan.

Cara kerja Avigan berbeda dari obat flu yang banyak digunakan, seperti Tamiflu (seltamivir) dan Relenza (zanamivir).

Kedua obat itu bekerja melumpuhkan virus influenza agar tak menyebar dari sel ke sel dengan memblokir enzim penting.

Sementara Avigan, bekerja dengan menghentikan gen virus agar tidak mereplikasi di dalam sel yang terinfeksi.


Seperti diketahui, Jokowi telah mengatakan pemerintah tengah mempersiapkan obat Covid-19 yang saat ini sedang dalam proses pemesanan sebanyak dua juta butir.

"Pemerintah menyiapkan obat Covid-19 dan akan menyerahkan ke pasien-pasien, ke rumah-rumah," kata Jokowi dalam konferensi pers yang ditayangkan di KompasTV, Jumat, dilansir Tribunnews.

"Obat ini sudah dicoba di dua, tiga negara dan memberikan kesembuhan, yaitu Avigan lima ribu dan dalam proses pemesanan dua juta."

"Yang kedua klorokuin, kita telah siap tiga juta," imbuh dia.


Berdasarkan data dari layanan covid19.go.id per Jumat kemarin, kasus positif corona di Indonesia mencapai angka 369 orang.

Tujuh belas dinyatakan sembuh sementara 32 lainnya meninggal dunia.

Sementara itu, 1.898 orang sedang dalam pemeriksaan.
https://m.tribunnews.com/corona/2020...epang?page=all

profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Jokowi Pesan Avigan 2 Juta Butir untuk Obati Corona Jadi Sorotan Media Jepang
21-03-2020 16:05
Quote:Original Posted By crusaders2003
Total kasus Virus Corona COVID-19 Korea Selatan melonjak menjadi empat angka pada Rabu 26 Februari 2020 karena pihak berwenang melaporkan 169 infeksi baru. Termasuk di antaranya seorang tentara AS, sehingga jumlah keseluruhannya menjadi 1.146.

cuma butuh kecolongan 1-5 orang bisa bikin penyakit ini menyebar, dan narasi dari pemerintah sampai awal maret masi bilang seolah2 rakyat kita kebal corona disuruh minum jamulah dll..

gw gak maen politik mau jokowi anies gw protes, boleh cek dari minggu lalu gw udah bilang anies pindahin dana formula E, sebelum peraturan boleh pindah peruntukan apbd akhirnya kluar... emoticon-Big Grin


Ya emang awalnya jd perdebatan para ahli jg sih gan, ada yg bilang corona ga berkembang d iklim tropis trus dibantah lagi..ya gitu2 lah..kl menurut ane sih namanya penyakit baru, wabah virus baru ya maklumin aja lah kl pemerintahnya kecolongan...

https://dunia.tempo.co/read/1317375/...-negara-tropis

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...gara-lain-kena

Itu di cnbc malah dr januari udah ada yg ditest d surabaya hasilnya negatif

Yg penting kan penanganannya sekarang ini udah serius banget nih..ya support aja..
profile-picture
crusaders2003 memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia